Banjir Bandung, Luapan Citarum Rendam 4 Kecamatan

Banjir yang Terjadi di Bandung Perlu Menjadi Pelajaran Bagi Kita Semua

0
174
banjir 3

Banjir– Bencana alam yang terjadi di bumi pertiwi seolah tidak ada habisnya. Bencana alam yang saat ini sedang banyak terjadi adalah bencana banjir. Ketika musim hujan telah tiba memang bencana alam yang satu ini sangat mudah terjadi. Ada banyak factor yang dapat menyebabkan bencana banjir seperti curah hujan yang tinggi, kurangnya daerah resapan air, sampah yang menumpuk dan lain sebagainya.

Banjir yang terjadi bukan hanya di wilayah Jakarta saja melainkan juga terjadi di kota Bandung. Pada hari Jumat, 24/01/2020 terjadi bencana banjir yang cukup besar. Bencana ini terjadi hingga menyebabkan empat kecamatan di Bandung terendam.

Kecamatan yang terendam banjir

banjir 3

Intensitas hujan yang tinggi menjadikan sungai Citarum meluap sehingga airnya merendam hingga 4 kecamatan. Empat kecamatan tersebut adalah Kecamatan Dayeuhkolot, Kecamatan Baleendah, Kecamatan Bojongsoang dan Kecamatan Rancaekek.

Bencana banjir yang terjadi memiliki ketinggian rata-rata mulai dari 30 hingga 140cm. Akibat terjadinya banjir tersebut, banyak warga yang mengungsi ke tempat yang layak. Rumah yang tergenang air tentu saja sangat tidak nyawan untuk dihuni karena semuanya menjadi basah. Kegiatan di rumah juga menjadi sangat terganggu bahkan bencana ini juga dapat menyebabkan berbagai macam penyakit.

Bencana Alam adalah Kehendak Allah

Sobat cahaya Islam, di negeri ini memang sedang banyak terjadi bencana namun Allah menurunkan bencana dengan maksud dan tujuan. Segala yang terjadi adalah atas kehendak Allah. Bisa jadi bencana ala mini adalah sebagai peringatan dan ujian. Namun bisa juga sebagai hukuman atas kelalaian dan maksiat yang dilakukan oleh manusia.

Seperti dalam firman Allah dalam Surat Ar Rum ayat 41:

يَرۡجِعُونَ ظَهَرَ ٱلۡفَسَادُ فِى ٱلۡبَرِّ وَٱلۡبَحۡرِ بِمَا كَسَبَتۡ أَيۡدِى ٱلنَّاسِ لِيُذِيقَهُم بَعۡضَ ٱلَّذِى عَمِلُواْ لَعَلَّهُمۡ

” Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebahagian dari [akibat] perbuatan mereka, agar mereka kembali [ke jalan yang benar] ”

Dari ayat di atas bisa kita ambil pelajaran bahwa segala kerusakan yang terjadi di muka bumi ini memang merupakan kehendak Allah. Namun Allah menurunkan bencana alam bukan tanpa sebab. Apabila manusia telah banyak melakukan perbuatan yang merusak alam dan juga melakukan perbuatan maksiat maka Allah akan menurunkan bencana sebagai sebuah peringatan.

Banjir Membawa Banyak Pelajaran

Sobat cahaya Islam, manusia di cinpatakan di dunia ini agar beribadah kepada Allah. Selama apapun usia manusia pasti akan merasakan ajal dan kembali kepada Allah. Di dunia ini tidak ada yang kekal karena jika Allah ingin mengambilnya maka sangat mudah bagiNya. Dunia hanyalah permainan dan sendau gurau serta menjadi tempat yang sebaiknya dimanfaatkan sebaik-baiknya agar kita dapat kembali kepada Allah dalam keadaan yang sebaik-baiknya.

Dari terjadinya becana banjir di Bandung, kita bisa ambil banyak pelajaran. Jangan pernah merusak alam serta melakukan perbuatan yang dapat mengundang murka Allah. Dunia ini hanya sementara sehingga kita jangan sampai terlalu mencintainya hingga melupakan tempat kembali kita yakni kampung akhirat. Semoga dengan terjadinya bencana alam banjir di berbagai wilayah di Indonesia, kita bisa semakin sabar, bijak sana dan semakin mendekatkan diri kepada Allah.


Catatan kaki: Surat Ar Rum ayat 41

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY