Kembangkan UMKM, Ketahui Pentingnya Sektor Ekonomi dalam Islam

0
43

Kembangkan UMKM – Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjamur di Indonesia. Hal ini dikarenakan usaha UMKM mampu meningkatkan perekonomian masyarakat. Bahkan memberikan keberagaman warna sektor usaha dibandingkan dengan perusahaan besar.

Tidak khayal jika pemerintah di masa pandemi ini memberikan bantuan kepada masyarakat yang kembangkan UMKM, mengetahui di mana penyebab virus Corona berdampak pada menurunnya pendapatan pengelola usaha.

Sobat Cahaya Islam, UMKM adalah bentuk usaha di bidang perekonomian yang mana bidang ini menentukan suatu negara tergolong sebagai negara maju maupun berkembang. Negara maju tentu dalam hal perekonomian telah matang.

Melihat kontribusi UMKM yang penting sebagai sektor ekonomi. Kemudian, bagaimana pentingnya sektor ekonomi dalam Islam sendiri yang menjadi agama mayoritas di Indonesia?

Kembangkan UMKM Salah Satu Sektor Ekonomi, Pentingnya Sektor Ekonomi dalam Islam

Ekonomi menjadi bidang yang penting dalam kehidupan. Sektor ekonomi sendiri sebagai jembatan memperoleh penghasilan. Dalam Islam sektor ekonomi ibarat wudhu yang penting untuk dilakukan umat Islam ketika akan mengerjakan sholat.

Itu baru secara sederhana kenapa sektor ekonomi itu penting dalam Islam. Berikut penjelasannya lebih lanjut pentingnya sektor ekonomi.

Alasan Pentingnya Sektor Ekonomi

  1. Usaha Memperoleh Uang

Umat Islam pasti membutuhkan sederet kebutuhan baik primer, sekunder, atau bahkan tersier. Melalui sektor ekonomi bisa memperoleh uang, yang bisa dibelanjakan demi mendukung kelangsungan hidup termasuk juga sebagai sarana menjalankan ibadah.

  1. Sebagai Wadah Berkreasi

Setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan bila tidak diasah dan dikembangkan dengan berkreasi sangat disayangkan. Sebuah wadah mengembangkan potensi atau kelebihan dengan membuka sektor ekonomi yang mendukung dengan kemampuan.

Mengembangkan kemampuan lewat sektor ekonomi merupakan bentuk rasa syukur atas nikmat yang Allah SWT berikan sebagai bentuk kepercayaan-Nya.

 

  1. Menjadikan Umat yang Mandiri

Mandiri berarti tidak ketergantungan dengan orang lain, Islam mengajarkan lewat Nabi Muhammad SAW yang sedari kecil sudah mandiri dengan belajar berdagang bersama pamannya Abu Tholib.

Sederhananya, mandiri memupuk diri untuk berbuat. Ingat kalau bukan kita yang berbuat siapa lagi? Bukannya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum kecuali kaum itu sendiri yang mengubahnya.

لَهُ مُعَقِّبَاتٌ مِنْ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهِ يَحْفَظُونَهُ مِنْ أَمْرِ اللهِ إِنَّ اللهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُوا مَا بِأَنْفُسِهِمْ وَإِذَا أَرَادَ اللهُ بِقَوْمٍ سُوءًا فَلَا مَرَدَّ لَهُ وَمَا لَهُمْ مِنْ دُونِهِ مِنْ وَالٍ

Artinya: “Bagi manusia ada malaikat-malaikat yang selalu mengikutinya bergiliran, di muka dan di belakangnya, mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak mengubah keadaan sesuatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap sesuatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya; dan sekali-kali tak ada pelindung bagi mereka selain Dia” (QS Ar-Ra’d: 11).

  1. Menghindarkan Sifat Tamak

Kebanyakan tamak muncul karena faktor tidak punya, sehingga berharap untuk memiliki. Orang yang sukses dalam ekonomi lewat sektor ekonomi yang dikembangkan, InsyaAllah akan terhindar dari sifat tamak.

Muslim hanya diajarkan untuk senantiasa hanya berharap kepada Allah SWT, bukan malah tamak dengan rezekinya orang lain. Perlu dijadikan pengingat setiap orang punya rezeki sendiri-sendiri hanya saja mau berusaha meraihnya atau tidak.

 

  1. Penguat Agama

Agama yang kuat ditunjukkan dengan ikutnya berpartisipasi umatnya dalam beberapa sektor bidang termasuk ekonomi. Seorang muslim perlu menguasai sektor ekonomi, jangan sampai sektor-sektor ekonomi justru diisi oleh orang-orang yang salah.

Di sisi lain, juga dalam beberapa agenda keagamaan, membutuhkan pendanaan yang cukup besar, dengan adanya sektor ekonomi bisa menyokong pendanaan tersebut.

Lima poin penting sektor ekonomi dalam Islam. Semoga akan muncul generasi Islam yang sukses dalam kembangkan UMKM di berbagai macam usaha. Serta, umat Islam bisa berkontribusi dalam ekonomi demi tercapainya cita-cita bangsa. Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY