Larangan Warung Makan Buka Siang Hari di Bulan Ramadhan, Bagaimana Hukumnya Makan di Depan Orang Puasa Menurut Islam?

0
17
Larangan Warung Makan Buka 1

Larangan warung makan buka – Selama bulan puasa ini, beberapa daerah menerapkan larangan untuk warung makan buka di siang hari. Salah satunya adalah pemerintah kota Serang dan juga MUI sendiri yang menjelaskan tentang kontroversi warung makan yang buka selama bulan Ramadhan. Namun hal ini disampaikan bahwasanya larangan tersebut bukan bermaksud melanggar hak asasi manusia. Dan lagi kesepakatan tersebut juga dibuat berdasarkan rakor MUI serta mengadopsi kearifan lokal.

Larangan Warung Makan Buka

Di kota Serang sendiri masyarakatnya berpandangan bahwa memalukan bagi mereka jika ada warung makan yang buka di siang hari. Apalagi jika makan dan minum di siang hari di tempat terbuka seperti warung nasi. Anggapan inilah yang menjadi kearifan lokal sehingga ditegaskan untuk disepakati dalam rapat MUI bersama pihak-pihak yang lainnya. Sobat CahayaIslam, mungkin seringkali mendengar istilah dosa jika makan di depan orang puasa. Lalu bagaimana hukum menurut pandangan islam?

Larangan Warung Makan Buka Siang Hari di Bulan Ramadhan, Ini Hukum Makan di Depan Orang Puasa Menurut Islam

Larangan Warung Makan Buka 1

Larangan warung makan buka di siang hari menjadi himbauan yang telah disepakati oleh MUI dan juga Pemkot Serang. Apalagi adanya pandangan tabu dari masyarakat dan seperti sebelumnya bahwa masyarakat biasanya melakukan sweeping sendiri. Untuk menghindari main hukum sendiri-sendiri dan juga kelompok intoleransi. Maka kesepakatan ini pun dikeluarkan. Puasa di bulan Ramadhan itu sendiri hukumnya wajib, meskipun ada sebagian orang yang tidak berpuasa. Baik yang berhalangan ataupun non muslim.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Ayat ini mengatur tentang kewajiban berpuasa. Lalu bagaimana hukum makan di depan orang puasa? Islam sendiri tidak mengatur tentang hukum haram, boleh atau tidaknya makan di depan orang yang berpuasa. Namun tentu saja, mengingat banyak kaum muslimin yang menjalankan ibadah puasa. Maka ada beberapa adab atau etika yang harus diperhatikan. Sehingga sebaiknya tidak makan di depan umum atau di depan orang yang berpuasa.

Menghargai Orang Yang Berpuasa

Larangan Warung Makan Buka 2

Jika sobat CahayaIslam mungkin berhalangan berpuasa, maka sebaiknya hindari untuk makan dan minum di depan orang yang puasa. Ini adalah salah satu etika atau bentuk menghargai sesama. Banyaknya orang yang menjalankan puasa maka kita sebagai makhluk sosial juga harus menerapkan sikap saling menghargai dan menghormati. Sehingga menghargai sesama yang sedang menjalankan ibadah puasa ya.

Menjaga Orang Yang Berpuasa

Saat seorang muslimin menjalankan ibadah puasa, itu artinya ia sedang menahan lapar dan haus. Dengan tidak makan dan minum di depan orang yang berpuasa, ini salah satu bentuk etika menjaga orang yang berpuasa. Sehingga kita juga menjaga orang yang sedang berpuasa untuk bisa mengendalikan hawa nafsu untuk makan dan minum.

Larangan warung makan buka – di siang hari selama bulan Ramadhan tentu saja berdasarkan berbagai pertimbangan. Termasuk juga karena sebagai manusia kita harus saling menghormati dan menghargai.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 183

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY