Baru Saja Tayang, Ini Pelajaran Film Ant-Man

0
408

Pelajaran film Ant-Man – Baru beberapa hari ini Marvel studio kembali merilis sebuah film yang berhasil membuat banyak orang tertarik. Film bergenre petualangan yang menyimpan daya tarik tersendiri dan memiliki pelajaran di dalamnya. Dari pelajaran film Ant-Man ini kita bisa memetik beberapa pesan untuk kehidupan kita.

Film yang berjudul asli Ant-Man and the Wasp: Quantumania ini sudah mulai digemari oleh banyak orang. Film Ant-Man ini pertama kali tayang di bioskop pada 15 Februari lalu. Sama seperti film-film keluaran Marvel sebelumnya, film ini pun menjadi tranding di beberapa sosial media.  

Marvel sendiri selalu mengeluarkan film yang keren dengan genre petualangan yang tidak membosankan. Menyajikan tontonan yang tidak hanya disukai oleh anak-anak, membuat Marvel selalu berhasil menarik penontonnya.

Film yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang terlempar dan masuk ke dalam Quantum Realm. Di sana mereka harus berhadapan dengan Kang, orang yang ingin menguasai dunia tersebut.

Pelajaran Film Ant-Man

Film yang akan menjadi pembuka fase kelima MCU (Marvel Cinematic Universe) ternyata memiliki pelajaran yang berharga di dalamnya. Beberapa pelajaran yang paling menonjol dan kita bisa mengamalkannya dalam kehidupan kita.

1.      Apa yang Kita Kira Baik, Belum Tentu Baik

Pada awal kisah ini memperlihatkan Cassie yang menunjukkan penemuan barunya. Cassie yang sangat tertarik dengan sains dan teknologi membuat sebuah alat yang berupa satelit. Dirinya memperkirakan alat tersebut akan sangat berguna untuk keluarganya.

Namun, pada saat ia mengaktifkan alat tersebut, alat itu malah menyedotnya dan membawa mereka sekeluarga ke dunia asing.

Sobat Cahaya Islam, pelajaran film Ant-Man ini menunjukkan jika apa yang menurut kita baik, belum tentu sebenarnya baik. Ada kalanya ketika kita merasa hal itu baik, tetapi ternyata hal itu buruk untuk kita. Katakanlah ini sebagai kehidupan kita. Sering kali kita merasa kehidupan kita buruk, tanpa kita ketahui bahwa itulah yang terbaik untuk kita.

كُتِبَ عَلَيْكُمُ الْقِتَالُ وَهُوَ كُرْهٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تَكْرَهُوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ ۚ وَعَسٰٓى اَنْ تُحِبُّوْا شَيْـًٔا وَّهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ ۗ وَاللّٰهُ يَعْلَمُ وَاَنْتُمْ لَا تَعْلَمُوْنَ

“Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al-Baqarah: 216)

2.      Kehidupan Tak Selamanya Berjalan Lancar

Film ini menunjukkan kehidupan yang bahagia dari keluarga super hero Scott Lang (Paul Rudd) dan Hope Van Dyne (Evangeline Lilly). Kisah hidup mereka sama seperti umumnya. Mereka menjalani kehidupan mereka dengan tenang dan bahagia.

Sampai ada sebuah masalah datang dan menyeret mereka lebih dalam lagi dalam masalah itu. Hal ini cukup membuktikan kalau tidak selamanya perjalan hidup akan mulus begitu saja. Adanya cobaan yang diberikan bukan untuk menjatuhkan kita, melainkan untuk membuat kita lebih kuat lagi.

Wajar dalam kehidupan ini kita mendapati masalah, itu yang menandakan kita sebagai manusia. Bahkan pada Nabi pun mendapati masalah dalam hidupnya, mereka hanya terus berusaha untuk menyelesaikan masalah itu. Kita pun harus seperti itu, pantang menyerah.

Dalam firman-Nya Allah menjelaskan tentang cobaan yang datang atas izinnya.

مَآ اَصَابَ مِنْ مُّصِيْبَةٍ اِلَّا بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَمَنْ يُّؤْمِنْۢ بِاللّٰهِ يَهْدِ قَلْبَهٗ ۗوَاللّٰهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

“Tidak ada sesuatu musibah yang menimpa (seseorang), kecuali dengan izin Allah; dan barangsiapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” (QS. At-Taghabun:11)

3.      Ikuti Ucapan Orang Tua

Pada adegan saat Cassie mengaktifkan alat tersebut, neneknya, Janet Van Dyne sudah memperingati agar Cassie mematikan alat tersebut. Sebelumnya Cassie meminta penjelasan pada neneknya tentang mengapa ia harus mematikan alat tersebut. Namun, belum sempat neneknya menjelaskan, mereka sudah lebih dulu tertarik ke dunia lain.

Dari adegan ini memberikan pelajaran bahwa kita sebaiknya menurut dengan orang tua, mereka yang sudah lebih berpengalaman dari kita. Mereka sudah menjalani kehidupan yang lebih dari kita, jadi tidak ada salahnya jika kita langsung menuruti perintahnya.

Itulah pelajaran film Ant-Man yang bisa menyadarkan kita akan beberapa hal yang seringkali kita lupakan. Semoga dengan adanya film ini dapat memberikan banyak pelajaran untuk Sobat Cahaya Islam semua.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY