Olahraga yang Dianjurkan Oleh Rasulullah Apa Saja?

0
37

Olahraga – Aktivitas yang tidak boleh luput perlu dilakukan oleh setiap manusia. Ingat pepatah Mens sana in corpore sano, yang artinya di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat.  Jiwa yang sehat akan terbentuk bila tubuh sehat. Jiwa dan raga dua hal yang perlu dijaga.

Memiliki raga dengan segudang manfaat, sebagai umat Islam harus bisa merawat, sebuah bentuk mensyukuri nikmat, Allah SWT menjanjikan barang siapa yang mensyukuri nikmat yang diberikan, maka Allah SWT akan menambah nikmatnya. Begitu pula orang yang kufur nikmat maka baginya siksa yang pedih.

Selain itu, perihal mensyukuri nikmat juga dijelaskan berulang-ulang dalam surah Ar-Rahman yang intinya nikmat mana yang kau dustakan. Adapun salah satu cara untuk mensyukuri nikmat yakni dengan berolahraga, melalui perantara itu kesehatan akan terjaga.

Jika badan sehat raga kuat, beribadah pun jadi semangat lain dengan orang yang sakit untuk beranjak dari tempat tidur saja kewalahan, apalagi beranjak wudhu untuk menegakkan sholat tentu kesulitan.

Sobat Cahaya Islam, masih ingat dengan tujuan manusia diciptakan oleh Allah SWT di muka bumi ini? Menyembah, mengabdi kepada Allah SWT. Untuk memperlancar kita dalam beribadah, olahraga sembari dengan niat ibadah. Satu dayung dua pulau terlampaui, tubuh sehat dan pahala pun terkumpul. Enakkan?

Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah

Rasulullah suri tauladan tidak hanya mengajarkan umatnya perihal ibadah saja. Banyak aktivitas-aktivitas yang dapat kita telaah dan teladani dari beliau, termasuk pola hidup beliau yang menjaga kesehatan dengan beberapa aktivitas yang beliau lakukan.

  1. Berenang

Aktivitas fisik yang dilakukan di air ini, dipercayai mampu mendukung kesehatan jantung, pernafasan dan juga kekuatan otot. Badan kuat membuat kegiatan lain bisa dijalankan termasuk ibadah sholat.

  1. Memanah

Di antara banyak aktivitas yang dapat membantu meningkatkan daya konsentrasi terhadap titik pusat yakni memanah. Untuk mampu mengarahkan anak panah sesuai sasaran butuh fokus. Kalau dalam rangkaian ibadah, bisa diaplikasikan dengan istilah khusuk beribadah.

Memanah dianjurkan oleh rasulullah sebagaimana dalam hadis berikut ini

  سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى الْمِنْبَرِ يَقُولُوَأَعِدُّوا لَهُمْ مَا اسْتَطَعْتُمْ مِنْ قُوَّةٍأَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ أَلَا إِنَّ الْقُوَّةَ الرَّمْيُ.

Artinya: Rasulullah SAW berada di atas mimbar berkata: “Dan siapkanlah untuk menghadapi mereka kekuatan apa saja yang kamu sanggupi. Ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah, bahwa kekuatan itu adalah memanah, ketahuilah bahwa kekuatan itu adalah memanah!” (HR Muslim nomor 1917)

  1. Berkuda

SiapaSiapa yang suka berkuda? Jika iya, beruntung kalian juga menjalankan sunah nabi sekaligus. Berkuda dapat bermanfaat untuk melatih fisik dan mental. Melatih mental di sini yakni dengan cara mengendalikan kuda.

  1. Berlari

Peredaran darah yang kurang lancar, jelas mengganggu aktivitas pekerjaan. Untuk memperlancar peredaran darah kalian dapat berlari, aktivitas yang simpel, murah meriah, dan tidak membutuhkan waktu khusus serta dapat dilakukan di mana saja.

  1. Gulat

Yang dimaksud gulat di sini bukan perkelahian yang berasal dari permusuhan. Tapi gulat  seperti taekwondo, pencak silat, maupun bela diri. Mempunyai kemampuan bila diri itu perlu untuk membela kebaikan menumpas kejahatan.

Bisa bermanfaat untuk orang lain yang membutuhkan perlindungan, setidaknya untuk menjaga diri. Tapi ingat bila sudah memiliki kemampuan gulat, jangan sekali-kali dipergunakan untuk tindakan yang salah.

Lima olahraga yang dianjurkan di atas hanya sebagian dari banyak yang dapat sobat Cahaya Islam lakukan. Cinta raga bentuk cinta kepada Sang Kuasa karena menjaga bagian dari apa yang dipercayakan.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!