Manfaat Menggunakan Celak Mata

0
452
manfaat menggunakan celak mata

cahayamata.id – Celak mata kerap kali disebut dengan penggaris mata sebagai salah satu kosmetik untuk mempercantik bagian mata. Lalu apa manfaat menggunakan celak mata menurut agama Islam?

Yang kita tahu, celak ini biasanya digunakan oleh kaum hawa, padahal pada zaman rasulullah SAW celak tidak hanya digunakan oleh perempuan tetapi juga digunakan oleh kaum laki-laki.

“Bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam senantiasa memakai celak dengan batu celak setiap malam sebelum beliau hendak tidur malam, beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam memakai celak pada kedua matanya sebanyak tiga kali go-resan.” [HR. Ibnu Majah no. 3497. Lihat Syamaa-il Muhammadiyyah hal. 44]

Jenis celak pun sangatlah beragam, ada yang tradisional dan kini pun juga bermunculan celak modern. Rasulullah SAW biasanya menggunakan celak mata yang berbahan dari itsmid, yakni sejenis batu hitam yang menjadi salah satu menjadi celak terbaik. itsmid pun berasal dari Persia.

Selain untuk memperindah bagian mata celak yang menjadi sunah nabi ini juga dianjurkan untuk selalu dipakai ketika menjelang tidur. Yakni dengan cara mengoleskannya sebanyak 3 kali untuk bagian mata kanan serta 2 kali di mata bagian kiri.

Meskipun seringkali dijelaskan dalam ilmu kesehatan bahwa tidak diperkenankan memakai kosmetik mata saat tidur. Namun ternyata celak justru memiliki berbagai manfaat terutama bagi kesehatan.

Manfaat Menggunakan Celak Mata menurut agama Islam

Nah Sobat Cahaya Islam lantas apa saja manfaat menggunakan celak menurut agama Islam demikian penjelasanya.

1.      Menyelimuti kelopak mata

Ketika menjelang tidur, sebaiknya menggunakan celak mata karena salah satu fungsi dari bahanya adalah untuk menyelimuti kelopak mata. Maka dari itu celak dapat menenangkan mata sehingga tidak akan melakukan berbagai gerakan berbahaya serta memelihara kealamiannya.

manfaat menggunakan celak mata

2.      Menerangkan Pandangan

Celak juga memiliki manfaat untuk memperkuat cahaya mata. Tak hanya itu celak juga mampu membersihkan unsur-unsur yang tidak baik lalu mengeluarkannya. Celak juga membantu menjernihkan pandangan sehingga cahaya penglihatannya lebih kuat.

3.      Menumbuhkan Bulu Mata

Ketika mata sudah menjadi jernih karena menggunakan celak, maka artinya materi busuk yang terdapat dalam mata telah dipaksa keluar. Dengan hilangnya kotoran maka kandungan celak bisa berpotensi penuh menumbuhkan bulu mata .

manfaat menggunakan celak mata

Nah, Sobat di dalam Islam, memakai celak disunahkan bagi wanita Muslim yang ingin berhias di depan suaminya atau di hadapan para mahram.

Namun yang perlu di garis bawahi, kaum wanita tidak diperkenankan menampakkan matanya yang bercelak di depan lelaki yang bukan mahramnya.

Sedangkan bagi dunia kesehatan, celak mata juga memiliki berbagai manfaat. Mulai dari menghilangkan iritasi pada mata merah, juga sebagai obat bagi mata yang sedang sakit.

Mungkin salah satu dari kita pernah mengalami kondisi di mana mata terasa perih dan tampak merah pada bagian dalamnya.

Maka dari itu kita bisa menggunakan celak sebagai pertolongan pertama. Sebab, celak dipercaya mampu menghilangkan iritasi tersebut yang bisa jadi diakibatkan oleh alergi, suhu, debu, hingga makanan tertentu.

Penyakit mata yang bisa diobati dengan celak adalah yang menunjukkan gejala ringan. Misalnya terasa nyeri karena partikel mikro atau hanya kelelahan.

Selain itu, celak juga bermanfaat untuk mengobati mata yang sakit dikarenakan efek kurang istirahat di malam hari.

Demikian di atas merupakan manfaat menggunakan celak mata berdasarkan ajaran agama Islam, semoga artikel ini bermanfaat.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY