Mengenali Ciri – Ciri Akhlaqul Karimah agar Hidup Semakin Berkah

0
53
ciri – ciri akhlaqul karimah

Ciri – Ciri Akhlaqul Karimah – Selain diciptakan sebagai pemimpin terbaik, umt muslim juga perlu untuk mengenali bagaimana ciri – ciri akhlaqul karimah. Dengan mengetahuinya, secara tidak langsung akan menjadi filter diri untuk bisa melayakkan menjadi seorang hamba terbaik di hadapan Allah Ta’ala.

Sobat Cahaya Islam, pemahaman akan ciri – ciri akhlaqul karimah tentu dapat membantu diri untuk mengetahui mana karakter maupun sifat yang sesuai dan tidak dengan akhlaq baik dalam Islam.

Apa Urgensitas Mengenali Ciri – Ciri Akhlaqul Karimah?

Salah satu hal bermanfaat akan pemahaman ciri – ciri akhlaqul karimah yakni tak mudah terjebak dengan karakter yang mendorong pada kemaksiatan. Sederhananya, akhlaqul karimah adalah akhlaq yang memancarkan nilai – nilai kebaikan dan berlandaskan RisalahNya.

Sehingga bisa dikatakan, belum tentu umat muslim yang berlaku baik memiliki akhlaq yang baik. Sebab di dalam Islam, perbuatan baik selain dilandasi keikhlasan pada Allah Ta’ala juga harus dilakukan berdasar prosedur yang benar.

Menerapkan karakter akhlaqul karimah dalam kehidupan tentu tidak semudah yang bayangkan. Ada banyak cobaan dan tantangan yang harus diselesaikan. Apalagi di era serba canggih seperti sekarang. Tentu rasanya sangat sulit bagi diri untuk menerapkan akhlaqul karimah.

ciri – ciri akhlaqul karimah

Hanya saja, jika seorang hamba mau menjalankannya dengan sungguh- sungguh, maka tentu tidak ada yang tidak mungkin. Selain itu, kebersegaraan umat muslim dalam menerapkan akhlaqul karimah dalam kehidupan sebagaimana dinyatakan Allah dalam firmanNya di surat Al Baqarah ayat 148 :

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

Artinya : Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.

Ciri- Ciri Akhlaqul Karimah dalam Kehidupan

Agar kehidupan semakin terarah, tentu ada beberapa hal atau ciri – ciri yang mendasari bagaimana seharusnya menerapkan akhlaqul karimah dalam kehidupan. Diantaranya yakni sebagai berikut :

1.    Selalu Bersyukur

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni memastikan diri untuk selalu bersyukur. Rasa syukur yang diwujudkan dengan keikhlasan tentu berbeda dengan syukur karena terpaksa.

Oleh karena itu, penting bagi diri untuk selalu meningkatkan rasa syukur atas apapun yang Allah berikan. Sebab belum tentu Allah Ta’ala memberikan kenikmatan pada orang lain sebagaimana kenikmatan yang diberikan pada diri.

Rasa syukur yang selalu ditingkatkan menjadi kewajiban dan pembuktian umat muslim sebagai seorang hamba yang mana peran utamanya yakni untuk beribadah kepada Allah saja. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam Kalamullah yakni surat Adz Dzariyat ayat 56 yakni :

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْاِنْسَ اِلَّا لِيَعْبُدُوْنِ

Artinya : Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

2.    Berusaha Menjauhi Kemaksiatan

Hal selanjutnya yakni berusaha untuk semakin dekat dengan aktivitas kebaikan dan menjauhi kemaksiatan. Tentu diri membutuhkan suatu komunitas dan dukungan agar tak sampai mudah terjebak dan terseret arus kemaksiatan.

ciri – ciri akhlaqul karimah

Apalagi di era serba canggih seperti sekarang, rentan sekali bukan godaan terkait mendekati kemaksiatan. Naudzubillah. Oleh karena itu, mencari dan selalu menjadi pribadi yang produktif dapat menjadi solusi bagi diri untuk jauh dari kemaksiatan.

Selain itu, jauh dari kemaksiatan juga merupakan bagian dari konsekuensi sebagai hamba Allah yang mana perlu bagi diri untuk masuk ke dalam Islam secara kaffaah. Hal ini sebagaimana yang tersampaikan dalam firmanNya di surat Al Baqarah ayat 208 yakni :

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Artinya : Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan yang berkaitan dengan ciri – ciri akhlaqul karimah dan penjelasan sederhananya. Semoga ulasannya bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY