Manfaat Tanamkan Empati Kepada Anak Menurut Islam

0
71
Manfaat Tanamkan Empati 1

Manfaat tanamkan empati – Setiap orang pada umumnya memiliki sifat empati. Apalagi manusia adalah makhluk sosial, sehingga tentu saja berjiwa sosial. Namun untuk menumbuhkan perasaan empati, ini perlu di latih sejak dini. Itulah kenapa orang tua memiliki peran yang penting untuk menanamkan rasa empati. Ini bukan hanya mengajarkan anak untuk lebih peka dengan lingkungan sekitarnya. Namun juga untuk membantu anak-anak tumbuh sebagai pribadi yang bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

Manfaat Tanamkan Empati 1

Empati membantu seseorang untuk menghadapi kehidupan sosial dengan baik. Yang artinya, orang akan memiliki jiwa yang lebih besar untuk bersimpati dengan orang lain.

Itu sebabnya, penting untuk membantu anak tumbuh dengan rasa empati yang tinggi. Islam sendiri mengajarkan kaum muslimin untuk saling mengasihi dan peduli dengan sesama. Dan hal ini akan membantu kita menjalin hubungan baik dengan kaum muslimin lainnya lho.

Manfaat Tanamkan Empati Kepada Anak Menurut Pandangan Islam

Manfaat Tanamkan Empati 2

Manfaat tanamkan empati sejak dini tentu saja menjadikan kaum muslimin lebih baik dalam menjalin hubungan dengan sesama. Sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya manusia dibekali dengan rasa empati. Ini yang akan membantu kita lebih mudah dalam membangun hubungan yang saling bahu membahu dengan orang lain. Tahukah sobat CahayaIslam, bahwasanya Allah pun memerintahkan kaum muslimin untuk memiliki sikap peduli.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعَائِرَ اللَّهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْيَ وَلَا الْقَلَائِدَ وَلَا آمِّينَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِنْ رَبِّهِمْ وَرِضْوَانًا ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوا ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ أَنْ صَدُّوكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَنْ تَعْتَدُوا ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

Ayat ini menunjukkan bahwasanya manusia selalu berkaitan dengan manusia lainnya. Dan islam menganjurkan kaum muslimin untuk saling peduli dengan sesama. Itu artinya manusia harus membangun hubungan baik dengan orang lain, serta tentu saja saling tolong menolong dalam kebaikan. Lalu apa saja manfaat dari menanamkan rasa empati kepada anak sejak dini?

Manfaat Tanamkan Empati 3

Membiasakan Anak Untuk Berjiwa Sosial

Salah satu manfaat menanamkan rasa empati kepada anak adalah untuk membiasakan anak memiliki jiwa sosial. Ini sama saja melatih anak untuk peduli dengan orang lain. Nantinya rasa empati inilah yang akan membantu anak tumbuh sebagai pribadi yang mudah membantu orang lain. Dan tentunya islam pun mengajarkan hal ini kepada setiap kaum muslimin.

Membentuk Pribadi Gemar Menolong

Rasa empati menjadikan seseorang lebih peka dan sensitif dengan keadaan sekitar. Ini akan membantu anak menjadi pribadi yang gemar menolong. Dan tentunya dengan begitu, anak juga mengamalkan nilai-nilai islam. Karena Allah juga memerintahkan umat muslim untuk saling menolong.

Membangun Pergaulan Baik Untuk Anak

Tahukah sobat CahayaIslam bahwa rasa empati akan mendatangkan banyak kebaikan. Sehingga ini akan membantu anak untuk membangun pergaulan yang baik. Dengan bekal rasa empati, anak akan tergerak untuk melakukan lebih banyak kebaikan.

Manfaat tanamkan empati – Ini bisa membantu anak untuk menjadi pribadi yang lebih peduli dengan sama. Dan tentu saja mendekatkan pada nilai-nilai islam dalam kehidupan.


Catatan Kaki:

(1) – Surat Al-Ma’idah Ayat 2

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY