Pendidikan Karakater Anak dengan Meneladani Sifat Rasulullah SAW

0
113

Pendidikan Karakater Anak– Dalam menciptakan sebuah generasi muda yang cerdas dan berakhlak tentu dibutuhkan langkah-langkah jitu untuk mewujudkannya. Memberikan pendidikan yang tepat sedini mungkin terhadap anak menjadi salah satu hal yang amat penting. Tidak sedikit orang tua yang meremehkan pendidikan di usia dini. Padahal masa tersebut merupakan masa keemasan seorang anak.

Salah satu penerapan Pendidikan Karakater Anak pun hendaknya diperhatikan sebaik mungkin. Hal ini menjadi salah satu langkah untuk mewujudkan anak yang berkarakter. Adapun dalam Islam, setiap umatnya dianjurkan untuk bisa meneladani sifat Rasulullah SAW. yang senantiasa menjadi suri tauladan yang baik dan patut dicontoh. Sebagaimana yang dijelaskan dalam Firman Allah SWT. yang berbunyi:

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (QS. Al ahzab ayat 21).”

Sifat-Sifat Rasulullah SAW yang Patut Diterapkan dalam Pendidikan Karakter Anak

Sobat Cahaya Islam, meneladani sifat Rasulullah SAW sangat dianjurkan. Hal ini menjadi salah satu langkah untuk menciptakan generasi yang cerdas dan berakhlak. Diantara sifat-sifat Rasulullah SAW yang hendaknya diteladani yakni sebagai berikut.

1.   Shiddiq

Sifat yang mendukung Pendidikan Karakater Anak salah satunya meneladani sifat Rasulullah SAW yakni Shiddiq. Arti yang tersirat dari kata tersebut yaitu jujur. Secara sederhananya, jujur diartikan sebagai suatu sikap yang menyatakan segala sesuatu sesuai dengan fakta yang terjadi.

Jika sifat jujur melekat dalam diri anak sedari kecil, maka mereka pun akan tumbuh dengan karakter yang baik. Nah, Sobat Cahaya Islam, menanamkan sifat jujur sedini mungkin sangatlah penting. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk menciptakan generasi yang jujur dan terhindar dari kebohongan.

2.   Amanah

Selanjutnya, sifat lainnya yang hendak diteladani dari Rasulullah SAW yakni amanah. Secara bahasa, amanah diartikan sebagai suatu sikap dapat dipercaya. Dalam hal ini, seseorang hendaknya bisa melaksanakan apa yang dipercayakan dengan sebaik mungkin. Sifat amanah hendaknya diterapkan pada diri sang anak, sehingga tumbuh menjadi dewasa yang baik.

Sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW yang diberikan amanah untuk mengajarkan ajaran Islam kepada setiap umatnya. Lantas, Rasulullah SAW menyampaikannya dengan sebaik mungkin, meskipun berbagai kendala dan gangguan menerpa.

3.   Tabligh

Sifat lainnya yang bisa diterapkan dalam Pendidikan Karakater Anak yakni sifat Tabligh. Salah satu sifat yang terdapat pada diri Rasulullah SAW yakni tabligh yang berarti menyampaikan sesuatu. Dalam hal ini, Rasulullah SAW diberikan amanah untuk menyampaikan kepingan-kepingan ajaran Islam kepada umatnya.

Melalui wahyu yang diturunkan Allah SWT melalui perantara malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad  SAW. Setiap ajaran disampaikannya dengan sebenar-benarnya, mulai dari hal terkecil hingga yang kompleks sekali pun. Lantas, Sobat Cahaya Islam selaku umatnya, kita hendak meyakini dan mengikuti apa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا آمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي نَزَّلَ عَلَىٰ رَسُولِهِ وَالْكِتَابِ الَّذِي أَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۚ وَمَنْ يَكْفُرْ بِاللَّهِ وَمَلَائِكَتِهِ وَكُتُبِهِ وَرُسُلِهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلَالًا بَعِيدًا

Wahai orang-orang yang beriman, tetaplah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan kepada kitab yang Allah turunkan kepada Rasul-Nya serta kitab yang Allah turunkan sebelumnya. Barangsiapa yang kafir kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan hari kemudian, maka sesungguhnya orang itu telah sesat sejauh-jauhnya. (QS. An-Nisa: 136)”.

4.   Fathonah

Selain sifat-sifat di atas, terdapat sifat Fathonah yang melekat dalam diri Nabi Muhammad SAW yang berarti kecerdasan. Melalui sifat inilah, Rasulullah SAW menyampaikan serta mengambil setiap keputusan dengan tepat dan bijaksana. Sifat cerdas yang dimilikinya senantiasa menciptakan keputusan yang baik bagi umat-umatnya.

Penting sekali bagi setiap anak untuk menerapkan sifat fathonah. Sebagai orang tua hendaknya membantu untuk ikut membantu sang anak agar tumbuh menjadi pribadi yang cerdas. Dalam hal ini, bisa dibantu dengan cara membimbing mereka untuk rajin belajar dan meminimalisir beragam permainan yang menghabiskan waktu.

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa sifat yang bisa diterapkan dalam Pendidikan Karakater Anak dengan meneladani sifat Rasulullah SAW. Tidak ada kesempurnaan yang hakiki yang melekat pada diri seorang manusia. Namun, untuk menjadi pribadi yang baik, setiap manusia wajib untuk berikhtiar dan berdo’a kepada Allah SWT.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY