Andre Taulany Berduka, Seperti Ini Adab Muslim Ketika Kerabat Sedang Berduka

0
65

Andre Taulany – Penyanyi sekaligus komedian tanah air sedang berkabung duka. Hal ini dikarenakan ayah mertuanya yang bernama H Yulius Anthony meninggal dunia tepatnya 26 Oktober 2020 lalu. Ayah mertuanya itu meninggal di umur 66 tahun lebih setelah bulan Juli 2020, genap 66 tahun umurnya.

Ucapan belasungkawa dan karangan bunga ditujukan atas meninggalnya ayah dari Erie Taulany alias istri dari Andre Taulany banyak baik secara langsung maupun lewat media. Namun, terkait penyebab ayah mertua vokalis ini belum disebutkan. Intinya sudah habis kontraknya di dunia.

Sobat Cahaya Islam,  kesedihan dan musibah telah Allah SWT tetapkan kepada hamba-Nya yang dikehendaki. Hal ini salah satunya sebagai bentuk Allah SWT menguji kesabaran hamba-hamba-Nya. Sebagaimana yang tertuang dalam Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 155 sampai 156.

وَلَنَبۡلُوَنَّكُم بِشَيۡءٖ مِّنَ ٱلۡخَوۡفِ وَٱلۡجُوعِ وَنَقۡصٖ مِّنَ ٱلۡأَمۡوَٰلِ وَٱلۡأَنفُسِ وَٱلثَّمَرَٰتِۗ وَبَشِّرِ ٱلصَّٰبِرِينَ. ٱلَّذِينَ إِذَآ أَصَٰبَتۡهُم مُّصِيبَةٞ قَالُوٓاْ إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّآ إِلَيۡهِ رَٰجِعُونَ

Dan Kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa, dan buah-buahan. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang sabar. (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka berkata “Inna lillahi wa inna ilaihi raji‘un” (sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nyalah kami kembali). (QS. Al-Baqarah, Ayat 155-156)

Berdasarkan ayat di atas Allah SWT akan menguji, dengan ujian yang bisa berupa ketakutan, kelaparan, maupun kekurangan. Serta dianjurkannya orang yang ditimpakan musibah mengucap kalimah tarji’ yakni yang berbunyi “innalillahi wa innailaihi roji’uun”.

Sebagai orang muslim ketahui tentang adab-adab yang perlu dilakukan di saat kerabat sedang berduka. Agar tidak terjadi sesuatu permasalahan yang membuat kerabat semakin larut dalam duka.

Andre Taulany Berduka, Ini Adab Muslim Ketika Kerabat Berduka

Manusia adalah makhluk sosial yang butuh uluran tangan dari orang lain dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Oleh karena itu, tentu ada adab atau istilah Jawanya tindak tanduk dalam setiap keadaan tergantung dengan situasi serta kondisi.

Salah satu adab dalam kehidupan yakni adab muslim dalam menghadapi saudara maupun kerabat yang berduka, berikut adanya antara lain.

  1. Mengucapkan Belasungkawa

Sudah sepatutnya sesama muslim, apabila ada yang berduka ikut berduka, sebab diibaratkan tubuh yang satu bagian tubuh sakit lainnya merasakan. Ucapkanlah belasungkawa atas duka yang dilanda dan tidak luput dorong kerabat untuk bersabar dalam menghadapinya.

  1. Memberikan Semangat

Orang yang sedang berduka, muslim patut memberikan gairah semangat karena pada situasi seperti itu orang butuh motivasi. Berikan semangat ada harapan yang bisa diraihnya untuk diperjuangkan daripada terlarut terus dalam duka yang mendalam.

  1. Tidak Berbicara Terlalu Panjang

Situasi yang sedang berduka, tidak dianjurkan untuk berbicara panjang lebar, pasalnya kurang sopan. Adakalanya pihak yang berduka masih perlu waktu sendiri lebih banyak dalam keadaan berduka dengan maksud memenangkan diri.

  1. Memberikan Bantuan Seikhlasnya

Islam mengajarkan umatnya untuk saling tolong menolong dalam kebaikan, di saat kerabat sedang dilanda musibah tolonglah dengan memberikan bantuan baik tenaga, maupun materi seikhlasnya. Ingat penting ikhlas lebih utama dibanding banyaknya bantuan.

  1. Tidak Tertawa di Depan Kerabat yang Berduka

Tahan tawa, di tempat yang sedang berduka. Dikhawatirkan bisa menyinggung orang yang berduka. Sehingga bisa terkesan senang di atas penderitaan orang lain, yang hal ini tidak diperkenankan menurut agama Islam

Itu lima adab ketika kerabat sedang dilanda duka yang bisa diterapkan. Semoga ayah mertua Andre Taulany meninggal dalam keadaan khusnul khatimah, diterima segala amalnya di sisi Allah SWT, serta semoga keluarga yang ditinggal diberi ketabahan. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY