Ikatan Pernikahan Ibnu Jamil, Inilah Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah dalam Syariat Islam!

0
103

Ibnu Jamil- Pernikahan yang digelar pada tanggal 30 Januari 2021, menjadi hari bahagia bagi dua insan Ibnu Jamil dan Ririn Ekawati. Balutan busana putih menjadikan momen bahagia mereka terkesan murni dan suci.

Hal ini sebagai salah satu tanda betapa sakralnya sebuah ikatan pernikahan. Maka dari itu Sobat Cahaya Islam, sebuah pernikahan bukanlah sekedar ikatan biasa, melainkan ada makna penting di balik ikatan tersebut.

Islam mengajarkan untuk senantiasa mempersiapkan diri untuk menuju ikatan pernikahan yang hakiki. Banyak hal yang mesti disiapkan para calon mempelai guna mewujudkan keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Di antara persiapan sebelum menikah yang hendaknya disiapkan sematang mungkin yakni, segi jasmani, rohani, mental, ekonomi, dan sebagainya.

Hal yang Harus Dipersiapkan Sebelum Menikah

Hidup bersama orang terkasih merupakan dambaan setiap orang. Jalinan kasih ini dihubungkan dengan ikatan pernikahan yang didasari dengan hukum dan syariah Islam.

Hal ini sebagai salah satu langkah dalam membina keluarga yang sakinah mawaddah warahmah. Selain itu, ikatan pernikahan sebagai gerbang untuk memperkenalkan antara bangsa yang satu dengan bangsa lainnya.

Firman Allah swt dalam Al-Qur’an surat Al-Hujurat ayat 13:

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. (Qs. Al-Hujurat: 13)”.

Firman di atas sebagai bukti betapa pentingnya sebuah ikatan pernikahan. Oleh karena itu, siapkan dengan penuh kematangan sehingga tidak ada penyesalan di hari kemudian. Lalu, apa saja yang mesti dipersiapkan sebelum pernikahan? Yuk simak informasinya!

1.    Kesiapan dari Segi Fisik

Para calon mempelai baik laki-laki maupun perempuan hendaknya mempersiapkan segi fisik. Dalam hal ini yang mesti diperhatikan yakni sudahkah baligh atau belum. Selanjutnya, sudah siapkan untuk memenuhi tugas sebagai seorang istri atau pun suami. Dari segi fisik tentunya dikaitkan dengan kesehatan seseorang, terutama kaitannya dengan reproduksi. Jika memang terdapat masalah pada hal itu, segera atasi dan temukan solusi yang tepat.

2.    Siap dari Segi Mental

Selanjutnya, pernikahan hendaknya didasari dengan sikap mental yang sudah matang. Setiap calon mempelai hendaknya sudah siap menuju kehidupan baru bersama orang terkasih. Kesiapan mental bisa diperkuat dengan banyak menggali berbagai pengetahuan terkait hak dan kewajiban seorang istri maupun suami. Jika dirasa sudah siap secara menta, maka pernikahan pun bisa digelar.

3.    Mempersiapkan Spiritual Keagamaan

Pernikahan merupakan salah satu ikatan yang begitu sakral penuh kemurnian dan suci. Hal ini hendaknya didasari dengan spiritual keagamaan yang siap. Setiap calon mempelai hendaknya meminta petunjuk kepada Allah swt, melalui shalat istikharah dan berbagai ibadah lainnya. Ibadah yang biasanya dilaksanakan calon mempelai yakni puasa sunah. Hal ini dilakukan sebagai langkah mendekatkan diri kepada Allah swt, sehingga diberikan kemantapan untuk menikah.

4.    Ekonomi yang Matang

Sebuah kehidupan tidak lepas dari ekonomi. Kehidupan baru yang akan dijalani calon mempelai bersama orang terkasih hendaknya didasari dengan kesiapan ekonomi. Oleh karena itu, adanya pekerjaan terutama kaum Adam sebagai bekal untuk menafkahi keluarganya nanti. 

Selain itu, calon mempelai hendaknya mempersiapkan sosialnya yakni berbaur dengan lingkungan calon suami atau pun istrinya. Selanjutnya, siapkan pula berbagai dokumen kenegaraan yang dibutuhkan guna terpenuhinya status pernikahan.

Nah, Sobat Cahaya Islam, itulah ulasan singkat terkait persiapan sebelum menikah. Kesiapan yang matang menjadi salah satu awal dalam membangun keluarga yang sakinah. Begitu pun ikatan pernikahan yang dijalin Ibnu Jamil tidak lepas dari harapan untuk mencapai keluarga sakinah mwaddah warahmah. Aamiin!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY