5 Contoh Rendah Hati yang Patut Ditiru dan Diterapkan

0
213
contoh rendah hati

Contoh rendah hati – Ada banyak contoh rendah hati yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Rasulullah mengajarkan umat Islam agar senantiasa memelihara sifat rendah hati dalam diri. Sikap Rasul yang senantiasa menjaga lisannya juga mencerminkan bagian dari sifat rendah hati.

Manusia bukanlah makhluk paling hebat di muka bumi. Seperti sebuah pepatah yang mengatakan “Di atas langit ada langit”, maka di atas orang hebat pasti ada orang yang lebih hebat. Karena itu, menyombongkan diri bukanlah hal yang tepat untuk dilakukan.

Contoh Rendah Hati Dalam Kehidupan Sehari-hari

Sifat rendah hati dikenal sebagai tawadhu dalam agama Islam. Sifat tawadhu atau rendah hati akan mengikis habis kesombongan dalam diri manusia. Allah memberikan perintah agar manusia tidak menyombongkan diri dalam QS Al Isra ayat 37,

وَلَا تَمْشِ فِى الْاَرْضِ مَرَحًاۚ اِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الْاَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُوْلًا

“Dan janganlah engkau berjalan di bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan mampu menjulang setinggi gunung.” (Q.S Al Isra : 37)

Agar dapat memupuk sifat rendah hati, simak beberapa contoh rendah hati yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari berikut ini.

1. Menghargai Orang Lain

Sifat rendah hati membuat kita senantiasa melihat orang lain sama dan sejajar dengan diri kita, tanpa ada yang harus disombongkan. Dengan demikian, kita dapat menghargai orang lain. Ketika sedang berbicara atau bertukar pendapat, dengarkan apa yang disampaikan oleh orang lain.

contoh rendah hati

Walaupun orang lain memiliki kekurangan, jika kita menanamkan sifat rendah hati maka akan senantiasa menghargai siapapun dengan kondisi apapun. Hal ini akan membawa kedamaian dan ketentraman dalam lingkungan sosial kita.

2. Selalu Bersyukur Dengan Apapun yang Dimiliki

Allah SWT sangat menyayangi umatNya yang pandai bersyukur. Umat Muslim yang rendah hati selalu menerima dengan ikhlas apapun yang telah digariskan oleh Allah SWT untuknya. Tidak ada rasa iri hati atau dengki dengan pencapaian orang lain.

Allah SWT telah menjanjikan pahala dan rejeki yang berlipat ganda bagi mereka yang senantiasa bersyukur.

3. Menyayangi Orang Lain dengan Tulus

Contoh rendah hati selanjutnya yaitu saling menyayangi dengan sesama manusia. Dengan adanya rasa saling menyayangi maka tidak akan muncul keinginan untuk menyakiti orang lain baik melalui sikap, perkataan maupun perbuatan.

4. Menghormati dan Menyayangi Orang Tua

Perintah untuk merendahkan hati dan menyayangi orang tua sudah tertuang dalam QS Al Isra ayat 24

وَاخْفِضْ لَهُمَا جَنَاحَ الذُّلِّ مِنَ الرَّحْمَةِ وَقُلْ رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيٰنِيْ صَغِيْرًاۗ

“Dan rendahkanlah dirimu terhadap keduanya dengan penuh kasih sayang dan ucapkanlah, “Wahai Tuhanku! Sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.”(Q.S Al Isra:24)

Sikap rendah hati harus ditunjukkan seorang anak kepada orangtua yang telah merawat dan membesarkan dengan penuh perjuangan. Meninggikan suara dan bersikap kasar kepada kedua orangtua sungguh bukan merupakan sikap terpuji.

5. Menjaga Lisan Dari Berkata Kasar

Lisan yang sering berkata kasar umumnya dikarenakan hati yang penuh dengan kesombongan. Merasa diri lebih baik dari orang lain sehingga tidak mau melembutkan suara. Umat Muslim yang memiliki sifat rendah hati senantiasa menjaga lisannya agar tidak menyakiti orang lain.

contoh rendah hati

Hal ini dikarenakan tidak ada rasa takabur dalam dirinya. Perkataan kasar hanya akan menyakiti orang lain dan berakibat rusaknya hubungan sosial.

Sobat Cahaya Islam, sifat rendah hati sangat penting untuk dipupuk sejak kecil dan menjadi bagian dari pendidikan islami di setiap keluarga. Orangtua patut memberikan contoh rendah hati kepada putera dan puterinya agar mereka dapat belajar dan memelihara sifat tersebut dalam dirinya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY