Penembak Vidya Rafika Petik Pelajaran Dari Kekalahan, Bagaimana Menurut Islam?

0
62
Penembak Vidya Rafika 1

Penembak Vidya Rafika – Vidya, yang merupakan penembak putri Indonesia ini menjadikan kekalahannya sebagai pelajaran yang berharga. Pasalnya ia tak berhasil melaju ke partai final cabor menembak di nomor 10 meter air rifle putri. Atlet yang kini berusia 20 tahun ini hanya berhasil mencapai peringkat ke-35 dengan 622 poin. Sehingga langkah Vidya pun harus terhenti karena hanya delapan penembak terbaik yang terpiilih untuk mencapai partai puncak.

Penembak Vidya Rafika 3

Meskipun dalam ajang Olimpiade yang merupakan pertama kalinya bagi Vidya Rafika, ia harus mengalami kekalahan. Namun Vidya sendiri memetik pelajaran dimana dirinya harus lebih banyak belajar dan mencari pengalaman. Tentu saja setiap kegagalan atau kekalahan mengandung hikmah yang bisa diambil. Itulah yang diajarkan juga dalam islam, dimana segala hal yang terjadi bisa memberikan hikmah dan pelajaran yang berharga untuk kita.

Penembak Vidya Rafika Petik Pelajaran Dari Kekalahan, Begini Hikmah Dari Kekalahan Menurut Islam

Penembak Vidya Rafika 1

Penembak Vidya Rafika petik pelajaran dari kekalahan yang dialaminya. Sang pelatih pun yakin bahwa penembak asuhannya ini memiliki kemampuan untuk menjadi bintang masa depan. Sehingga ia memiliki rencana untuk mempersiapkan Vidya agar bisa tampil di ajang besar. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa kekalahan atau kegagalan adalah hal yang wajar terjadi. Yang terpenting adalah tidak menjadikan kekalahan tersebut sebagai alasan untuk berhenti berusaha. 

Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan,sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.

Dalam ayat ini telah ditegaskan bagaimana Allah menjanjikan kemudahan dibalik kesulitan. Seperti halnya kegagalan atau kekalahan, yang tentu saja mengandung hikmah dibaliknya. Sebagai seorang muslim, berputus asa bukanlah ajaran yang ada dalam islam. Itu sebabnya, kaum muslimin tidak seharusnya berputus asa hanya karena mengalami kekalahan. Yuk ketahui apa saja hikmah dari kekalahan menurut pandangan islam?

Bisa Lebih Banyak Belajar

Penembak Vidya Rafika 2

Hikmah dari sebuah kegagalan atau kekalahan adalah menjadikan diri kita lebih pandai belajar. Dalam hal ini, belajar yang dimaksud adalah memetik hal-hal baik dibalik kegagalan yang kita alami. Sehingga apa yang terjadi tidak menjadikan diri sendiri terpuruk apalagi putus asa. Bagaimanapun, kegagalan juga menjadi bagian dalam hidup yang pasti akan kita temui.

Menghargai Usaha

Kegagalan juga memberikan hikmah seperti sikap menghargai yang lebih besar lho sobat CahayaIslam. Sekecil apapun usaha yang dilakukan akan menjadi sangat berharga karena belajar dari kekalahan yang kita alami.

Lebih Bersyukur

Salah satu hikmah dari kekalahan menurut pandangan islam adalah menjadikan kita menjadi lebih bersyukur.  Dengan mengalami kegagalan atau kekalahan, kita bisa belajar untuk tetap bersyukur. Dan tentu saja berusaha dengan lebih baik agar nantinya bisa berhasil mencapai apa yang diharapkan. Itu sebabnya sobat CahayaIslam, kegagalan tidak selalu menjadi suatu hal yang buruk ya.

Penembak Vidya Rafika –  petik pelajaran berharga dari kekalahan yang dialaminya. Sobat CahayaIslam, pada dasarnya segala yang terjadi tentu saja dengan tujuan yang baik dari Allah SWT.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Insyirah Ayat 5-6

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY