Manfaat Kunyit dan Pandangan Islam dalam Merawat Kecantikan

0
22

Manfaat Kunyit – Manfaat kunyit dipercaya bisa menyehatkan tubuh dan mengatasi berbagai penyakit pada badan. Namun tidak hanya berguna bagi kesehatan tubuh, kunyit juga sangat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah.

Menurut para ahli tanaman kunyit memiliki komponen bioaktif yang disebut dengan kurkumin. Komponen tersebut merupakan pembentuk warna kuni pada kunyit yang diketahui memiliki sifat antioksidan dan antiradang yang bisa mempercepat penyembuhan luka dan baik bagi kesehatan kulit.

Manfaat kulit menurut beberapa penelitian diantaranya seperti mencerahkan tone kulit, mempercepat penyembuhan jerawat serta menghilangkan bekasnya, mengurangi kerutan di wajah, mengatasi kulit kering, mengurangi minyak berlebih dan bisa digunakan oleh jenis kulit apapun termasuk kulit sensitif.

Sobat Cahaya Islam, banyak cara hal yang bisa kita lakukan untuk mempercantik diri. Dalam pandangan Islam pun mempercantik diri memang disunnahkan karena Allah SWT mencintai keindahan. Namun tidak hanya kecantikan wajah melainkan perihal jiwa dan hati yang kita miliki.

Manfaat Kunyit dan Hadist Tentang Merawat Kecantikan

Kunyit adalah salah satu bahan alami yang seringkali digunakan wanita untuk mengatasi masalah kulit. Istri Rasulullah SAW pun melakukan perawatan kecantikan dengan bahan-bahan alami.

Dalam Islam sendiri wanita adalah sosok yang dikaruniai keindahan baik paras dan sifatnya. Islam senantiasa melindungi dan menghargai keberadaan wanita di bumi. Rasulullah SAW pernah berdoa saat bercermin:

اَللَّهُمَّ لَا تُغَيِّرْ مَا بِنَا مِنْ أَنْعَمِكَ وَاجْعَلْنَا لِأَنْعَمِكَ مِنَ الشَّاكِرِيْنَ وَلِآلاَئِكَ مِنَ الذَّاكِرِيْنَ

“Segala puji bagi Allah, Ya Allah, sebagaimana Engkau telah memperindah rupaku maka perindahlah pula akhlakku.” (Syaikh al-Albani:160)

Diriwayatkan al-Thabrani dalam al-Ausath, dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, berkata: adalah Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam apabila bercermin beliau berdoa:

اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي سَوَّى خَلْقِي فَعَدَّلَهُ ، وَصَوَّرَ صُوْرَةَ وَجْهِي فَحَسَّنَهَا ، وَجَعَلَنِي مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

“Segala puji bagi Allah yang menyempurnakan kejadianku dan memperindahnya, memuliakan rupaku lalu membaguskannya dan yang telah menjadikan aku termasuk orang Islam.” (diriwayatkan juga oleh Ibnu Sunni, namun didhaifkan oleh al-Albani dalam al-Irwa’ dan dalam Shahih wa Dhaif al-Jami’ al-Shaghir : 9936)

Bahan Alami untuk Kecantikan yang Dianjurkan Dalam Islam

  1. Minyak Zaitun

Selain untuk kesehatan, minyak zaitun dikenal banyak manfaatnya untuk kecantikan. Kandungan antioksidan pada minyak zaitun bisa menangkal radikal bebas yang bisa berpotensi merusak sel, mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

  1. Siwak

Siwak di kalangan muslim biasa digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kesehatan mulut dan gigi. Nabi Muhammad SAW membersihkan giginya setiap kali akan menunaikan salat. Caranya dengan mengunyah ujung batang siwak hingga terpisah serat-seratnya, serat itulah yang digosokan pada gigi.

  1. Henna

Henna atau inai sudah populer sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Tanaman ini dibuat dengan cara menggiling daunnya hingga menjadi bubuk halus kemudian diberi sedikit air atau minyak diaduk hingga menjadi sebuah pasta.

Zaman Nabi Muhammad SAW henna digunakan untuk mewarnai rambut kaum pria atau pun wanita. Selain rambut wanita juga menggunakannya untuk menghias bagian tangan dan kakinya.

  1. Celak

Celak merupakan perhiasan yang disunnahkan Rasulullah SAW. Celak atau kohl biasa digunakan pada bagian kelopak mata untuk membersihkan mata. Hal ini juga tercantum dalam hadist:

“Bercelaklah kalian dengan itsmid, karena dia bisa mencerahkan mata dan menumbuhkan rambut.”(HR. At Tirmidzi: 1679)

  1. Parfum

Dalam Islam menggunakan parfum sunnah hukumnya. Tapi harus menggunakan bahan-bahan yang halal ya Sobat Cahaya Islam. Parfum dalam beberapa hadist disebutkan sebagai aroma surga, namun untuk wanita tidak diperkenankan menggunakan parfum yang terlalu menyengat.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!