Miyabi Masuk dalam Buku Pelajaran, Inilah Cara Mendidik Anak dalam Islam!

0
94

Miyabi – Aktris luar negeri menjadi berita hangat di berbagai media. Hal ini dikarenakan Miyabi muncul di dalam buku pelajaran Bahasa Indonesia. Hal ini tentunya menjadi hal yang amat mengejutkan. Pasalnya aktris panas ini disandingkan dengan beberapa tokoh. Tidak menutup kemungkinan, guru dan orang tua murid pun mengeluarkan beragam kritik.

Islam mengajarkan untuk senantiasa memberikan pengajaran yang baik. Lantas, seperti apakah cara mendidik anak yang benar dan tepat.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ أُجُورِهِمْ شَىْءٌ وَمَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً فَعُمِلَ بِهَا بَعْدَهُ كُتِبَ عَلَيْهِ مِثْلُ وِزْرِ مَنْ عَمِلَ بِهَا وَلاَ يَنْقُصُ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ

Barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kebaikan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya ganjaran semisal ganjaran orang yang mengikutinya dan sedikitpun tidak akan mengurangi ganjaran yang mereka peroleh. Sebaliknya, barangsiapa menjadi pelopor suatu amalan kejelekan lalu diamalkan oleh orang sesudahnya, maka akan dicatat baginya dosa semisal dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosanya sedikit pun.” (HR. Muslim no. 1017)

Bentuk Pengajaran yang Bisa Dilakukan

Dalam mengajarkan suatu ilmu, terdapat beberapa bentuk yang bisa dilakukan. Bagi siapa saja yang berilmu, maka bisa memberikan pengajaran dalam bentuk lisan maupun perbuatan (tingkah laku).

Dalam bentuk lisan, seseorang bisa dilakukan dengan cara memberikan suatu fatwa atau pun nasihat. Lain halnya jika memberikan pengajaran dalam bentuk perbuatan yakni memberikan contoh kebaikan.

Hal ini sebagai salah satu dakwah yang bisa dilakukan. Firman Allah SWT dalam Al-Qur’an:

كُنْتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar.” (QS. Ali Imran: 110).

Cara Mendidik Anak dalam Islam

Anjuran Islam untuk mencari ilmu adalah suatu kewajiban setiap umat. Lalu, mengajarkannya pun adalah suatu keharusan yang hendaknya dilakukan. Namun, yang perlu diingat adalah mengajarkan hal-hal yang baik dan bermanfaat. Adapun cara mendidik anak dalam Islam yakni sebagai berikut.

1.    Mengajarkan Al-Qur’an

Di dalam Al-Qur’an terdapat banyak ilmu yang amat bermanfaat untuk kehidupan. Sebagai sumber hukum yang utama, Al-Qur’an hendaknya diajarkan sedini mungkin kepada anak-anak.

Dalam setiap ayatnya terdapat ilmu yang dapat digali. Selain itu, dapat mendatangkan ketenangan bagi setiap yang membacanya.

2.    Memberikan Teladan yang Baik

Selanjutnya, cara lainnya yang hendak dilakukan yakni dengan memberikan teladan yang baik. Berikan contoh bagaimana caranya berwudhu, shalat, berpuasa dan sebagainya.

3.    Mengajarkan Dasar-Dasar Agama Islam

Ajarkan mulai dari dasar-dasar Islam, mengenal Allah SWT, ketauhidan, dan sebagainya. Hal ini sebagai salah satu bekal dalam menimba ragam pengetahuan dan wawasan yang masih luas.

4.    Menerapkan Pola Kesederhanaan

Sebagai suri tauladan yang baik, Rasulullah SAW, senantiasa memberikan pengajaran yang baik terutama dalam menerapkan hidup sederhana.

Kesederhanaan hendaknya diajarkan sedini mungkin. Hal ini sebagai salah satu langkah untuk terhindar dari sifat sombong. Selain itu kesederhanaan akan mendatangkan berkah dari Allah SWT.

5.    Menyampaikan Kisah Nabi dan Rasul

Selain itu, sampaikan kisah Nabi dan Rasul. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari kisah para Nabi. Hal ini sebagai salah satu langkah yang lebih mudah untuk mengajarkan hal baik pada anak.

Melalui kisah yang disampaikan, anak akan lebih terbuka dan terhindar dari rasa bosan. Selain itu, banyak pelajaran yang dapat dipetik. Selanjutnya, sang anak pun diharapkan dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Demikianlah ulasan singkat terkait cara mendidik anak dalam Islam. Senantiasa menyajikan pengajaran yang baik guna mencetak generasi yang shalih dan shalihah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY