Cuti Bersama Imlek, Chilling atau Healing?

0
28
Cuti Bersama Imlek

Cuti Bersama Imlek – Pemerintah telah menetapkan cuti bersama Imlek tahun ini pada Senin, 23 Januari 2023. Sedangkan untuk libur nasional peringatan Imlek tahun ini jatuh pada hari Minggu, 22 Januari.

Meskipun Sobat memutuskan untuk mengambilnya atau tidak, maka tetap saja, Sobat bisa berkumpul dengan keluarga menikmati akhir pekan. Karena sebagai umat Muslim kita tentu tidak turut merayakan, oleh sebab itu, kita bisa mengisi libur Imlek dengan Chilling atau healing.

Apa sebenarnya manfaat Chilling and Healing?

Chilling adalah istilah untuk beristirahat dan relaksasi  yang sangat penting kita lakukan. Terlebih untuk menjaga kesehatan mental, fisik, dan emosional.

Apabila tubuh dan pikiran tidak memperoleh jatah rehat seperti seharusnya, maka khawatirnya hal tersebut bisa berpengaruh pada banyak aspek kehidupan karena stres yang tidak terhindarkan.

Chilling and healing seringkali orang-orang menyebutnya sebagai waktu bersantai. Fungsinya tak lain agar bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan meningkatkan kreativitas.

Sebab, pada saat tubuh dalam mode relaksasi, maka bagian lain dari sistem saraf bekerja. Lalu berupaya untuk meredakan dampak respons stres.

Cuti Bersama Imlek, Chilling atau Healing?

Nah, Sobat Cahaya Islam, untuk mengisi libur akhir pekan sebagai cuti Imlek. Maka ada beberapa opsi yang bisa kita pilih untuk menikmati waktu agar bermanfaat. Apa saja? Demikian ulasannya.

1.   Perbanyak Ibadah

Sudah sepatutnya jika ada waktu cukup luang, maka salah satu keharusan kita sebagai umat Muslim adalah memperbanyak ibadah.

Cuti Bersama Imlek

Dengan begitu, maka iman dan takwa dalam diri akan semakin kuat dan kokoh.

2.   Menghindari Melakukan Berbagai Hal dalam Waktu Secara Bersamaan (Multitasking)

Tidak heran, kita semua akan merasa sangat stres ketika membalas pesan teks, lalu sambil menonton TV, lalu sambil belajar, bahkan sambil berbicara di telepon secara bersamaan!

Multitasking hanya akan meningkatkan produksi hormon stres (kortisol dan adrenalin) yang tentu saja bisa membuat tubuh mudah panik! Alangkah baiknya, kita selesaikan tugas satu per satu.

3.   Bersyukur

Bisa berkumpul dengan keluarga, santai sejenak dari sibuknya bekerja atau beraktivitas rutin setiap harinya. Menjadi salah satu hal yang sangat perlu kita syukuri.

Cuti Bersama Imlek

Begitu nikmat bisa beristirahat dan melepas penat tanpa perlu memikirkan deadline tugas. MasyaAllah.

وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Artinya: Dan terhadap nikmat Rabbmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur). (Surat Ad Duha ayat 11)

وَلَقَدْ اٰتَيْنَا لُقْمٰنَ الْحِكْمَةَ اَنِ اشْكُرْ لِلّٰهِ ۗوَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖۚ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

Artinya: Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (Surat Luqman Ayat 12)

4.   Membantu Orang Tua

Hal yang tidak boleh terlewatkan pula, adalah membantu pekerjaan orang tua.

Kita bisa membantu berkebun, membereskan rumah dan halaman, mengantar belanja ke pasar hingga membuat hidangan kue.

Kenapa kue? Saat libur, membuat kue seharusnya menjadi hal yang kita prioritaskan.

Ajaib memang, aroma kue bisa membuat orang merasa tenang dan nyaman.

Bahkan, banyak sekali orang merasa memanggang kue bisa menghilangkan stres, menuang kreasi baking, meningkatkan mood, dan menikmati hasilnya dengan penuh suka cita serta rasa bangga.

5.   Jalan-jalan

Untuk mensyukuri nikmat Allah atas alam yang begitu menakjubkan. Maka kita pun bisa memanfaatkan libur Imlek kali ini untuk pergi jalan-jalan.

Dengan begitu, kita bisa melihat betapa banyak sekali di sekitar kita hadiah dari Allah untuk membuat makhlukNya jauh dari kekurangan.

Nah, demikian di atas merupakan ulasan mengenai hal apa saja yang bisa menjadi referensi mengisi waktu cuti bersama Imlek. Chilling atau Healing ya kira-kira?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY