Menyambut Hari Ibu, Inilah 6 Cara Menghormati Ibu Menurut Ajaran Islam!

0
179

Hari Ibu – Tanggal 22 Desember tercatat sebagai peringatan Hari Ibu. Islam mengajarkan untuk senantiasa menghormati orang tua. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW yang menyebutkan ibu hingga tiga kali lalu diikuti dengan ayah. Dalam ayat suci Al-Qur’an dan hadits pun banyak disebutkan bahwa menghormati orang tua merupakan suatu perintah yang harus dilaksanakan. Berbakti kepada kedua orang tua sebagai bukti rasa cinta kepada keduanya dan patuh kepada Allah SWT.

Firman Allah SWT. dalam QS. Al-Isra ayat 23:

وَقَضٰى رَبُّكَ اَلَّا تَعۡبُدُوۡۤا اِلَّاۤ اِيَّاهُ وَبِالۡوَالِدَيۡنِ اِحۡسَانًا‌ ؕ اِمَّا يَـبۡلُغَنَّ عِنۡدَكَ الۡكِبَرَ اَحَدُهُمَاۤ اَوۡ كِلٰهُمَا فَلَا تَقُلْ لَّهُمَاۤ اُفٍّ وَّلَا تَنۡهَرۡهُمَا وَقُلْ لَّهُمَا قَوۡلًا كَرِيۡمًا‏

Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan “ah” dan janganlah engkau membentak keduanya, dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Dalam memperingati Hari Ibu, Islam mengajarkan untuk senantiasa berbakti kepada ibu. Namun, hal ini tentu bukan hanya berlaku pada saat peringatan Hari Ibu saja, melainkan hari-hari lainnya pun Sobat Cahaya Islam senantiasa menghormati orang tua.

Sambut Hari Ibu dengan Cara Penghormatan yang Sesuai dengan Ajara Islam

Dalam menyambut hari yang penuh suka untuk sang Ibu, terdapat cara-cara menghormati Ibu menurut ajaran Islam. Yuk simak informasi lengkapnya!

1.   Berbuat Baik Kepada Ibu

Nah, Sobat Cahaya Islam, hal pertama yang harus dilakukan yakni berbuat baik kepada Ibu. Berbuat baik kepadanya tanpa batas waktu. Bukan hanya pada peringatan Hari Ibu saja, melainkan hari lainnya pun patut untuk berbuat baik kepadanya. Sebagaimana Firman Allah SWT dalam QS. Luqman ayat 14 yang berbunyi:

وَوَصَّيۡنَا الۡاِنۡسٰنَ بِوَالِدَيۡهِ‌ۚ حَمَلَتۡهُ اُمُّهٗ وَهۡنًا عَلٰى وَهۡنٍ وَّفِصٰلُهٗ فِىۡ عَامَيۡنِ اَنِ اشۡكُرۡ لِىۡ وَلِـوَالِدَيۡكَؕ اِلَىَّ الۡمَصِيۡرُ

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tuanya. Ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu.”

2.   Patuh Terhadap Nasihat dan Perintahnya

Islam mengajarkan untuk senantiasa patur terhadap nasihat dan perintahnya, selama itu baik. Selama tidak bertentangan dengan ajaran Islam, patuhi setiap nasihatnya. Tidak ada satu pun seorang ibu yang ingin anaknya, celaka, perayalah setiap perintahnya senantiasa dengan harapan agar anak-anaknya bahagia. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW yang diriwayatkan Imam Qurtubi, bahwasanya berlaku baiklah kepada ibu-ibu-ibu, lalu bapakmu!

3.   Senantiasa Berperilaku Sopan dan Santun

Menghormatinya dengan penuh kesantunan adalah cara yang dianjurkan dalam Islam. Berperilaku dengan penuh sopan santu kepada sang Ibu tanpa berkata kasar, meninggikan suara, serta tidak memandangnya dengan pandangan yang kasar. Menghindari hal-hal yang dapat menyakiti fisik maupun hatinya. Jika hal itu terjadi maka termasuk menela orang tua.

“Termasuk dosa besar adalah seseorang mencela kedua orangtuanya dengan cara dia mencela bapaknya orang lain, maka orang tersebut balas mencela bapaknya. Dia mencela ibu seseorang, maka orang tersebut balas mencela ibunya.” (Muttafaqun ‘alaihi).

4.   Tetap Menjaga serta Memeliharanya Meski Lanjut Usia

Peringatan Hari Ibu, sebagai salah satu momentum pengingat agar Sobat Cahaya Islam senantiasa menjaga dan memelihara ibu. Jangan bertingkah “Habis Manis Sepah Dibuang”. Hormati dan jagalah hingga akhir hayat bahkan senantiasa mendoakannya meski sudah berbeda alam. Tidak sedikit di antara anak-anak yang menelantarkan ibunya, bahkan memasukannya ke panti jompo. Na’udzubillah! Menjaga dan memeliharanya meski sudah lanjut usia tentu merupakan hal yang amat disukai Allah SWT.

5.   Jangan Lupa untuk Mendo’akannya

Sobat Cahaya Islam, selain cara di atas, jangan lupa untuk mendoakannya agar senantiasa sang ibu berada dalam lindungan Allah SWT. Munajatkan setiap doa untuk sang ibu dengan penuh ketulusan dan kekhusyuan. Adapun salah satu do’a yang bisa dipanjatkan yakni sebagai berikut.

 اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى  ذُنُوْبِيْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا 

 “Ya Allah, ampunilah segala dosaku dan kedua orangtuaku. Dan sayangilah keduanya, sebagaimana mereka berdua telah memelihara aku di waktu kecil. Aamiin! 

6.   Senantiasa Meminta Ridha-nya dalam Segala Urusan yang Dilakukan

Agar setiap urusan menjadi lanar dan berkah, maka jangan lupa untuk senantiasa meminta ridhanya untuk setiap urusan. Sebagaimana yang disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW.

“…dari Abdullah bin ‘Amrin bin Ash r.a, dia berkata, Nabi SAW telah bersabda: “Keridhoan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua”. (HR. st-Tirmidzi, hadis ini dinilai shahih oleh Ibnu Hibban dan Al Hakim).

Nah, Sobat Cahaya Islam itulah beberapa cara menghormati ibu menurut ajaran Islam. Semoga peringatan Hari Ibu dapat meningkatkan kecintaan setiap anak kepada sang ibu. Senantiasa mendoakannya meski kini sudah di alam yang berbeda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY