Tuduhan Islamofobia Terhadap Profesor Jerman, Ini Cara Hindari Berprasangka Buruk Menurut Islam

0
53
Tuduhan Islamofobia 2

Tuduhan islamofobia – Aktivis dari serikat mahasiswa perancis banyak memposting slogan secara online. Isi slogan tersebut adalah tuntutan untuk menyingkirkan profesore Jerman, Kinzler. Setelah pembunuhan sadis yang terjadi terhadap guru sejarah Samuel Paty, saat ini di susul dengan debat yang memicu kemarahan publik.

Diskusi tentang judul bertopik kesetaraan yaitu islamofobia yang haruskah di masukkan ke dalam anti-semitisme dan rasisme. Dan tanggapan yang di berikan profesor Jerman menyebabkan kampanye kebencian.

Tuduhan Islamofobia 2

Menteri Dalam Negeri Perancis juga ikut berpendapat bahwa tindakan kampanye kebencian dari Unef ini membahayakan nyawa profesor. Apalagi dengan tindakan-tindakan aktif yang di lakukan. Islam adalah agama yang damai, sehingga tindakan yang mengacu pada ajakan kebencian bukanlah identitas umat muslim.

Islam mengajarkan kaum muslimin untuk bersikap baik kepada sesama, dan juga berprasangka baik. Dan dalam kasus ini mencerminkan prasangka buruk dan juga ujar kebencian yang menyimpang dari ajaran islam.

Tuduhan Islamofobia Terhadap Profesor Jerman, Ini Cara Hindari Berprasangka Buruk Menurut Islam

Tuduhan Islamofobia 1

Tuduhan islamofobia ini bisa menjadi salah satu prasangka buruk. Islam tidak pernah mengajarkan kaum muslimin untuk membenci, bahkan kepada golongan non muslim sekalipun. Dalam hal ini, mengajak untuk kebencian sudah bertentangan dengan identitas islam sebagai agama yang damai. Dan tahukah sobat CahayaIslam bahwa Allah menyukai orang-orang yang berdamai. Juga menghindari perselisihan dan permusuhan. Allah juga tidak menyukai prasangka.

وَإِنْ جَنَحُوا لِلسَّلْمِ فَاجْنَحْ لَهَا وَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Dan jika mereka condong kepada perdamaian, maka condonglah kepadanya dan bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Ayat di atas menegaskan bagaimana prasangka adalah perbuatan yang tidak mendatangkan kebenaran. Dan lagi prasangka buruk adalah perbuatan dosa. Maka dari itu sobat CahayaIslam, kita perlu menjauhi prasangka buruk. Ini akan menyelamatkan diri dari perbuatan dosa akibat banyak berprasangka. Lalu bagaimana cara menghindari prasangka buruk?

Berpikir Positif

Untuk menghindari prasangka buruk maka bisa dengan banyak berpikir positif. Dengan begitu, kita akan terhindar dari pikiran-pikiran yang negatif. Ini juga membantu diri sendiri untuk tidak mudah membenci orang lain lho. Tahukah, bahwa Allah melarang adanya perselisihan apalagi saling membenci.

Melihat Segala Hal Dengan Kebaikan

Dengan memandang segala sesuatu dengan kebaikan, maka hal yang buruk pun akan selalu bisa diambil hikmahnya. Sehingga ini melatih kita sebagai seorang muslim untuk tidak berprasangka buruk. Dengan membiasakan melihat kebaikan dalam berbagai hal, ini akan menjauhkan diri dari berprasangka buruk. Baik kepada sesama ataupun segala kejadian yang kita alami. Dan ini akan membawa pada kedamaian lho sobat CahayaIslam.

Ingat Prasangka Itu Dosa

Jangan lupa untuk mengingatkan diri bahwa berprasangka buruk adalah dosa. Ini akan membuat kita bisa mengontrol pikiran negatif yang bisa menyesatkan pada perbuatan suudzon. Kaum muslimin bisa menjadikan ajaran islam ini sebagai dasar untuk bersikap. Sehingga tidak menyimpang dari nilai-nilai islam.

Tuduhan islamofobia – Bagaimanapun ini adalah contoh berprasangka buruk yang dilarang dalam islam. Apalagi sampai membuat ujaran kebencian, ini bukanlah sikap seorang muslim.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Anfal Ayat 61

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY