Zaskia Sungkar Hamil, Inilah Amalan yang Hendaknya Dilakukan Pada Masa Kehamilan!

0
114

Zaskia Sungkar – Berita kehamilan bagi seorang perempuan merupakan salah satu kado terindah dari Sang Pencipta. Begitu pun yang dialami Zaskia Sungkar amat bahagia dan penuh rasa syukur ketika diketahui terdapat janin dalam kandungannya. Namun, perlu Sobat Cahaya Islam tahu, Islam mengajarkan beberapa amalan yang hendaknya dilakukan seorang wanita hamil.

Islam mengajarkan amalan-amalan yang hendaknya dilakukan oleh ibu hamil. Hal ini dilakukan sebagai salah satu ikhtiar untuk mendapatkan keturunan yang shalih dan shalihah. Kegembiraan atas datangnya hadiah besar dari Allah swt dengan hadirnya jabang bayi dalam kandungan tersurat dalam Firman Allah swt dalam Al Quran surat As-Shafat ayat 101:

 فَبَشَّرْنَاهُ بِغُلَامٍ حَلِيمٍ

“Maka Kami beri dia khabar gembira dengan seorang anak yang amat sabar. (Qs. As-Shafat: 101)”

Masa kehamilan bagi seorang ibu bukanlah hal yang mudah. Berbagai perubahan baik dari segi fisik hingga mood-nya pun dapat berubah seiring perkembangan janin dalam kandungan. Berbagai hormon yang timbul akan menimbulkan perubahan pada sang ibu. Oleh karena itu, Islam mengajarkan untuk senantiasa melakukan amalan yang baik guna kelancaran pada masa kehamilan.

Amalan yang Hendaknya Dilakukan Pada Masa Kehamilan

Berita kehamilan Zaskia Sungkar menjadi salah satu kebahagiaan besar bagi keluarga. Untuk menjaga kelancaran pada masa kehamilan, sang ibu hendaknya melakukan amalan-amalan yang disyariatkan dalam Islam. Di antara amalan-amalan yang hendaknya dilakukan yakni sebagai berikut.

1.   Banyak Berdoa dan Berdzikir

Amalan pertama yang bisa dilakukan yakni dengan lebih banya berdoa dan berdzikir. Rasa syukur yang disertai dengan doa kepada Allah swt adalah hal yang amat terpuji. Hal ini pun sebagai langkah awal untuk meminta kelancaran dalam masa kehamilan. Berzikir dan berdoa sebagai salah satu tanda syukur atas kepercayaan yang diberikan Sang Mahakuasa.

Di antara doa-doa yang biasa dipanjatkan, yakni sebagai berikut:

  إِذْ قَالَتِ امْرَأَةُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (35) فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنْثَى وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالأنْثَى وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ (36)

“(Ingatlah) ketika istri Imran berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu, terimalah (nazar) itu dariku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” Maka tatkala istri Imran melahirkan anaknya, dia pun berkata, “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku melindungkannya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau dari setan yang terkutuk.” (QS. Al-Imran : 35-36)”

2.   Berpuasa Senin dan Kamis

Amalan lainnya yakni dengan berpuasa Senin dan Kamis. Berpuasa merupakan salah satu amalan yang dapat dikenalkan pada sang buah hati ketika dalam kandungan. Tidak sedikit yang khawatir jika berpuasa ketika hamil, padahal tidak perlu dirisaukan. Sebaliknya, dengan berpuasa, sang ibu akan sehat karena ahli medis pun mengungkapkan bahwa berpuasa tidak akan mengurangi berat sang jabang bayi.

3.   Melaksanakan Kewajiban Shalat Lima Waktu serta Perbanyak Shalat Sunat

Selanjutnya, amalan lainnya yakni dengan melaksanakan shalat wajib serta memperbanyak shalat sunat. Mendapatkan keturunan yang shalih dan shalihah adalah hal yang amat diharapkan oleh setiap orang tua. Hal ini bisa dilakukan dengan berikhtiar mulai dari masa kehamilan. Ketika dalam fase kehamilan, perkenalkan bagaimana shalat kepada yang Mahakuasa. Selain itu, pikiran serta perasaan sang ibu pun akan lebih tenang dan damai. Hal ini tentunya amat baik untuk perkembangan janin.

4.   Membaca Al-Quran

Memperbanyak baca Al-Quran adalah amalan lainnya yang baik untuk dilaksanakan seorang ibu hamil. Ayat-ayat dalam Al-Quran akan menciptakan ketenangan bagi sang ibu maupun janin dalam rahim. Ketika kehamilan sudah menginjak usia 6 minggu, janin bisa merespon suara. Ayat-ayat Al-Quran yang dilantunkan akan tertanam dalam memori sang bayi. Oleh karena itu, sering-seringlah untuk membaca ayat Al-Quran ketika masa kehamilan.

Demikianlah ulasan singkat terkait amalan yang bisa dilakukan ketika masa kehamilan. Sobat Cahaya Islam tentunya mesti menyertainya dengan hal-hal yang positif, seperti olahraga teratur, makan dan minum yang baik serta halal juga jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan secara rutin. Begitu pun dengan Zaskia Sungkar yang sedang menikmati masa kehamilannya, semoga diberikan kelancaran serta keselamatan hingga hari kelahiran tiba.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY