Lirik Lagu Gugur Bunga untuk Mengenang Pahlawan, Ini Kedudukan Pahlawan Menurut Islam

0
144

Lirik Lagu Gugur Bunga – Lirik lagu Gugur Bunga Seringkali didengarkan saat memperingati Hari Pahlawan setiap tanggal 10 November. Lirik yang menyentuh hati ini diciptakan oleh komponis legendaris Indonesia, yakni Islmail Marzuki.

Lirik lagu ini dimaknai dengan kepiluan karena bangsa Indonesia telah kehilangan pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaannya. Lagu ciptaan Ismail Marzuki ini diciptakan pada tahun 1945 setelah kemerdekaan Negara Indonesia.

Lagu ini juga diciptakan untuk menghormati para pejuang bangsa yang gugur saat revolusi fisik atau perang untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia yang berlangsung setelah 17 Agustus 1945 sampai penyerahan kedaulatan pada tahun 1949 akhir.

Sobat Cahaya Islam, Islam memandang pahlwan yang gugur di medan perang adalah seseorang yang istimewa. Hal itu dijelaskan dalam ayat Alquran, sebagai berikut ini.

Lirik Lagu Gugur Bunga Untuk Mengenang Pahlawan Bangsa, Ternyata Sudah Tercantum di Al Quran

Sobat Cahaya Islam, dalam Al Quran dijelaskan bahwa pahlwan yang membela bangsanya hingga tewas, adalah orang yang istimewa di mata Allah. Orang tersebut dianggap sebagai mati syahid, atau mati di jalan Allah. Hal ini tercantum dalam Surat Ali-Imran, yang berbunyi:

تَحْسَبَنَّ ٱلَّذِينَ قُتِلُوا۟ فِى سَبِيلِ ٱللَّهِ أَمْوَٰتًۢا ۚ بَلْ أَحْيَآءٌ عِندَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ لَا

Arti: Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup disisi Tuhannya dengan mendapat rezeki. (QS Ali-Imran:169).

Ayat di atas bermakna bahwa seorang muslim yang berjuang untuk bangsanya dengan membela kebenaran dan hak-haknya, menegakan agama dan terbunuh maka orang tersebut meningal fi sabilillah atau mati syahid. Bahkan mati dalam keadaan syahid dijadikan sebagai cita-cita umat muslim.

Inilah Cara Menghargai Jasa Pahlawan

Pahlawan adalah orang yang berjasa bagi bangsa Indonesia. Tanpa mereka kita tidak bisa menikmati kehidupan bangsa Indonesia saat ini.

Maka dari itu sudah sepatutnya kita mengenang dan menghormati jasa-jasa yang pernah dilakukan para pahlawan bangsa kita. Berikut ini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengenang para pahlawan tanah air:

1. Ikut Berpartisipasi di Hari Kemerdekaan

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengingat jasa pahlawan bangsa. Contoh yang paling sering dilakukan ada ikut serta dalam kegiatan hari kemerdekaan yang biasanya diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Peringatan ini sudah tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia. Contohnya saja kita mengikuti upacara penaikan dan penurunan bendera, atau menghias derah tempat tinggal kita dengan pernak-pernik bendera merah putih sebagai bendera kebanggaan bangsa Indonesia.

2. Mengulas Sejarah Perjuangan Pahlawan

Sebagai bangsa yang baik terlebih lagi generasi muda saat ini, sudah sepatutnya kita memahami sejarah perjuangan para pahlawan tanah air terdahulu. Pentingnya belajar sejarag perjuangan pahlawan adalah kita bisa lebih menghargai perbedaan dan lingkungan, contohnya tidak membuang sampah sembarangan agar negara ini bersih dan menghargai sesama masyarakat Indonesia meski beda suku, budaya dan bahasa.

3. Melestarikan Peninggalan Sejarah

Di Indonesia peninggalan sejarah pahlawan biasanya disimpan di meseum-museum. Atau juga tempat-tempat bersejarah yang hingga saat ini masih ada.

Penting bagi kita untuk merawat peninggalan sejarah tersebut. Hal itu dimaksudkan agar kelak anak cucu kita tahu bagaimana perjuangan para pahlawan bangsanya.

4. Mengamalkan Isi Pancasila

Pancasila adalah pedoman bagi bangsa Indonesia. Sudah semestinya sebagai masyarakat Indonesia kita mengamalkan nilai-nilainya.

Salah satu contoh yang paling mudah ialah menghormati antar umat beragama sebagaimana yang tercantum dalam sila ke 1 yakni Ketuhanan yang Maha Esa.

5. Menaati Peraturan

Menaati peraturan memang seringkali menjadi hal yang sulit bagi masyarakat Indonesia meski negara Indonesia sendiri merupakan negara hukum. Namun jika kita tidak menaati peraturang yang ada maka kita secara tidak langsun tidak menghargai jerih payah pahlawan kita yang mati-matian membela banga Indonesia.

Untuk itu kita harus mentaati peraturan yang ada. Contohnya tidak membuang sampah sembarangan, tidak terjerumus dalam jurang narkoba atau pun merusak lingkungan.

Demikianlah beberapa cara untuk menghormati para pahlawan bangsa. Seperti lirik lagu Gugur Bunga yang dimaknai untuk menghormati para pahlawan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY