Pembegalan Seorang Wanita Karena Butuh Uang Mudik, Uang Jadi Penyebab Kejahatan? Begini Pandangan Islam!

0
42
Pembegalan Seorang Wanita 2

Pembegalan seorang wanita – Dua pria di Makassar melakukan aksi pembegalan kepada seorang wanita karena kebutuhan ongkos untuk mudik Lebaran. Aksi nekat ini dipicu karena keduanya ingin pulang kampung namun tidak memiliki biaya. Sehingga kemudian melakukan pencurian dan juga kekerasan. Pelaku pun juga telah diamankan oleh pihak kepolisian setelah adanya laporan. Bahkan kabarnya pelaku telah melakukan aksinya sebanyak tiga kali selama moment Hari Raya Idul Fitri.

Pembegalan Seorang Wanita 2

Aksi pembegalan ini tentu saja cukup meresahkan. Hari Raya Idul Fitri yang seharusnya diisi dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, justru menjadi sumber bagi beberapa oknum untuk melakukan kejahatan. Desakan ekonomi juga seringkali menjadi motif sehingga seseorang nekat untuk berbuat kejahatan. Dalam islam sendiri, tindakan ini tentu saja merupakan penyimpangan dalam ajaran islam dan bahkan dilarang dalam islam. Benarkan uang menjadi penyebab banyaknya tindak kejahatan?

Pembegalan Seorang Wanita Karena Butuh Uang Mudik, Uang Jadi Penyebab Kejahatan? Begini Penjelasannya

Pembegalan Seorang Wanita 1

Pembegalan seorang wanita yang dilakukan oleh dua pria di Makassar dilatar belakangi oleh keinginan mudik namun tidak memiliki cukup ongkos. Tentu saja ini bukan tindakan yang dibenarkan, baik dalam hukum yang berlaku maupun dalam ajaran islam. Uang memang seringkali menjadi penyebab tindak kejahatan yang banyak terjadi di sekitar kita. Apalagi jika seseorang terjerumus dalam kecintaan duniawi, yang mana harta dan uang menjadi sesuatu yang paling dicari. Naudzubillah.

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.

Dalam ayat ini digambarkan bagaimana kehidupan dunia dan segala kesenangannya tidaklah kekal. Sehingga barangsiapa yang mengejar harta dan duniawi, maka yang didapat adalah kesia-siaan. Itu sebabnya, uang dan harta dapat menjadi penyebab lalainya manusia. Alhasil, banyak orang menghalalkan cara hanya untuk mendapatkan harta. Dan inilah kenapa banyaknya kejahatan yang terjadi.

Bagaimana pandangan islam tentang ini, benarkah uang menjadi sumber penyebab kejahatan?

Seperti yang dijelaskan dalam ayat Al Quran sendiri, bahwa segala sesuatu yang bersifat duniawi tidaklah kekal dan sia-sia. Termasuk harta atau uang. Maka dari itu sobat CahayaIslam, mengejar dan terlalu cinta dengan harta hanya akan merugikan diri sendiri. Itu sebabnya, tidak sedikit kejahatan yang terjadi karena hal ini. Dan tentu saja diikuti dengan beberapa alasan ini.

Kurangnya Bersyukur

Alasan tindak kejahatan terjadi, apalagi yang disebabkan karena harta atau uang dipicu oleh rasa kurang bersyukur. Semakin kita tidak bersyukur, maka semakin merasa kurang apapun yang kita miliki. Itu sebabnya, sebagian orang akhirnya berani melakukan tindakan yang nekat untuk memenuhi keinginannya terhadap harta atau uang.

Kurangnya Iman

Alasan lainnya, adalah kurangnya iman. Jika kita membentengi diri dengan keimanan, maka untuk melakukan kejahatan kita akan merasa takut. Takut kepada Allah dan juga dosa yang akan kita terima. Itulah kenapa, pentingnya membentuk iman dan meningkatkan keimanan diri kepada Allah SWT.

Pembegalan seorang wanita – yang dipicu oleh kebutuhan ongkos untuk mudik. Ini merupakan contoh bahwasanya uang dan harta bisa menjadi sebab tindak kejahatan lho sobat CahayaIslam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Hud Ayat 15-16

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY