Jaga Lisan, Inilah Akibat Sebar Hoaks Kematian Bapak Amien Rais

0
34
bapak Amien Rais

Bapak Amien Rais – Beberapa hari ini, media sempat terguncang akibat pemberitaan hoaks terkait berita kematian Bapak Amien Rais. Berita tersebut sengaja mengaitkan antara kritik beliau pada rezim pemerintahan hari ini. Tak pelak, berita bohong tersebut mengundang beberapa tanggapan dari politisi baik yang pro maupin kontra.

Sobat Cahaya Islam, pemberitaan bohong yang mengatasnamakan kematian bapak Amien Rais tentu bukanlah hal yang biasa dalam Islam. Sebab, berita tersebut dapat berakibat buruk bagi korban berita bohong maupun sekitarnya. Apalagi, jika berita itu sengaja dikhususkan bagi tokoh umat yang berpengaruh.

Bagaimana Umat Menyikapi Berita Hoaks terkait Bapak Amien Rais?

bapak Amien Rais

Pemberitaan bohong kerap kali terjadi dengan berbagai motif. Salah satu penyebabnya yakni sang pembawa berita ingin terkenal. Selain itu, ada juga yang bermotif supaya dapat menjadi isu pengalihan agar fokus umat terpecah.

Maka dari itu, sebagai umat muslim sudah selayaknya belajar untuk kembali pada fitrah muslim yang sesungguhnya. Salah satu fitrah muslim yakni tidak mudah percaya dengan suatu berita dengan penyampai yang tidak kredibel atau tak sesuai bidangnya. Maksud dari kalimat tersebut, umat harus memastikan melalui aspek yang lain tetang kebenaran berita tersebut.

Sehingga, umat muslim tidak mudah teraruskan dengan berita bohong seperti yang sering terjadi. Selain itu, konsep seperti ini juga dapat menyelamatkan pemikiran umat dari hal – hal yang bertentangan dengan syariat.

Perlu dipahami, kredibilitas dan kesesuaian berita dengan bidang tak harus dilihat hanya dari segi jurusan yang dimiliki semasa kuliah. Jejak digitalnya pun dapat menjadi tolok ukur terkait kredibilitas seorang muslim. Sehingga umat tak asal mengambil kebenaran hanya dari segi mayoritas umat menyepakatinya. Namun, harus juga bijak dalam memberikan penyikapan terkait hal tersebut.

Hal ini sesuai dengan pengajaran Islam. Misal, sebuah hadits agar dapat dihukumi sebagai hadits yang shohih maka perawinya harus lulus dengan catatan tak pernah berbohong semasa hidupnya melalui pernyataan lebih dari 40 perawi. Masya Allah bukan?

Bagaimana Dampak Menyampaikan Berita Bohong Kematian Bapak Amien Rais?

bapak Amien Rais

Sebuah aktivitas yang buruk tentu akan melahirkan beberala dampak negatif seperti menyebarkan berita bohong. Beberapa dampak di antaranya adalah :

1. Mengaburkan Pemahaman Umat

Salah satu hal yang akan menjadi dampak hoaks adalah terjadinya distorsi pemahaman umat. Distorsi sendiri bermakna kabur. Artinya, umat dapat terkabulkan sehingga akan sulit memahami kebenaran sesungguhnya.

Nah, secara otomatis akal yang biasanya berfikir secara mendalam dan cemerlang bisa saja terpengaruh. Apalagi jika berita tersebut sengaja terviralkan dari lisan orang – orang yang berpengaruh. Maka strategi tersebut perlu mendapatkan kecurigaan.

Sebab bisa saja menjadi wasilah untuk pengalihan isu juga. Selain itu, Allah SWT juga secara tegas akan mengazab orang – orang yang sering menyampaikan berita bohong dalam surat An-Nur ayat 19 :

اِنَّ الَّذِيْنَ يُحِبُّوْنَ اَنْ تَشِيْعَ الْفَاحِشَةُ فِى الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَهُمْ عَذَابٌ اَلِيْمٌۙ فِى الدُّنْيَا وَالْاٰخِرَةِۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

Artinya : Sesungguhnya orang-orang yang ingin agar perbuatan yang sangat keji itu (berita bohong) tersiar di kalangan orang-orang yang beriman, mereka mendapat azab yang pedih di dunia dan di akhirat. Dan Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

2. Memicu Perpecahan Golongan

Selain itu, hoaks juga dapat menjadikan golongan menjadi terpecah belah. Hal ini akan semakin menguat apabila pihak lawan merasa mendapatkan kerugian dari berita bohong tersebut. Padahal, perpecahan di antara umat bukanlah suatu hal yang benar dalam Islam.

Nah Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan mengenai pemberitaan bapak Amien Rais yang meninggal. Semoga Allah SWT mengampuni dosa orang yang telah mengabarkan berita tersebut serta mendapat kesempatan hidayah dari Allah SWT. Pun, Artikel ini dapat menjadi referensi bacaan agar umat tak salah langkah menyikapi berita bohong.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY