Cara Bicara Fahri Hamzah Yang Selalu Kritis Disukai Kaesang, Ini Pedoman Bicara Kritis Sesuai Ajaran Islam

0
40
Cara Bicara Fahri 3

Cara bicara Fahri – Kaesang Pengarep, yang merupakan anak presiden Jokowi ini mengaku kagum dan memuji cara bicara Wakil Ketua Umum Partai Gelora ini. Fahri Hamzah dikenal memiliki cara bicara yang kritis dan ini juga disampaikan oleh Kaesang. Kaesang juga mengatakan dirinya menyukai cara bicara dari Fahri Hamzah ini. Bicara kritis mengacu pada penyampaian pendapat yang memiliki dasar yang kuat dan juga berdasar pada kejujuran. 

Cara Bicara Fahri 3

Cara bicara yang kritis bisa menjadi metode tepat untuk menyampaikan berbagai pendapat atau komentar dengan cara tepat. Hanya saja, dalam bicara kritis juga perlu memperhatikan beberapa hal. Termasuk etika dan adab dalam penyampaian bicara yang kritis itu seperti apa. Kita ketahui bahwa islam saja mengatur bagaimana kaum muslimin agar menjaga lisannya. Maka dalam melontarkan setiap ucapan harus didasari dengan etika dan nilai-nilai islam yang ada.

Cara Bicara Fahri Hamzah Yang Selalu Kritis, Ini Pedoman Bicara Kritis Sesuai Ajaran Islam

Cara Bicara Fahri 2

Cara bicara Fahri Hamzah mendapatkan pujian dari Kaesang Pengarep. Ia menyukai cara bicara dari wakil ketua umum Partai Gelora yang selalu kritis. Namun sebagai seorang muslim, kita juga perlu memperhatikan bagaimana etika dan adab dalam berbicara kritis. Seperti halnya islam menganjurkan kaum muslimin untuk menjaga lisan. Jangan sampai lisan kita justru menjerumuskan ke dalam perbuatan dosa ya sobat CahayaIslam.

Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Ayat ini menunjukkan bahwa Allah menyukai golongan orang yang menjaga lisannya. Islam juga menggambarkan lisan sebagai sesuatu yang berbahaya. Itulah kenapa perlu adanya etika dan adab dalam berbicara. Agar jangan sampai lisan kita menjerumuskan ke dalam perbuatan dosa besar yang sebabkan kerugian bagi kaum yang lainnya. Lalu apa pedoman untuk bicara kritis yang sesuai dengan ajaran islam?

Kata-Kata Yang Baik

Bagaimanapun kritisnya pendapat yang kita ucapkan, kata-kata yang baik adalah pedoman untuk memiliki lisan yang baik. Maka dari itu, jangan melupakan bagaimana etika memilih kalimat yang baik untuk didengar. Sehingga komentar atau pendapat yang kita sampaikan juga bisa diterima dengan baik dan tentu saja tidak menimbulkan hal-hal yang tidak baik. Seperti prasangka misalnya dan lain sebagainya.

Tidak Menyakiti Orang Lain

Bicara kritis biasanya mengacu pada pendapat yang jujur dan blak-blakan. Namun sebagai seorang muslim, pedoman untuk tidak menyakiti orang lain juga penting untuk dipegang. Maka dari itu, sebelum melontarkan ucapan ada baiknya kita kembali mengingat apakah ini akan menyakiti orang lain atau tidak. Karena jika iya, bisa menjadi sebab kita melakukan perbuatan dosa lho.

Cara bicara Fahri – disukai oleh Kaesang karena dianggap selalu kritis. Namun kita juga perlu memiliki pedoman dalam berbicara ya sobat CahayaIslam. Karena bagaimanapun, lisan bisa saja menjadi  penyebab dosa jika tidak berhati-hati dalam menggunakannya.


Catatan Kaki:

(1) – Surat An-Nisa Ayat 148

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY