LDII Salurkan Bantuan Sosial, Kunjungi Isyo Hill’s Bird Watching

0
38
LDII salurkan bantuan sosial

LDII salurkan bantuan sosial – Pengurus DPW Papua, LDII salurkan bantuan sosial. Diantaranya sejumlah pakaian layak pakai kepada warga Papua. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada Minggu (5/5), di Distrik Nimbokrang, Isyo Hill’s Bird Watching Kampung Rhepang Muaif, Kabupaten Jayapura.

Tema yang diusung kegiatan ini yaitu “LDII Papua Berbagi”. Ini merupakan serangkaian kegiatan ”LDII Goes To Nature” yang menyusuri ekowisata Isyo Hill’s Bird Watching. Di mana merupakan bagian dari Kawasan Hutan Adat Lembah Grime.

LDII Salurkan Bantuan Sosial

Kegiatan tersebut juga telah diikuti oleh pengurus DPW LDII Papua dan beberapa generasi muda LDII lainnya. Di mana  Sobat Cahaya Islam tersebut memberikan donasi berupa pakaian layak pakai kepada Orang Asli Papua (OAP).

Ahmad Saefudin, selaku Sekretaris DPW LDII Provinsi Papua, juga menyatakan kegiatan ini juga digelar. Dengan tujuan, untuk mengedukasi generasi muda LDII.

1. Hutan Adat

LDII salurkan bantuan sosial

Di mana telah menyatakan Isyo Hill’s Birdwatching yang merupakan hutan adat dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Kawasan tersebut juga termasuk habitat bagi burung Cendrawasih.

Kegiatan tersebut juga masuk ke dalam serangkaian kegiatan LDII Papua Berbagi. Ini juga menjadi salah satu tujuan untuk bisa meningkatkan jiwa kepekaan sosial generasi muda LDII, serta cinta alam. Bahkan, juga dapat meningkatkan kekompakan dan kerja sama yang baik.

Sementara itu, Alex Waisimon, selaku Pendiri Ekowisata Isyo Hill’s Bird Watching juga telah memberikan apresiasi LDII dengan memberikan donasi kepada masyarakat setempat. Dirinya juga telah mengungkapkan bahwa LDII bisa terus berbagi bisa di beberapa tempat yang akan dikelola oleh masyarakat adat.

Hal ini agar tidak ada blok di antara LDII. Sehingga Sobat  Cahaya Islam bisa bersama-sama menggandeng tangan itu dengan harapan besar kedepan.

2. Memupuk Toleransi

Menurutnya, kegiatan tersebut juga bisa memupuk toleransi antar umat beragama di Papua. Bahkan, dirinya telah menegaskan kegiatan itu pertama kali dibuat.

Dengan bukti dari  teman-teman LDII yang berkunjung, dirinya berpikir kerjasama ini bisa mencerminkan tidak ada batas ruang antara Kristen dan muslim.

Sehingga kebersamaan itu bisa terjaga dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, itu yang sampai saat ini paling terpenting.

Lebih lanjut, Alex Waisimon sendiri juga telah mengajak generasi muda LDII. Hal ini untuk bisa menjaga serta merawat hutan beserta ekosistemnya.

Dirinya juga mengungkapkan Isyo Hill’s Bird Watching didirikan sebagai kawasan konservasi burung cendrawasih. Ini merupakan burung endemik Indonesia yang saat ini telah terancam punah.

3. Pengelolaan

LDII salurkan bantuan sosial

Alex telah merangkul masyarakat adat setempat untuk bisa mengelola hutan adat yang letaknya di antara Kampung Rephang dan Muaif, Distrik Nimbokrang, Kabupaten Jayapura. Hal ini terjadi sejak tahun 2015 lalu.

Sebelum terjadi kepunahan, dirinya juga mengembangkan ekowisata yang merupakan perjalanan wisata ke area alami. Dimana dilakukan dengan tujuan mengkonservasi lingkungan serta melestarikan kehidupan. Bahkan, untuk kesejahteraan penduduk setempat.

Ini juga termasuk salah satu program kerja LDII Papua terkait 8 bidang pengabdian LDII untuk bangsa Indonesia. Di antaranya seperti Dakwah, Pendidikan, Ekonomi Syariah, Kesehatan Herbal, Kebangsaan, Ketahanan pangan dan lingkungan, serta Teknologi digital dan Energi. Hal ini dilakukan selain kegiatan LDII salurkan bantuan sosial.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY