Pekerjaan Yang Dianjurkan Dalam Islam

0
44
Pekerjaan Yang Dianjurkan Dalam Islam 1

Pekerjaan yang dianjurkan – Bekerja adalah salah satu bentuk usaha manusia untuk memperoleh rezeki. Namun, bekerja bukan semata-mata menjadi jalan untuk mendapatkan materi, melainkan juga sebagai salah satu ibadah. Apabila pekerjaan yang kita jalani dapat beriringan dengan norma-norma yang ada. Begitupun norma yang berlaku dalam agama islam.

Pekerjaan Yang Dianjurkan Dalam Islam 2

Sebagai seorang manusia yang telah Allah berikan kehidupan, dengan berbagai limpahan rezeki dan sumber daya yang ada. Maka Allah memerintahkan kita untuk dapat memanfaatkan apa yang ada di dunia yang telah Allah ciptakan. Itu sebabnya, Allah pun menganjurkan kaum muslimin untuk menggunakan cara yang baik serta halal. Lalu adakah pekerjaan yang menjadi anjuran dalam islam?

Pekerjaan Yang Dianjurkan, Begini Menurut Islam

Pekerjaan Yang Dianjurkan Dalam Islam 3

Pekerjaan yang dianjurkan dalam islam tentu saja adalah pekerjaan yang dalam penerapannya menerapkan nilai-nilai islam. Sehingga pekerjaan tersebut tidak menjerumuskan muslimin dalam perbuatan dosa atau dzalim. Hanya saja, di era saat ini lapangan pekerjaan semakin luas. Sehingga banyak jenis pekerjaan yang bisa kita jalani dan pilih.

وَقُلِ اعْمَلُوا فَسَيَرَى اللَّهُ عَمَلَكُمْ وَرَسُولُهُ وَالْمُؤْمِنُونَ ۖ وَسَتُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ

Dan Katakanlah: “Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan.

Ayat ini menjelaskan bahwasanya kaum muslimin Allah anjurkan untuk bekerja. Bekerja tentu saja bukan hanya menjadi media untuk mencari uang saja, namun bisa mencari pahala dan kebaikan-kebaikan lainnya. Asalkan pekerjaan yang ada sesuai dengan ajaran dan tuntunan dalam islam. Jangan sampai bekerja yang itu mendzalimi orang lain atau bertentangan dengan nilai-nilai dalam agama.

Lalu pekerjaan apa yang islam anjurkan bagi kaum muslimin?

Ilmuwan dan Guru

Menuntut ilmu dan berbagi pengetahuan dengan orang lain sangat adalah salah satu kegiatan yang bermanfaat dan bahkan berpahala. Menjadi ilmuwan, guru, atau pendidik adalah pekerjaan mulia yang membantu menyebarkan kebaikan dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Petani

Petani adalah termasuk pekerjaan yang dapat membawa keberkahan menurut islam. Rasulullah SAW memuji pekerjaan petani dan mengajarkan betapa pentingnya bercocok tanam untuk mendapatkan kesejahteraan dalam hidup.

Pedagang yang Jujur

Berbisnis dan berdagang adalah kegiatan yang Allah izinkan dan terdapat dalam ajaran islam. Namun, tentu saja dengan syarat yaitu jujur dan adil. Nabi Muhammad SAW memberikan contoh bahwa perdagangan yang berlandaskan kejujuran mendatangkan berkah dan kebaikan.

Pekerja Sosial dan Pelayan Masyarakat

Membantu sesama dan berperan aktif dalam kegiatan sosial termasuk dalam anjuran islam. Pekerjaan sebagai pekerja sosial atau pelayan masyarakat mencerminkan bagaimana seseorang berhubungan baik dengan orang lain. Tentu saja juga menerapkan sikap tolong menolong.

Pekerjaan yang dianjurkan – Melalui berbagai pekerjaan yang bermanfaat, kita dapat memperoleh rezeki sekaligus tetap menjalani ketaatan kepada Allah. Selain itu, memilih pekerjaan yang sesuai dengan nilai-nilai Islam akan membawa keberkahan dalam hidup kita. Semoga kita senantiasa mendapatkan rezeki yang halal dan yang Allah berkahi.


Catatan Kaki:

(1) – Surat At-Taubah Ayat 105

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY