Program Chickenisasi Cegah Anak Kecanduan Gadget, Alasan Pentingnya Perhatikan Perkembangan Teknologi Menurut Islam

0
30
Program Chickenisasi 2

Program chickenisasi – Chickenisasi merupakan salah satu program untuk mencegah anak kecanduan gadget. Dari awal Januari terhitung adanya 98 anak yang menjalani rawat jalan yang diakibatkan kecanduan gadget. Itu sebabnya pemerintah kota Bandung mengadakan program ini yang mana bertujuan untuk mengatasi hal ini. Terutama bagi kalangan pelajar. Namun program ini sempat terkendala karena adanya pandemi covid-19. Sehingga program ini akan kembali dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan.

Program Chickenisasi 1

Adanya program seperti chickenisasi ini diharapkan bisa mencegah anak-anak untuk kecanduan gadget. Apalagi kita tahu bahwa di era modern saat ini perkembangan teknologi semakin pesat. Begitu juga dengan gadget yang menjadi kebutuhan masyarakat. Jika tidak bijak dalam menggunakannya, maka ini bisa menimbulkan kecanduan. Dan lagi dalam islam sesuatu yang berlebih-lebihan adalah tidak baik. Ini juga tidak disukai oleh Allah SWT.

Program Chickenisasi Cegah Anak Kecanduan Gadget, Ini Alasan Pentingnya Perhatikan Perkembangan Teknologi

Program Chickenisasi 2

Program chickenisasi digulirkan untuk mengatasi kecanduan gadget. Namun program ini terkendala karena adanya pandemi covid-19. Namun bagaimanapun sobat CahayaIslam, teknologi saat ini memang tetap harus diperhatikan. Jangan sampai perkembangan pesat teknologi justru mendominasi masyarakat. Sehingga berakibat pada kecanduan gadget. Dalam islam sendiri, kita dilarang berlebih-lebihan dalam suatu hal, termasuk juga dalam menggunakan gadget.

maka apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.

Dalam ayat ini dijelaskan tentang kebutaan hati, yang tidak lain adalah seorang yang lalai akibat kesenangan duniawi. Ini bisa menyebabkan seseorang buta hati, sehingga melalaikan apa-apa yang seharusnya dikerjakan. Dan juga melalaikan apa yang menjadi perintah Allah SWT. Itu sebabnya, ada beberapa alasan pentingnya memperhatikan perkembangan teknologi menurut islam.

Membuat Lalai

Tahukah sobat CahayaIslam, bahwa perkembangan teknologi bisa menyebabkan manusia lalai. Penggunaan gadget yang menyenangkan dan berlebihan akan membuat seseorang lupa akan kewajiban yang harus dikerjakannya. Itu sebabnya, penting memperhatikan perkembangan teknologi agar bisa menggunakannya dengan bijak. Dan jangan sampai melalaikan apa yang wajib untuk dikerjakan sebagai seorang muslim.

Membuat Waktu Terbuang Sia-Sia

Perkembangan teknologi seperti gadget bisa membuat waktu terbuang sia-sia lho. Jika kita tidak bijak dalam penggunaannya. Banyak orang yang kecanduan gadget akibat menggunakannya dengan berlebih-lebihan. Dan sungguh suatu kerugian bagi golongan orang yang membuang waktunya dengan sia-sia. Padahal ia bisa mendapatkan banyak pahala jika menggunakan waktunya untuk mengerjakan apa yang Allah perintahkan.

Program chickenisasi – menjadi salah satu program untuk mengatasi kecanduan gadget. Hal ini diharapkan agar anak-anak lebih fokus mengerjakan sesuatu yang bisa mengurangi penggunaan gadget berlebihan. Jadi sobat CahayaIslam, sangat penting memperhatikan perkembangan teknologi di jaman sekarang ini.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Hajj Ayat 46

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY