New Normal Diberlakukan, 5 Tips Sukses Dakwah Online

0
91

New Normal – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung berakhir, khususnya di Indonesia membuat pemerintah putus asa. Presiden Jokowi yang sebelumnya mengajak untuk berperang melawan virus corona, sekarang mengajak berdamai dengan corona.

Damai dengan virus corona artinya kita tetap hidup dan melakukan aktivitas seperti biasa meskipun wabah corona masih ada. Nantinya tetap ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Melihat situasi penyebaran covid-19 di Indonesia masih tinggi.

New Normal Diterapkan Di Indonesia

New normal adalah sebuah tatanan kehidupan baru. Kita akan menjalani aktivitas kehidupan yang berbeda dengan hari-hari sebelum covid-19 muncul. Tatanan kehidupan baru akan terus diberlakukan dengan ketat selama vaksin belum ditemukan.

Kasus positif virus Corona di Indonesia semakin hari semakij meningkat. Belum ada tanda-tanda menunjukkan penurunan. Banyak yang mengkritik, bahwa new normal memperbesar jumlah orang yang terjangkit corona.

Penerapan new normal sebenarnya adalah langkah pemerintah untuk membentuk herd immunity. Herd immunity atau kekebalan kelompok adalah suatu upaya untuk mendapat imunitas kelompok terhadap virus corona secara alami. Akibat buruknya, akan banyak orang yang tidak kebal virus akan mati, sedangkan yang kebal akan tetap hidup.

Tips Sukses Dakwah Online

Ditengah pandemi covid-19 yang belum berakhir, dakwah tetap harus dilakukan, apapun caranya. Sebagai umat Islam, berdakwah agama adalah jalan yang mulia.

Sekarang banyak ulama berdakwah secara online, menghingat kondisi yang tidak memungkinkan untuk mengadakan pengajian dalam massa yang besar. Sobat Cahaya Islam harus tahu tips-tips agar sukses berdakwah. Bagaimana dakwah yang sukses secara online?

1. Luruskan Niat

Sebelum berdakwah, pastikan bahwa tujuan berdakwah adalah untuk menyebarkan ilmu agama dan mendapatkan ridho Allah. Dakwah bukan jalan untuk meraup harta dan materi. Jadi penting untuk meluruskan niat sebelum berdakwah. Langkah pertama untuk dakwah sukses di internet yaitu memiliki niat dan iktikad yang baik.

2. Rumuskan Visi dan Misi

Sangat penting untuk merumuskan visi-misi dakwah online di kehidupan new normal yang akan datang. Berdakwah merupakan jalan yang mulia sebab mengajak orang-orang untuk menjemput hidayah dari Allah.

“Kalian adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah.” (QS: Ali Imron 110)

Siapapun yang membawa misi berdakwah untuk menunjukkan kebenaran Islam, maka Allah akan memberikannya pahala yang besar serta derajat kemuliaan yang tinggi. Isi daripada visi dan misi dakwah adalah mengajak umat untuk selalu berbuat kebaikan, menegakkan kebenaran dan mencegah perbuatan munkar.

3. Dakwahkan Keagungan Nilai-nilai Islam

Islam adalah agama yang haq atau benar. Islam bukan hanya memberi rahmat bagi umatnya saja. Tetapi Islam juga membawa rahmat dan kabar gembira bagi semua yang ada di alam semesta ini. Islam adalah suatu bentuk rahmat dan kasih sayang Allah kepada semua makhluk-Nya. Sudah menjadi kewajiban setiap diri muslim untuk membawa kabar gembira dari Allah. Dalam berdakwah sampaikan keagungan nilai-nilai Islam.

4. Pilih Pembimbing yang Alim

Jangan lupa untuk memeprhatikan konten dakwah. Pilihlah konten dakwah yang berkualitas dan sesuai dengan keadaan saat. Pilih pembimbing yang memiliki kedalaman ilmu untuk membuat konten dakwah. Dengan memilih pembimbing yang alim, maka kontroversi dapat dihindari.

5. Pilih Isi Dakwah Sesuai dengan Kondisi Masa Kini

Konten dakwah yang baik adalah yang mampu menjadi jawaban dari masalah sekarang ini. Dengan begitu masyarakat bisa menemukan solusi dari isi dakwah.

Jadi itulah 5 tips sukses dakwah online. Sobat Cahaya Islam tetap harus tetap menyampaikan dahwah meskipun hanya 1 ayat atau satu hadist. Semoga Allah memberi pahala dan kemuliaan untuk kita semua.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY