Pengumuman CPNS Perlu Menerima Apa pun Hasilnya, Ini Pentingnya Muslim Memiliki Sifat Qanaah

0
19

Pengumuman CPNS – Akhirnya keluar, tepatnya Jumat 26 Oktober 2020. Setelah sempat tertunda terkait tes dikarenakan pandemi virus Corona. Alhamdulillah telah ditetapkan agar setiap instansi mengumumkannya oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Adapun terkait pengumuman CPNS ini merupakan rekrutmen seleksi CPNS formasi 2019. Bagi pihak yang lolos seleksi diharapkan memenuhi serangkaian berkas yang harus dikumpulkan secara online di portal SSCN.

Bagaimana dengan yang tidak lolos? Sedih boleh saja tetapi tidak diperbolehkan larut dalam kesedihan. Mungkin belum rezekinya, pasti ada ketetapan Allah SWT yang terbaik di balik semua itu. Jangan putus asa masih ada kemungkinan bisa lolos di tahun yang berikutnya.

Sobat Cahaya Islam, muslim bisa apa ketika sebuah usaha di mana kenyataan tidak sesuai dengan yang diharapkan, selain berusaha menerima alias qanaah. Sebab rencana Allah SWT jauh lebih baik daripada pada rencana hamba-Nya karena Allah SWT tahu yang terbaik untuk hamba-Nya.

Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 216 yang menerangkan bahwa apa yang baik menurut manusia belum tentu baik menurut Allah SWT dan sebaliknya dalam hal keburukan pun.

كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلۡقِتَالُ وَهُوَ كُرۡهٞ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰٓ أَن تَكۡرَهُواْ شَيۡ‍ٔٗا وَهُوَ خَيۡرٞ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰٓ أَن تُحِبُّواْ شَيۡ‍ٔٗا وَهُوَ شَرّٞ لَّكُمۡۚ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ وَأَنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ ٢١٦

Artinya: “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

Secara Asbabun Nuzul (sebab turunnya ayat Al-Qur’an) ayat di atas berkenaan dengan perang. Tetapi dalam lingkup kehidupan seperti sekarang bisa diambil sisi positifnya yakni untuk belajar menerima ketentuan Allah SWT Yang Maha Mengetahui apa-apa yang manusia belum tahu.

Pentingnya Muslim Bersifat Qanaah termasuk Ketika Mengetahui Hasil Pengumuman CPNS

Penting muslim memiliki sifat qanaah atau menerima apa adanya yang telah ditetapkan yang berupa kebahagiaan maupun kesedihan. Mengingat semua kejadian pasti ada hikmah di dalamnya. Berikut ini mengapa muslim penting memiliki sifat qanaah.

  1. Hidup Tenang

Qanaah sepatutnya ditanamkan di dalam jiwa setiap muslim. Pasalnya orang yang tidak menerima kenyataan dengan lapang dada cenderung hidupnya akan gusar, resah, dan intinya tidak nyaman. Padahal hidup itu untuk dinikmati bukan disesali maupun dimarahi kok begini begitu.

Maka dari itu, orang yang qanaah hidupnya akan tenang serta bisa selalu tersenyum dan menikmati kehidupan yang dijalaninya.

  1. Tidak Larut dalam Kesedihan

Bila ada sifat qanaah di dada seorang muslim, tentu apabila ditimpakan kesedihan tidak akan terlalu larut dalam kesedihan. Justru menghadapinya dengan penuh kesabaran dan menilai kesedihan hanyalah bumbu hidup dan roda kehidupan yang selalu berputar.

Kesedihan bagi muslim qanaah bukan menjadi hal yang abadi, sementara dan yakin akan berlalu jika telah usai masanya berubah berganti dengan kebahagiaan yang telah Allah SWT persiapkan.

  1. Menjadi Hamba yang Bersyukur

Sedih dan senang dua hal yang berdampingan. Qanaah adalah penengahnya, muslim yang memiliki sifat ini akan hidup sewajarnya tidak bersikap berlebihan dalam menghadapi dua kondisi ini. Pastinya tidak lupa tetap bersyukur apa pun keadaannya.

Selama masih diberi kesempatan hidup, muslim sudah selayaknya bersyukur dengan nikmat yang Allah SWT berikan tidak terhitung jumlahnya. Orang qanaah bisa tergolong dalam hamba Allah SWT yang bersyukur.

Sobat Cahaya Islam, penjelasan di atas merupakan sebagian dari pentingnya menanamkan sifat qanaah dalam hidup. Semoga orang yang lolos dan yang belum lolos pada pengumuman CPNS mempunyai sifat qanaah melihat hasilnya. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY