Luthfi Fathullah Meninggal Dunia, Simak Kisah Teladannya

0
36
Luthfi Fathullah

Luthfi FathullahSobat Cahaya Islam, Innalillahi wainnailaihi rojiun. Umat Islam di indonesia kembali berduka. Seorang ulama besar dan masyhur yaitu KH.Luthfi fathullah telah meninggal dunia di RSUD pasar minggu pada hari minggu 11 Juli 2021 pukul 08.22 WIB. Beliau adalah salah satu ulama ahli hadist cucu guru mughni asal Betawi.

KH. Luthfi Fathullah adalah sosok ulama yang sangat berpengaruh di DKI Jakarta. Beliau memiliki nama lengkap Dr. KH. Ahmad Luthfi Fathullah, LC. MA. Beliau sering menambahkan nama mughni di akhir namanya, hal tersebut menandakan bahwa beliau masih keturunan seorang guru asal Betawi yang masyhur yaitu mughni kuningan.

Wafatnya KH. Luthfi Fathullah meninggalkan duka yang sangat mendalam bagi umat islam indonesia. Kita semua mengetahui bahwa ulama adalah warasatul anbiya (pewaris para nabi) dan wafatnya seorang ulama adalah sebuah musibah bagi umat islam karena wafatnya ulama berarti hilangnya pewaris nabi.

Perlu diketahui meninggalnya seorang ulama dapat menjadi pertanda kiamat sudah dekat. Alasannya, karena ilmu pengetahuan tentang ajaran agama telah diangkat Allah SWT dari muka bumi. Ini pertanda usia bumi sudah tidak lama lagi. Satu persatu ulama diwafatkan berarti kepingan bumi mulai dirontokkan.

Biografi KH. Luthfi Fathullah dan Teladan Hidup yang dapat diambil

Tahukah Sobat Cahaya Islam siapa sosok Luthfi Fathullah yang baru saja meninggal? Berikut akan dijabarkan biografi dan teladan hidup beliau yang dapat kita ambil dan bisa menjadi panutan dalam kehidupan.

1.     Biografi

Luthfi Fathullah

KH. Luthfi Fathullah adalah tokoh yang memiliki pengaruh besar terhadap pengetahuan ilmu hadist di Indonesia. Beliau juga pemberi sumbangsih besar dalam perpustakaan Islam digital. Usai duduk di bangku sekolah dasar, beliau lalu melanjutkan pendidikan di pondok pesantren Gontor Ponorogo Jawa Timur selama 6 tahun.

Setelah selesai menempuh pendidikan di pondok pesantren Ggontor, beliau melanjutkan pendidikan S1 di Damascus University Fakultas Syariah, Mayor Hadist dan Minor tafsir dan menyelesaikan S3 di Universitas Kebangsaan Malaysia.

Beliau juga saat ini aktif mengajar di beberapa Universitas seperti UI, UIN Syarif Hidayatullah, UIN Sunan Gunung Jati, hingga Universitas Muhammadiyah Jakarta. Beliau aktif pada pengajian majelis Al-Bahtsi Wat Tahqiq Assalam dan menjadi penulis buku yang produktif dan telah menghasilnya banyak buku.

2.     Teladan Hidup KH. Luthfi Fathullah

Luthfi Fathullah

Banyak hal yang dapat kita teladani dari sosok beliau adalah sosok yang baik dan santun dalam bertutut kata dan berbahasa. Beliau juga merupakan pribadi yang memiliki banyak peran. Tidak hanya berperan sebagai guru yang mengajarkan ilmu dakwah tetapi juga seperti sahabat juga kawan untuk bertukar pikiran.

Beliau memiliki kisah inspiratif dalam hidupnya, sepatutnya kita dapat meneladaninya. Apalagi terdapat suatu pelajaran yang berkaitan dengan ke-Indonesiaan dalam kisah para pendakwah. Seperti dalam firman Allah SWT : “Sesungguhnya pada kisah kisah mereka itu terdapat pengajaran bagi orang orang yang mempunyai akal” (QS. Yusuf Ayat 111)

Sobat Cahaya Islam semoga kita semua dapat menjadi generasi penerus para ulama kita. Dan semoga Almarhum termasuk golongan orang yang meninggal secara syahid dan semoga Allah mengampuni segala khilafnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY