Pria Ancam dan Ludahi Pegawai SPBU Karena Tidak Dilayani, Ini Pentingnya Sopan Santun Dalam Islam!

0
101
Pria Ancam dan Ludahi SPBU Serta Pentingnya Sopan Santun Dalam Islam

Pria ancam dan ludahi – Seorang pria yang merupakan warga Karangrejo, Gajahmungkur, Semarang bertindak tidak sopan terhadap pegawai SPBU. Pasalnya, ia mengancam sekaligus meludahi pegawai SPBU tersebut karena tidak dilayani. Tindakan pelaku terekam dalam sebuah video yang kemudian viral di media sosial. Pegawai SPBU sendiri tidak melayani pelaku karena mematuhi peraturan yang berlaku mengenai protokol kesehatan. Sementara pria ini tidak mengenakan masker.

Pihak SPBU kemudian melaporkan pelaku dan polisi berhasil mengamankan pria tersebut dirumahnya. Tindakan ini tentu saja bukanlah tindakan yang terpuji. Dalam islam, kaum muslimin diajarkan untuk berbuat baik. Dan juga tidak meninggalkan nilai kesopanan dalam kehidupan sehari-hari. Namun tindakan pria yang mengancam hingga sampai meludahi pegawai SPBU sudah menyimpang dari ajaran islam dan norma kesopanan yang ada.

Pria Ancam dan Ludahi Pegawai SPBU, Ini Pentingnya Sopan Santun Dalam Islam

Pria ancam dan ludahi pegawai SPBU Menurut Islam

Pria ancam dan ludahi pegawai SPBU karena emosi tidak dilayani. Hal ini terjadi karena pelaku tidak mengenakan masker. Namun bagaimanapun, tindakan ini tentu saja bukan perbuatan yang terpuji. Selain mencerminkan sikap tidak sopan, ini juga tidak sesuai dengan ajaran islam. Apalagi islam sendiri mengajarkan kaum muslimin untuk senantiasa berbuat baik. Tentunya juga menjunjung tinggi sikap sopan dan menghormati orang lain.

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara Nabi, dan janganlah kamu berkata kepadanya dengan suara yang keras, sebagaimana kerasnya suara sebagian kamu terhadap sebagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu, sedangkan kamu tidak menyadari.(1)

Ayat ini menjelaskan bahwasanya kaum muslimin tidak seharusnya meninggikan suara. Itu artinya berbicara lemah lembut dan sopan merupakan anjuran dalam islam. Terlebih lagi bersikap sopan santun membawa kita pada perbuatan baik lho sobat CahayaIslam. Dan tahukah bahwa pentingnya sopan santun dalam islam? Ini alasannya.

Mencerminkan Sikap Seorang Muslim

Pria Ancam dan Ludahi SPBU Serta Pentingnya Sopan Santun Dalam Islam

Salah satunya alasan kenapa pentingnya sopan santun dalam islam adalah karena ini merupakan cerminan sikap seorang muslim. Seorang muslim seharusnya bisa menanamkan sikap terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Dan ini bisa dilakukan dengan menerapkan sopan santun dan sikap menghormati orang lain. Itu artinya sikap seorang pria yang meludahi bahkan mengancam pegawai SPBU sama sekali tidak mencerminkan sikap seorang muslim.

Membawa Kebaikan

Sopan santun bukan hanya cerminan sikap seorang muslim. Alasan pentingnya sopan santun dalam islam salah satunya juga karena ada banyak kebaikan yang bisa kita peroleh lho. Dengan bersikap sopan, menghormati orang lain maka ini akan membawa kita pada kebaikan. Seperti halnya hubungan baik dengan orang lain, yang membawa banyak manfaat.

Perintah Allah dan Ajaran Islam

Pentingnya sopan santun dalam islam, ini karena kesopanan merupakan salah satu ajaran islam. Dan juga merupakan perintah Allah tentu saja. Itu sebabnya, seorang muslim sudah seharusnya bersikap sopan dan menghormati orang lain.

Pria ancam dan ludahi – pegawai SPBU yang kemudian diamankan oleh polisi. Ini merupakan tindakan tidak terpuji dan menyimpang dari ajaran islam. Karena islam sendiri mengajarkan kaum muslimin untuk bersikap sopan. Semoga sobat CahayaIslam termasuk golongan orang yang meninggikan sikap sopan santun ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hujurat Ayat 2

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY