Yuk Ajari Generasi Muda Tentang Adab Islam Menghormati Orang lain!

0
182
Adab Islam Menghormati Orang lain

Kehidupan Islami – Semakin kesini, jika melihat berita yang memiliki unsur tingkah laku dan adab perbuatan para generasi millenial, Generasi Y, Z dan seterusnya atau generasi muda, terkadang semakin merasa miris. Banyak kasus dimana kawula muda mulai tidak memiliki karakter / unggah ungguh penghormatan kepada orang-orang yang wajib dihormati. Seperti contohnya orang tua, guru, ulama dan sebagainya. Untuk itu kami tim Cahayaislam akan membahas Generasi Muda Tentang Adab Islam Menghormati Orang lain.

Generasi Muda Tentang Adab Islam Menghormati Orang lain

Tindakan – tindakan yang buruk dari generasi muda itu tentu bukan sesuatu yang pantas untuk dibanggakan. Bahkan Rasulullah pun bila saja melihat hal ini akan menangis sedih. Karena Baginda Rasulullah pada dasarnya mengajarkan kepada kita kaum islam yang beriman agar selalu mengagungkan/menghormati orang yang berhak dihormati. Takdzim istilahnya.

Penghormatan adalah tanda ketaqwaan dan kebaikan hati

Perihal adab islam menghormati orang lain ini bahkan disebutkan dalam FirmanNya dalam surat Al Haj:

Firman Alloh :
ذَٰلِكَ وَمَن يُعَظِّمْ حُرُمَٰتِ ٱللَّهِ فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ عِندَ رَبِّهِۦ ۗ…….. ﴿ الحج ٣٠

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan kehurhormatan Allah maka itu adalah lebih baik disisi Tuhan mereka….. [1]

Dan :
ذَٰلِكَ وَمَن يُعَظِّمْ شَعَٰٓئِرَ ٱللَّهِ فَإِنَّهَا مِن تَقْوَى ٱلْقُلُوبِ ﴿ الحج ٣٢

“Demikianlah (perintah Allah). Dan barangsiapa mengagungkan syi’ar-syi’ar/tanda tanda keagungan Allah, maka sesungguhnya mengagungkan itu, termasuk dari ketakwaan hati.”
[2]

Sabda Rasulullah: Orang yang tidak bisa menghormati orang lain adalah Munafik

Dan sabda Nabi SAW
عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ : ” ثَلَاثَةٌ لَا يَسْتَخِفُّ بِحَقِّهِمْ إِلَّا مُنَافِقٌ : ذُو الشَّيْبَةِ فِي الْإِسْلَامِ ، وَذُو الْعِلْمِ ، وَإِمَامٌ مُقْسِطٌ
Ada tiga golongan, takkan meremehkan haq ketiganya kecuali orng munafiq, orang yg telah tumbuh uban dalam islam/orng orang tua, orng yg berilmu/ulama, pemimpin yg adil….

sebagai seorang manusia biasa maka kita memiliki keinginan untuk dihormati maka biasakanlah untuk bisa Muliakanlah orang yg berhaq dimuliakan, maka andapun akan menjadi orang yg mulia.

 

***

Nah sekarang sobat cahayaislam sudah tahu kan seberapa pentingnya sikap dan karakter menghormati dan menghargai orang lain dalam islam. Karena pada dasarnya hal itu telah difirmankan oleh Allah diajarkan oleh Rasulullah, maka dengan menjadikan itu sebagai bagian dari kehidupan kita sehari hari merupakan sebuah pahala dan penambah derajat kita di mata Allah. Yuk posisikan diri menjadi orang yang bisa menghormati orang lain. – Semoga bermanfaat


Catatan Kaki:

[1] Q.S. Al-Hajj (22) ayat 30

[2] Q.S. Al-Hajj (22) ayat 32

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY