Orang Mabuk Ricuh di Rumah Duka Wagub Papua, Ini Akibat Mabuk-Mabukan Menurut Islam

0
72
Orang Mabuk Ricuh 2

Orang mabuk ricuh – Rumah duka Wakil Gubernur Papua di Jayapura beberapa waktu lalu memanas. Hal ini dikarenakan beberapa massa yang berduka serta bertahan di lokasi diketahui dalam keadaan mabuk. Sehingga akibatnya, terjadi ricuh dan keributan yang membuat aparat keamanan yang ada di lokasi melepaskan tembakan. Ini dilakukan untuk menenangkan massa. Dan kabarnya keributan tersebut karena persoalan pembagian kelompok. Tentu saja ini sangat disayangkan, apalagi keluarga tengah berduka.

Orang Mabuk Ricuh 2

Setelah berhasil menyelesaikan keributan, pihak Kapolda mengatakan kepada pihak keluarga akan menindak tegas masyarakat yang mabuk dan berpotensi mengacaukan situasi. Dalam hal ini, mabuk-mabukan adalah tindakan yang tidak dibenarkan. Apalagi jika dalam islam sendiri alkohol adalah jenis minuman yang diharamkan. Ini dikarenakan memiliki efek memabukkan yang bisa menghilangkan kesadaran dari peminumnya. Dan tentu saja, mabuk hanya akan menyebabkan kerugian diri sendiri lho.

Orang Mabuk Ricuh di Rumah Duka Wagub Papua, Ini Akibat Mabuk-Mabukan Menurut Islam

Orang Mabuk Ricuh 1

Orang mabuk ricuh di rumah duka Wagub Papua. Sehingga kemudian pihak keamanan harus melepaskan tembakan sebagai peringatan. Sobat CahayaIslam, mabuk adalah tindakan yang tidak dibenarkan. Bahkan ini sangat dilarang dalam islam. Dalam ajaran islam juga dikatakan bahwasanya barangsiapa mabuk atau minum minuman berakohol. Maka dalam 40 hari ibadahnya tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”. Dan mereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: “Yang lebih dari keperluan”. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir,

Dalam ayat ini jelas ditegaskan bahwasanya meminum minuman berakohol atau memabukkan merupakan dosa besar. Hal ini juga dilarang dalam ajaran islam. Apalagi mudharat dari minum minuman keras ini lebih besar dibandingkan manfaatnya. Itu sebabnya, kaum muslimin dilarang untuk meminum segala minuman yang bisa memabukkan. Lalu apa akibat mabuk-mabukan menurut pandangan islam?

Orang Mabuk Ricuh 3

Tidak Bisa Mengerjakan Ibadah

Tidak bisa beribadah adalah salah satu akibat dari mabuk-mabukan atau meminum minuman keras. Saat mabuk, seseorang tidak memiliki cukup kesadaran. Sehingga tentu saja tidak bisa mengerjakan ibadah seperti shalat dengan baik. Dan lagi dalam ayat Al Quran juga dikatakan bahwasanya Allah melarang kaum muslimin shalat dalam keadaan mabuk.

Dilaknat Oleh Allah SWT

Akibat mabuk-mabukan adalah mendapatkan laknat dari Allah SWT. Dalam sebuah hadist dituliskan bahwasanya Allah mengutuk peminum khamr atau minuman keras dan juga orang yang menjualnya. Jadi, siapapun yang ikut dalam penjualan, pembelian minuman keras maka Allah akan melaknatnya. Naudzubillah.

Mendapatkan Banyak Kerugian

Minum minuman keras atau mabuk tentu saja mendatangkan kerugian. Bukan hanya berupa dosa besar ataupun hukuman dari Allah. Namun ada banyak kerugian yang akan diterima di dunia. Seperti memicu kejahatan atau tindak kriminal, keributan dan lain sebagainya.

Orang mabuk ricuh – di rumah duka Wagub Papua menjadi contoh betapa minum minuman keras tidaklah mendatangkan manfaat. Justru menyebabkan banyaknya mudharat. Itulah kenapa sobat CahayaIslam, ajaran islam melarang kaum muslimin mengkonsumsi khamr atau minuman keras.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 219

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY