Pahlawan Nasional Ini Ternyata juga Ulama, Siapa Saja Mereka?

0
138

Pahlawan Nasional – Orang yang memiliki jasa terhadap negara baik dengan mengangkat senjata melawan penjajah, maupun ikut berpartisipasi mewujudkan tujuan negara sebagaimana dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

Adapun tujuan negara, melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Jadi, bisa dikatakan bahwa pahlawan nasional adalah tokoh yang bisa menjadi sosok yang terjun dengan profesinya dan caranya masing-masing demi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Sobat Cahaya Islam, Islam menganjurkan umatnya untuk bisa ikut berkontribusi dalam beberapa bidang, termasuk untuk kepentingan negara. Sebagaimana dalam Al-Qur’an surah At-Taubah ayat 41 seperti di bawah ini.

انفِرُوا۟ خِفَافًا وَثِقَالًا وَجٰهِدُوا۟ بِأَمْوٰلِكُمْ وَأَنفُسِكُمْ فِى سَبِيلِ اللَّهِ ۚ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ ﴿التوبة:٤١﴾

Berangkatlah kamu baik dalam keadaan merasa ringan maupun berat, dan berjihadlah kamu dengan harta dan dirimu di jalan Allah. Yang demikian itu adalah lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. (QS. At-Taubah: 41)

Berdasarkan ayat di atas jelas, bahwa berjuang untuk kepentingan negara seperti halnya yang dilakukan para pahlawan sangat dianjurkan. Bahkan membela negara itu tergolong sebagai kewajiban setiap warga negara, merujuk pada cinta tanah air adalah sebagian dari iman.

Ada banyak tokoh yang bisa muslim teladani dengan kiprahnya sebagai pahlawan dengan tetap menjaga posisinya sebagai umat Islam dengan menyandang predikat seorang ulama, dialah ulama tersebut? Mari lanjut kita bahas bersama!

Pahlawan Nasional dari Kalangan Ulama

Pahlawan yang merupakan bagian dari ulama di Indonesia sendiri, banyak yang dapat kita temui. Hanya saja yang akan dibahas sebagian saja, di antaranya.

  1. Ki Hajar Dewantara

Siapa yang tidak kenal dengan sosok satu ini, Ki Hajar Dewantara tokoh pencerdasan bangsa. Lewat kiprahnya di dunia pendidikan, sehingga dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Indonesia.

Ini jarang yang orang tahu, bila sapaan Ki pada Ki Hajar Dewantara, sebenarnya bermaksud sebagai kyai, tokoh yang mumpuni di bidang agama Islam.

  1. Pangeran Diponegoro

Pangeran Diponegoro adalah keturunan dari keluarga berdarah biru (bangsawan) yang juga ulama. Beliau dikenal dengan taktiknya dalam melawan penjajah Belanda yang bernama taktik Gerilya. Keberaniannya dalam berjuang patut kita teladani.

  1. Idham Chalid

Pahlawan satu ini, memang tidak begitu terkenal di kalangan anak muda. Tetapi, foto beliau sering dan mudah kita temui di yang kertas 5.000-an. Beliau merupakan politikus yang memiliki banyak pengaruh dan pernah menjabat posisi penting di dalam negara.

Idham Chalid, pernah menjadi wakil perdana menteri di kabinet Djuanda. Tidak sebatas itu, beliau juga pernah menduduki sebagai ketua umum PBNU (organisasi keislaman) yang menampakkan bila benar-benar beliau pahlawan dan juga ulama.

  1. Ahmad Dahlan

Masyarakat muslim Indonesia tentu tidak asing lagi dengan KH. Ahmad Dahlan, pendiri Muhammadiyah ini memiliki peran yang besar bagi negara. Jelasnya dalam bidang pendidikan yang berbasis agama Islam di wilayah perkotaan.

  1. KH Hasyim Asy’ari.

Sama-sama satu guru dengan KH. Ahmad Dahlan, KH. Asy’ari yang merupakan pendiri Nahdhatul Ulama (NU) lewat pesantren beliau memperjuangkan kemerdekaan, banyak penjajah dibuatnya bingung menghadapi beliau.

Bagi orang Islam yang ingin melihat perjalanan KH. Hasyim Asy’ari melalui menonton film yang berjudul Sang Kyai atau membaca novel biografi Hadratusy Syekh KH. Hasyim Asy’ari Sang Penakluk Badai karya Aguk Irawan.

Sobat Cahaya Islam, semoga kita dapat mengikuti jejak pahlawan nasional yang, dengan meneladani sikap-sikapnya yang membela kepentingan negara. Semoga pula, pahlawan-pahlawan mendapatkan balasan atas kebaikannya di sisi Allah SWT. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY