Muazin Buta di Banyuwangi Memiliki Suara Merdu, Allah Menitipkan Kelebihan Dalam Setiap Kekurangan

0
53
Muazin Buta 1

Muazin buta – Seorang muazin yang di ketahui buta beberapa waktu lalu viral karena suara merdunya. Kisah muazin di Banyuwangi ini sebelumnya di unggah ke akun twitter. Adzan yang di kumandangkannya dalam video tersebut membuat pengunggah merasa kagum. Ini karena suara yang muazin ini miliki sungguh terdengar merdu.

Ahmad Bisri, nama dari muazin ini menceritakan kisahnya bahwa ia mengalami kebutaan 5 tahun lalu. Namun meskipun begitu ia tidak pernah absen untuk mengumandangkan adzan.

Muazin Buta 1

Kisah dari muazin yang buta ini cukup menyentuh. Dengan kekurangan yang di alaminya, ia tetap mengumandangkan adzan yang merupakan ajakan kepada kaum muslimin untuk mengerjakan ibadah sholat.

Ia juga mengatakan bahwa sejak kecil telah belajar adzan dan menimba ilmu di pondok pesantren Darussalam. Tentu saja ini merupakan tindakan yang terpuji dan bahkan merupakan salah satu amalan. Dengan mengumandangkan adzan, ini sama halnya menebarkan kebaikan dan ajakan untuk untuk sholat.

Muazin Buta di Banyuwangi Memiliki Suara Merdu, Allah Menitipkan Kelebihan Dalam Setiap Kekurangan

Muazin Buta 2

Muazin buta di Banyuwangi memiliki suara yang merdu ketika mengumandangkan azan. Meskipun ia mengatakan bahwa dirinya merasa suaranya biasa-biasa saja. Dalam islam, kaum muslimin di ajarkan untuk menyebarkan kebaikan

Dan mengumandangkan adzan juga merupakan kebaikan untuk mengingatkan kaum muslimin waktu sholat. Selain itu, tahukah sobat CahayaIslam bahwa ini menjadi bukti bahwa Allah senantiasa memberikan kelebihan dalam setiap kekurangan hamba-Nya.

خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ وَصَوَّرَكُمْ فَأَحْسَنَ صُوَرَكُمْ ۖ وَإِلَيْهِ الْمَصِيرُ

Dia menciptakan langit dan bumi dengan haq. Dia membentuk rupamu dan di baguskan-Nya rupamu itu dan hanya kepada Allah-lah kembali(mu). (1)

Ayat ini menjelaskan bahwasanya Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya. Itu artinya, apapun kekurangan yang kita miliki adalah apa yang terbaik Allah berikan kepada hamba-Nya. Dan tentu saja dalam setiap kekurangan, Allah juga menitipkan banyak kelebihan bagi kita. Apa alasan dan tujuan Allah memberikan kelebihan berdampingan dengan kekurangan?

Agar Manusia Senantiasa Bersyukur

Salah satu alasan kenapa Allah SWT memberikan kelebihan sekaligus kekurangan, tidak lain agar manusia senantiasa bersyukur. Dengan memiliki kekurangan, ini akan membuat manusia mensyukuri apa yang menjadi kelebihan. Bayangkan saja, jika semua manusia di ciptakan dengan sempurna. Tentu saja akan semakin sedikit orang yang belajar arti dari bersyukur. Sementara Allah menyukai orang-orang yang bersyukur kepadaNya.

Agar Manusia Tidak Menjadi Sombong

وَلَا تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلَا تَمْشِ فِي الْأَرْضِ مَرَحًا ۖ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. (2)

Dalam ayat ini ditegaskan bahwa Allah melarang manusia untuk sombong. Ini merupakan salah satu alasan Allah memberikan kelebihan dan kekurangan kepada setiap manusia. Sehingga manusia tidak banyak membanggakan diri atau sombong karena kelebihannya. Namun juga bisa muhasabah diri dengan kekurangan yang dimiliki.

Muazin buta – memiliki suara merdu saat mengumandangkan adzan. Ini salah satu kelebihan yang Allah berikan dibalik kekurangan yang ia miliki. Sungguh Allah Maha Adil atas segala hal yang ada di dunia.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Tagabun Ayat 3

(2) -Surat Luqman Ayat 18

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY