Mohamed Salah Pesepakbola Muslim, Ini Cara Dia Berdakwah di Lapangan Hijau

0
146

Mohamed Salah Siapa yang tidak mengenal Mohamed Salah? Atlet sepak bola dari Klub Liverpool yang beragama Islam. Malam tadi (19/20) Liverpool unggul 7-0 dari Crystal Palace dan salah dua dari gol tersebut dicetak oleh Mohamed Salah. Berkat ini Salah menjadi top skor dalam Liga Inggris dengan kemenangan 13 gol.

Posisi Mohamed Salah dalam klub Liverpoll di sepak bola Eropa menjadi striker. Hal tersebut menambah peluang Salah untuk terus memenuhi nafsunya mencetak banyak gol di lapangan hijau. Posisi yang membanggakan ini justru membawa Salah dalam situasi yang menjadikannya diburu oleh Barcelona, dan berujung pada pengembalian Salah di posisi pemain cadangan Liverpool.

Mohamed Salah terkenal sebagai salah satu pemain sepak bola muslim di Eropa. Hal yang menjadikan ciri khas dari setiap pertandingan dan kemenangan gol yang ia ciptakan adalah sujud syukur. Tentu hal ini menjadi salah satu tindakan sebagai seorang muslim atas rasa syukur setelah mencetak gol.

Mohamed Salah sebagai seorang muslim tidak malu atau bahkan menyembunyikan identitas keislamannya tersebut. Meski polemik di negara Eropa khususnya tentang imigran dari Timur Tengah berdampak juga terhadap penolakan muslim di daerah Eropa. Namun, Salah membuktikan bahwa Islam yang dianutnya merupakan Islam yang bersih, tertib, dan rahmat bagi seluruh alam.

Dari adanya radikalisme yang terjadi di Timur Tengah dan merembet hingga ke Eropa, bangsa Eropa pun menaruh kecurigaan dan pandangan buruk terhadap agama Islam dan penganutnya. Kehadiran Mohamed Salah bisa menjadi salah satu pembalik keadaan terhadap kecurigaan Eropa dengan masyarakat Muslim di sana.

Mohamed Salah, Pencetak Gol dan Pembawa Dakwah Islam di Lapangan Hijau

Dakwah Islam di Indonesia banyak diwarnai dengan berbagai macam cara. Namun, beberapa waktu belakangan ini sebagian kelompok Islam berdakwah dengan cara yang tidak mencirikan Islam. Islam sendiri secara lahir merupakan agama yang lembut, rahmatan lil’alamin. Maka cara berdakwah sesuai Islam tentu dilakukan dengan cara yang baik, menyenangkan, dan tidak anarkis hingga menghilangkan nyawa manusia yang berbeda agama.

Untuk memahami bagaimana cara Mohamed Salah berdakwah melalui lapangan hijau dan bagaimana sebenarnya dakwah Islam yang menjadi tradisi dari masyarakat Indonesia. Sobat Cahaya Islam dapat menyimak ulasan di bawah ini:

1.      Dakwah Mohamed Salah

Sebagai seorang Muslim yang tinggal di negara dengan pemikiran negatif terhadap Islam. Salah membuktikan bahwa Islam bukanlah agama mengerikan seperti yang dituduhkan Eropa pada Islam di Timur Tengah dengan banyak teror bom. Selebrasi yang dilakukan Salah setiap dirinya berhasil mencetak gol dalam pertandingan sepak bola membuat fans Liverpool membuat jargon dengan seruan mereka akan masuk Islam.

Dari hal sederhana yang dilakukan Salah dengan sujud syukur setiap habis mencetak gol, membuat Salah tidak merasa malu dan menghilangkan identitas keislamannya. Salah menjadi salah satu atlet sepak bola Eropa yang berdakwah dengan cara sesuai Islam damai. Tertib tanpa memerangi mereka yang bukan golongannya.

2.      Konsep Dakwah Islam

Seperti penjelasan pada poin sebelumnya bahwa dakwah Islam tentu harus dilakukan dengan cara yang baik tanpa menimbulkan madharat bagi yang bukan kelompoknya serta tidak menimbulkan ujaran kebencian maupun hinaan terhadap kelompok lain.

Islam agama yang damai. Maka dari itu terdapat beberapa macam dakwah dalam Islam, sebagai berikut:

  1. Dakwah Fardiah (1 orang ke kelompok terbatas)
  2. Dakwah Ammah (1 orang ke banyak orang)
  3. Dakwah bil Lisan (Melalui lisan)
  4. Dakwah bil Haal (Melalui perbuatan)
  5. Dakwah bit-Tadwin (Melalui tulisan seperti media masa)
  6. Dakwah bil Hikmah (Melalui pendekatan yang arif dan bijaksana)

Anjuran berdakwah juga termaktub dalam ayat berikut:

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung.” (QS. Ali- Imron: 104)

Setelah memahami pola dakwah yang dilakukan Mohamed Salah, kita juga dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari yaitu berdakwah dengan cara yang damai.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY