Nerve: Film Pecandu Game Online, Islam Berikan 4 Tips Ampuh Tidak Kecanduan Game

0
42

Nerve – Sebuah film yang mengisahkan tentang perjalanan pemain game online bernama Vee dan Sidney. Game yang dimainkan oleh Vee ini merupakan game online realitas yang sedang populer. Permainan ini melibatkan ‘watchers’ dan ‘players’.  Para pemain diberi keberanian untuk melakukan pertukaran dengan uang, sementara para pengamat membayar untuk menyaksikan semua terjadi.

Nerve, Sebuah Film Tentang Pecandu Game Online

Permainan game yang dikenal dengan sebutan “Nerve” seperti halnya nama film yang disutradarai oleh Henry Joost dan Ariel Schulman dalam penggarapannya. Ternyata membahayakan, di mana Sidney pemain sampai merasa tertantang. Hingga Vee melaporkan kepada pihak Tommy (Miles Heizer) temannya yang merupakan seorang hacker untuk menghentikan permainan game online itu.

Akhirnya, dengan bantuan dari Tommy, Vee dan Sidney dapat menghentikan para watcher dan player Nerve untuk meninggalkan permainan berbahaya tersebut. Kecanduan pun usai.

Sobat Cahaya Islam, kecanduan game  seperti dalam film Nerve sudah bukan lagi hal yang asing kita dengar, banyak anak-anak Indonesia yang lebih betah duduk menatap layar demi memuaskan bermain game online dibandingkan mengaji. Mau dibawa kemana nantinya generasi muda bila pikirannya hanya terisi game, game, dan game.

Islam menyarankan untuk bijak dalam bertindak  termasuk dalam mengelola waktu. Bermain game yang menyita waktu sekaligus uang bisa segera di tepis. Ada beberapa tips buat sobat tentang sikap yang harus diambil agar tidak kecanduan game online.

4 Tips Agar Tidak Kecanduan Game Online

Tips atau trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi kecanduan game online antara lain:

  1. Niat untuk Berubah

Niat itu penting, ya niat adalah hal yang tidak pernah lepas dari semua tindakan. Bila ingin terhindar dari kecanduan bermain game online, luruskan niat yakin benar-benar ingin berubah. Berubah ke jalan yang lebih baik, ingat Allah SWT lebih tahu tentang niat yang terselubung dalam hati tiap manusia.

  1. Tekad yang Kuat dan Istiqamah

Apabila niat untuk berubah sudah tertanam, ambillah tindakan dan nikmati proses bagi yang sudah terlanjur masuk perangkap kecanduan game online perlahan tidak masalah yang penting istiqamah dan jangan menyerah. Jika di tengah jalan masih juga tergoda untuk tergila-gila dengan game online tanpa pandang waktu, ingatlah bila kalian ingin berubah.

Allah SWT tidak akan mengubah nasibnya suatu kaum tertentu, sampai kaum tersebut mengubahnya sendiri. Kalian masih ingin berubah? Lihatlah ayat Al-Qur’an berikut ini, agar lebih mantap niat dan usahanya.

اِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْ

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri,” (QS. Ar-Ra’d:11).

  1. Bagi Waktu Sebaik Mungkin

Waktu, waktu, waktu sudah bertumpuk wejangan (nasihat) agar menghargai waktu dengan membaginya sebaik mungkin. Waktu adalah hal yang tidak akan kembali meski sedetik pun. Manusia yang baik, memanfaatkan waktu sebaik mungkin, dan menghindarkan dari sifat menyia-nyiakan waktu.

Kebanyakan orang meremehkan waktu dengan bermaksud menunda pekerjaan dengan kata-kata “nanti dulu, sebentar, nanggung sekalian.” Sobat Cahaya Islam padahal menunda pekerjaan hanyalah menumpuk penderitaan dengan masalah.

  1. Alihkan Bermain Game Online dengan Hal yang Bermanfaat

Bermain game online bila dihitung-hitung nilai kebermanfaatan masih banyak madharatnya (kerugian). Oleh karena itu, alihkan bermain game online dengan kegiatan yang lebih bermanfaat seperti mengerjakan tugas, menyalurkan hobi, dan membantu orang tua.

Empat tips di atas dapat membantu mengatasi agar tidak kecanduan game online. Sebaik apapun tips itu, bila tidak dijalankan apa artinya. Yuk mulai dari sekarang sebelum terlambat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!