Menjelang Ramadhan dan Ini Beberapa Hal Yang Perlu Dipersiapkan Kaum Muslimin

0
55
Menjelang Ramadhan 3

Menjelang ramadhan – Ramadhan adalah bulan suci yang sangat di nanti-nantikan oleh semua umat islam. Bulan suci ini memiliki banyak berkah, bukan hanya sebagai bulan untuk mensucikan diri. Namun juga bulan untuk menambah amal ibadah.

Tahun ini bulan ramadhan masih di iringi dengan masa pandemi akibat covid-19 seperti di tahun lalu. Namun meskipun begitu, ada banyak kegiatan yang bisa sobat lakukan di bulan suci ini dalam rangka memperbanyak amal ibadah.

Menjelang Ramadhan 3

Bulan Ramadhan atau bulan puasa menjadi bulan yang istimewa. Sehingga ini menjadi bulan untuk saling berlomba-lomba dalam ibadah kepada Allah SWT. Tahun ini bulan puasa akan jatuh pada bulan April. Tentu saja menjelang bulan Ramadhan ini ada beberapa hal yang harus kita persiapkan.

Sehingga bisa mengerjakan ibadah dengan maksimal dan memanfaatkan bulan penuh berkah ini dengan sebaik-baiknya. Yuk simak apa saja yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Menjelang Ramadhan dan Ini Beberapa Hal Yang Perlu Kaum Muslimin Siapkan

Menjelang Ramadhan 2

Menjelang Ramadhan tentu saja kita perlu mempersiapkan diri untuk menyambut bulan yang suci ini. Ini agar umat islam bisa mengerjakan amal ibadah dengan maksimal.

Untuk mencapai hari kemenangan nanti, maka kita juga perlu memenangkan ibadah selama bulan puasa ya sobat CahayaIslam. Jangan sampai melewatkan bulan yang penuh berkah dan merupakan ladang pahala bagi seluruh umat muslim.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۖ وَمَنْ كَانَ مَرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۗ يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

(Beberapa hari yang di tentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya di turunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang di tinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain.

Dalam ayat ini menjelaskan bagaimana istimewanya bulan Ramadhan atau bulan puasa. Dan juga kewajiban bagi umat islam untuk berpuasa. Belum lagi Allah juga akan melimpahkan banyak pahala bagi kaum muslimin yang mengerjakan banyak ibadah di bulan yang suci ini. Maka dari itu, ada beberapa hal yang perlu di persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Kondisi Fisik

Salah satu yang harus kaum muslimin persiapkan untuk menyambut bulan Ramadhan adalah kondisi fisik. Tentu saja ini sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama berpuasa. Maka dari itu, kaum muslimin sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi. Dan juga memperhatikan waktu istirahat agar ketika berpuasa tidak menjadikan badan lemas. Kondisi fisik juga penting untuk dipersiapkan menjelang bulan puasa.

Atur Kegiatan

Persiapkan beberapa kegiatan menjelang bulan puasa, ini akan bermanfaat untuk mengisi kegiatan selama puasa. Sobat CahayaIslam bisa mulai mengatur kegiatan yang perlu di kerjakan selama bulan Ramadhan. Misalnya membaca Al Quran rutin, mengikuti kajian dan kegiatan lainnya. Ini akan menambah amalan dan ibadah kita di bulan penuh berkah ini.

Menjelang Ramadhan – ada beberapa hal yang bisa dipersiapkan oleh kaum muslimin. Sehingga bulan ini bisa di habiskan dengan kegiatan yang positif dan tentu saja kondisi tubuh yang sehat. Sobat CahayaIslam, mari memperbanyak amalan selama bulan Ramadhan untuk mencapai kemenanganNya ya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Baqarah Ayat 185

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY