Tempat Wisata di Kota Bandung dan Pandangan Islam Tentang Berwisata

0
18

Tempat Wisata – Kota Bandung merupakan Ibukota Provinsi Jawa Barat yang dikenal dengan tempat wisata dan kulinernya yang unik dan beragam. Maka tak heran jika setiap akhir pekan, kota yang dijuluki Kota Kembang ini selalu dipadati wisatawan dari luar kota bahkan mancanegara.

Meski gelombang pandemi Covid-19 belum surut namun beberapa tempat wisata di Kota Bandung sudah ada yang beroperasi. Seperti The Great Asia Afrika, Farm House, Floating Market Lembang, D’Dieuland, Lereng Anteng, Lembang Wonderland, Taman Bougenville, The Lodge Maribaya, Orchid Forest Cikole, dan Lembang Park & Zoo.

Beroperasinya kembali lokasi perwisataan menjadi kabar baik yang menggemberikan. Namun dengan kondisi new normal ini tentunya kita harus menjaga diri agar terhindar dari kemnungkinan tertularnya virus dengan cara mengikuti protokol kesehatan yang sudah diberlakukan pemerintah.

Protokol yang harus dilakukan sesuai aturan yang diberlakukan pemerintah seperti, memastikan kesehatan diri sebelum berkunjung, menggunakan masker selama beraktvitas di luar, menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan atau menggunakan handsanitizer, jangan menyentuh area wajah saat berada di luar, mematuhi aturan social distancing, setelah beraktivitas di luar segera mandi dan bersihkan pakaian dan barang-barang dengan cairan disinfektan.

Sobat Cahaya Islam, berwisata dalam pandangan Islam bukanlah sesuatu yang dilarang. Imam Syafi’i menuturkan wisata bisa mengusir kesedihan, belajar, bersilaturahmi dengan teman, dan mendalami etika. Maka Islam justru menyarankan melakukan perjalanan wisata selama tidak melanggar syariat agama.

Berkunjung ke Tempat Wisata Menurut Ajaran Islam

Terdapat 14 ayat tentang melakukan perjalanan wisata menurut guru besar Ilmu Tafsir Universitas Al Azhar Kairo Mesir. Ke-14 ayat tersebut mengingatkan pada umat manusia agar menysukuri apa yang ia lihat dan rasakan selama melakukan perjalanan wisata, yakni mengenai keimanannya, sebagai contohnya:

Anjuran berpergian dan merenungkan keagungan-Nya juga tercantum dalam ayat Al Quran lainnya, Farmawy menuturkan selain menghilangkan penat, berwisata juga bisa mengenal peninggalan sejarah sehingga iman kita semakin bertambah.. Seperti halnya dalam surat Ali Imran ayat 137 yang menegaskan agar umat muslim memperhatikan bagaimana orang-orang mendustakan Rasulullah dan bagimana akibatnya.

5 Manfaat Wisata Menurut Islam

  1. Melepas Penat

Manfaat berwisata sudah tentunya melepas penat dan kejenuhan dari rutinitas yang kita lakukan sehari-hari. Namun berwisata juga bisa mendekatkan diri pada Allah SWT dengan mensyukuri kekuasanNya, seperti menikmati suasana alam dan mempelajari sejarah sehingga kita bisa mendapat energy yang positif.

  1. Menambah Ilmu Spiritual

Menambah ilmu spiritual memiliki berbagai macam cara, seperti halnya berwisata ke tempat-tempat yang religious. Tidak hanya berziarah ke makam para wali saja, kita juga bisa berkunjung ke objek wisata yang memiliki banyak pengetahuan tentang Islam seperti museum, situs sejarah atau mesjid-mesjid bersejarah.

  1. Mengingatkan pada Akhirat

Berwisata religi seperti berziarah ke makam para wali. Manfaat dan tujuan berziarah sangat banyak sekali bagi keimanan manusia. Sebagai manusia tentu kita akan hidup abadi di dunia, berziarah mengajarkan kita tentang kehidupan di akhirat sehingga kita bisa lebih sadar dengan dosa dan lebih banyak mendalami ilmu agama.

  1. Bersyukur

Tanpa kita sadari dengan berwisata tingkat kebahagiaan dan kepercayaan diri kita akan meningkat. Perjalanan wisata yang dilakukan memberikan banyak pelajaran, sehingga kita lebih banyak bersyukur.

  1. Bersilaturahmi

Berwisata terutama berkunjung ke objek wisata religi akan membuat kita melepaskan emosi lebih baik dan meningkatkan empati pada orang lain. Sehingga berwisata bisa bermanfaat bagi diri sendiri daan orang lain.

Demikianlah manfaat berkunjung ke tempat wisata di ajaran Islam. Untuk Sobat Cahaya Islam yang akan berwisata jangan lupa untuk terus ikuti protokol kesehatan yang ada. Semoga Allah selalu melindungi kita dimanapun berada, Aamiin.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!