Pembantaian Cerpelai dan Permintaan Maaf PM Denmark Soal Itu, Bagaimana Hukumnya Membunuh Binatang Dalam Islam?

0
135
Pembantaian Cerpelai dan Pandangan Dalam Islam

Pembantaian Cerpelai – Pemerintahan Denmark sempat mengumumkan pada November awal dimana akan memusnahkan lebih dari 15 juta cerpelai. Hal ini karena adanya versi mutasi virus corona yang baru ditemukan dan dianggap akan membahayakan keefektifan vaksin nantinya. Denmark sendiri merupakan negara pengekspor bulu cerpelai terbesar di dunia. Atas penanganan krisis terkait versi mutasi virus corona baru yang kemudian memicu pemusnahan jutaan cerpelai, Perdana Menteri Mette Frederiksen meminta maaf.

Pembantaian Cerpelai dan Pandangan Dalam Islam

Perdana menteri Denmark ini meminta maaf sambil menangis atas apa yang sudah terjadi. Padahal sebelumnya setelah pengumuman pemusnahan cerpelai ini, pemerintahan sendiri mengakui bahwa tidak memiliki hak hukum untuk melakukannya atau memerintahkan hal tersebut. Jika dikaji dalam pandangan islam pun, membunuh binatang hukumnya bisa haram namun bisa juga diperbolehkan. Namun tentu saja dengan dasar hukum dan alasan yang tepat.

Pembantaian Cerpelai dan Permintaan Maaf PM Denmark Soal Itu, Begini Hukum Membunuh Binatang Dalam Islam

Pembantaian Cerpelai dan Hukum Membunuh Binatang Dalam Islam

Pembantaian cerpelai mencapai 17 juta cerpelai dalam rangka untuk penanganan krisis versi mutasi virus corona baru. Ini mendorong Perdana Menteri Denmark untuk meminta maaf atas yang sudah terjadi. Apalagi pemerintahan Denmark mengakui tidak memiliki hak untuk melakukan tindakan tersebut. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa Allah sudah menyediakan apapun yang dibumi untuk dimanfaatkan oleh manusia. Termasuk adanya binatang.

هُوَ الَّذِي خَلَقَ لَكُمْ مَا فِي الْأَرْضِ جَمِيعًا ثُمَّ اسْتَوَىٰ إِلَى السَّمَاءِ فَسَوَّاهُنَّ سَبْعَ سَمَاوَاتٍ ۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمٌ

Dialah Allah, yang menjadikan segala yang ada di bumi untuk kamu dan Dia berkehendak (menciptakan) langit, lalu dijadikan-Nya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.(1)

Ayat diatas menjelaskan bahwa segala yang ada di bumi adalah diciptakan untuk manusia. Itu artinya manusia bisa mengambil manfaat dari apapun yang ada di bumi. Namun ini bukan berarti manusia bisa seenaknya membunuh atau membantai binatang. Dalam membunuh binatang pun ada hukum dan etikanya lho sobat CahayaIslam. Sehingga jelas alasan untuk diperbolehkan dan tidak diperbolehkan.

Larangan Membunuh Binatang Tanpa Adanya Manfaat Dalam Islam

Pembantaian Cerpelai dan Begini Hukumnya Dalam Islam

Pembantaian terhadap cerpelai ini merupakan salah satu bentuk perbuatan membunuh binatang. Jika dikaji dalam pandangan islam sendiri, membunuh binatang hukumnya bisa diharamkan dan bisa juga diperbolehkan. Itu sebabnya kaum muslimin juga perlu memperhatikan dasar hukum dalam membunuh binatang. Dan meskipun Allah menciptakan apa yang ada di bumi untuk manusia. Namun bukan berarti bisa membunuh binatang sesukanya.

Membunuh binatang diharamkan jika tanpa alasan dan adanya manfaat. Namun jika membunuh binatang dengan adanya manfaat, maka ini diperbolehkan. Seperti ayam, sapi yang mana dibunuh untuk diambil manfaat dagingnya. Sementara itu, jika membunuh binatang tanpa alasan, seperti semata-mara untuk kesenangan saja atau karena membenci binatang tertentu. Itu artinya tidak memberikan manfaat, dan ini tidak diperbolehkan.

Pembantaian cerpelai – yang mencapai hingga 17 juta di Denmark merupakan kejadian yang cukup menyedihkan. Dimana cerpelai yang sehat harus disuntik mati. Hal ini dianggap sebagai proses untuk menghentikan versi mutasi virus corona baru. Demikianlah hukum membunuh binatang menurut islam.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 29

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY