Peristiwa 11 September dan 4 Dampaknya Bagi Islam

0
22

Peristiwa 11 September – Pada tanggal 11 September tahun 2001 terjadi sebuah peristiwa besar yang akan terus dikenang oleh dunia. Peristiwa tersebut adalah serangan teroris di Amerika Serikat dan menelan korban dengan jumlah yang cukup banyak. Teroris tersebut membajak empat pesawat milik Amerika Serikat. Pembajakan tersebut dilakukan oleh grup Al- Qaeda.

Sobat Cahaya Islam, islam mengajarkan kita untuk mengambil hikmah dari setiap peristiwa yang terjadi. Setiap musibah yang diberikan Allah, pasti ada hikmah yang bisa kita pelajari. Salah satunya adalah membuat kita menjadi lebih dewasa dan menambah rasa tawakkal kita kepada Allah.

Dampak Adanya Peristiwa 11 September Untuk Islam

Setiap musibah yang diberikan Allah kepada kita bukan hanya dikarenakan sebagai ujian untuk kita, tetapi juga untuk sebagai pembelajaran bagi kita agar menjadi manusia yang lebih baik daripada sebelumnya. Selain itu, bisa jadi musibah tersebut baik untuk diri kita sendiri dan orang lain. Hal ini senada dengan ayat al-Quran yang berbunyi:

كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكْرَهُوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّوا۟ شَيْـًٔا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَٱللَّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui (Q.S. Al-Baqarah: 216).

Adanya peristiwa 11 September tersebut, membuat islam dituding menjadi penyebabnya. Sehingga banyak wanita muslimah yang diganggu oleh orang-orang non muslim. Hal tersebut membuat beberapa wanita muslimah memilih untuk tinggal di dalam rumah saja. Sedangkan, bagi wanita muslimah yang berkarir, mereka lebih memilih untuk tidak beraktivitas di tempat kerja sementara waktu.

Akan tetapi, dibalik adanya musibah tersebut muncul hikmah yang besar bagi umat islam. Apa sajakah itu? Musibah tersebut ternyata mendatangkan dampak-dampak positif bagi umat islam, diantaranya:

Banyak orang di Amerika Serikat yang memeluk agama Islam

Setelah terjadinya peristiwa 11 September, rasa ingin tahu masyarakat di Amerika Serikat terhadap agama islam semakin besar. Sehingga mendorong mereka untuk mendengarkan secara langsung tentang islam dari gereja atau tempat peribadatan lainnya.

Agama islam membuat masyarakat di Amerika Serikat menjadi tertarik. Mereka yakin bahwa islam adalah agama yang damai. Tidak semua orang islam adalah teroris sebagaimana yang dikatakan oleh orang-orang yang tidak suka dengan agama islam. Hal tersebut membuat banyak orang di Amerika Serikat yang kemudian memeluk islam.

Banyak buku-buku tentang Islam dan Al-Quran yang diburu oleh masyarakat di Amerika Serikat

Tingginya minat dan antusias masyarakat di Amerika Serikat membuat mereka memburu buku-buku tentang islam dan al-Quran untuk dipelajari. Selain itu, agama islam mulai dikenal di Amerika Serikat.

Jika ada dampak positif, pasti ada juga dampak negatifnya. Adapun dampak negative dari peristiwa 11 September, diantaranya:

Adanya pandangan negatif dan sentimen terhadap kaum muslimin

Akibat dari adanya peristiwa 11 September tersebut, banyak orang dari kalangan non muslim menuduh islam adalah penyebabnya. Sehingga membuat banyak orang menjadi sentiment atau membenci islam.

Diskriminasi terhadap Islam

Setelah kejadian tersebut, islam semakin terpojok karena dianggap sebagai teroris oleh orang-orang yang tidak menyukai agama islam. Sehingga banyak orang non muslim yang melakukan penganiayaan dan pelecehan kepada orang-orang islam.

 

Itulah dampak adanya peristiwa 11 September untuk islam. Banyak orang yang bilang, bahwa hidup sebagai seorang muslim di Amerika Serikat. Beruntunglah, bagi yang tinggal di negara yang menghargai toleransi dan tidak mempedulikan agama seseorang.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!