Pelajaran Hidup dari Kisah Adam dan Hawa yang Terusir dari Surga

0
210
kisah adam dan hawa

Kisah adam dan Hawa – Semua berawal dari kesombongan diri. Mata Iblis dibutakan oleh harga dirinya, karena merasa lebih mulia daripada ciptaan Allah dari substansi tanah yang dihembuskan ruh padanya hingga hiduplah dan menjadi sosok manusia pertama bernama Adam.

Iblis merasa lebih tinggi derajatnya karena dia diciptakan oleh-Nya dari unsur api. Api yang dinilainya lebih kuat daripada tanah. Api membakar tanah!- Namun Iblis lupa. Lupa SIAPA yang memerintahkan dirinya untuk bersujud kepada Adam: Allah sang Pencipta.

***

Dendam Iblis dan Ikrar-nya untuk Menyesatkan Manusia! Adam dan Hawa Sebagai Permulaannya

Dengan nada Murka Allah menghardik Iblis yang tidak mengindahkan perintahNya untuk bersujud kepada Sosok Adam yang telah diciptakan oleh-Nya. Diusirlah Iblis keluar dari Surga untuk dijebloskan kedalam api neraka yang penuh kepedihan.

قَالَ فَاهْبِطْ مِنْهَا فَمَا يَكُونُ لَكَ أَنْ تَتَكَبَّرَ فِيهَا فَاخْرُجْ إِنَّكَ مِنَ الصَّاغِرِينَ

قَالَ أَنْظِرْنِي إِلَىٰ يَوْمِ يُبْعَثُونَ

قَالَ إِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ

قَالَ فَبِمَا أَغْوَيْتَنِي لَأَقْعُدَنَّ لَهُمْ صِرَاطَكَ الْمُسْتَقِيمَ

Menyadari Iblis telah melakukan kesalahan Fatal yang tak termaafkan karena telah menolak perintah dari PenciptaNya. Mengakui dirinya telah ditakdirkan tersesat, Iblis meminta pertangguhan waktu yang kemudian diberikan kepada Allah.

Namun hatinya masih memiliki api amarah dan dendam! – Iblis pun berikrar: Sungguh dalam waktu tangguhan yang Allah telah berikan itu… dia bersumpah akan menjadi sosok yang selalu menghalang – halangi Adam dan anak cucunya dan menyesatkan mereka jauh dari jalan yang diridhoi oleh Allah. [1]

***

Hingga singkat cerita, Adam dan Hawa melanggar pantangan dari Allah karena tipu daya iblis. Mereka pun diusir pula oleh Allah dari surga untuk turun ke dunia.

Dan iblis? masih setia dengan Sumpahnya!

Apa yang bisa kita reguk hikmahnya dari kisah Adam dan Hawa yang diusir dari Surga? 

Tentu sobat cahayaislam semuanya, sebagai orang islam yang beriman kepada Allah, termasuk pula pada Al Quran beserta kisah kisah Nabi yang diceritakan di dalamnya kita harus bisa meresapi hikmah dari kisah nabi pertama ini.

Lalu hikmah semacam apakah yang bisa kita ambil? Versi tim Cahayaislam ada beberapa sih:

Menjadi Pribadi yang bisa Menahan Diri lebih baik lagi

 

Menjauhi godaan Dosa, meskipun hal itu datang dari orang tercinta

 

Lebih Aware dengan lingkungan sekitar kita

 

Tidak menyuburkan keangkuhan dan Dendam, Pilih jalan win – win Solution

 

***

Nah setidaknya 4 hal itu sih yang bisa kami jadikan hikmah dari kisah Adam dan Hawa serta sengketanya dengan Iblis yang membuat kedua belah pihak sama sama menderita pada akhirnya. Kalo misalnya sobat cahayaislam punya hikmah dan esensi lain yang bisa diambil dari kisah itu, boleh kok bagi bagi pemikirannya juga di kolom komentar.


Catatan Kaki:

[1] Q.S. Al-A’araf (7) ayat 13-16

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!