Manfaat Bersyukur bagi Umat Islam

0
116
Manfaat-Bersyukur-bagi-Umat-Islam

Manfaat Bersyukur – Di dunia ini, Allah memberikan Rahmat-Nya kepada semua makhluk-Nya tanpa kecuali. Nikmat dari Allah tidak hanya berupa harta, namun juga kesehatan, kebahagiaan, dan lain sebagainya. Tentu saja, nikmat terbesar adalah Iman dan Islam. Oleh karena itu, setiap umat muslim wajib bersyukur kepada Allah.

Manfaat Bersyukur Kembali kepada yang Bersyukur

Kenapa kita harus bersyukur? Bukan Allah yang membutuhkan Syukur dari makhluk-Nya, melainkan kita sendiri yang membutuhkannya. Pasalnya, manfaat Syukur itu sendiri akan kembali kepada orang yang bersyukur. Allah berfirman dalam Al-Qur’an:

وَمَنْ يَّشْكُرْ فَاِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهٖ

“Dan barangsiapa bersyukur (kepada Alla), sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri.” (1)

Maksudnya, jika seseorang mau bersyukur atas nikmat-nikmat-Nya, manfaat dan pahalanya adalah untuk dirinya sendiri. Dalam ayat lain, Allah berfirman bahwa orang yang beramal saleh, mereka sendiri menyiapkan (tempat yang menyenangkan di surga). Jadi, tidak ada alasan kita untuk tidak mau bersyukur kepada Allah.

Bersyukur Akan Menambah Nikmat

Tidak perlu menunggu mendapatkan nikmat yang banyak dulu baru bersyukur. Justru, bersyukur akan membuat Allah memberikan nimkat yang lebih banyak lagi kepada kita. Dalam hal ini, Allah berfirman:

لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ 

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, Aku akan menambah (nikmat) kepadamu.” (2)

Al-Hasa Al-Bashri menjelaskan bahwa jika seseorang mau bersyukur atas nikmat dari Allah, Allah akan menambah kebaikan baginya di dunia. Oleh karena itu, syukurilah nikmat yang telah Allah berikan, meski nikmat tersebut terlihat kecil atau sepele. Dengan begitu, kita dapat berharap kebaikan lebih di dunia.

Allah Tidak Butuh Syukur Kita

Sayangnya, banyak umat muslim yang masih sering lupa kalau hidup ini tidak lepas dari nikmat Allah. Alhasil, mereka sering mengeluh dan lupa untuk bersyukur. Allah berfirman:

 وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ حَمِيْدٌ

“Dan barangsiapa tidak kufur (tidak bersyukur), sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (1)

Karena Allah Maha Kaya, maka Dia tidak butuh pada hamba-Nya. Artinya, jika seseorang tidak bersyukur, hal tersebut tidak akan membuat Allah tersakiti ataupun berkurang kekuasan-Nya. Bahkan, jika semua manusia kufur, Allah pun tetap menjadi Tuhan Yang Maha Kuasa. Selain itu, Allah juga Maha Terpuji dalam segala perbuatan-Nya.

Kesimpulannya, kita semua harus mensyukuri segala macam nikmat Allah, baik yang sedikit maupun banyak. Tentu saja, kepahaman terhadap agama Islam juga termasuk nikmat yang amat besar dan berharga. Maka, jika Allah menganugerahkan ilmu kepada kita, kita harus memperbanyak Syukur kepada-Nya. Mudah-mudahan sobat Cahaya Islam semua termasuk hamba yang senantiasa bersyukur di setiap keadaan. Aamiin..


Referensi:

(1) Q.S. Luqman Ayat 12

(2) Q.S. Ibrahim Ayat 7

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY