Malam Lailatul Qadar dan Keutamaannya

0
84
Malam Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar – Salah satu hal seringkali dinanti-nanti umat muslim terutama sobat cahaya Islam  pada bulan ramadhan adalah malam lailatul qadar  pada pertengahan, terutama akhir bulan puasa umat muslim berbondong-bondong beri’tikaf di masjid demi mendapatkan malam Lailatul Qadar.

Malam Lailatul Qadar sendiri merupakan malam pertama kali Allah menurunkan wahyu  kepada nabi akhir zaman, Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Keistimewaan malam ini dibandingkan malam lainnya Allah SWT jelaskan melalui satu surat di dalam Al-Qur’an membahas perihal malam Lailatul qadar. Firman Allah SWT;

اِنَّآ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan.”

وَمَآ اَدْرٰىكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِۗ

“Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu?”

لَيْلَةُ الْقَدْرِ ەۙ خَيْرٌ مِّنْ اَلْفِ شَهْرٍۗ

“Malam kemuliaan itu lebih baik daripada seribu bulan.”

تَنَزَّلُ الْمَلٰۤىِٕكَةُ وَالرُّوْحُ فِيْهَا بِاِذْنِ رَبِّهِمْۚ مِنْ كُلِّ اَمْرٍۛ

“Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan.”

سَلٰمٌ ۛهِيَ حَتّٰى مَطْلَعِ الْفَجْرِ

“Sejahteralah (malam itu) sampai terbit fajar.”

Mengapa hal ini terjadi? Ada banyak sekali keutamaan malam Lailatul Qadr yang perlu sobat cahaya islam ketahui. Kami paparkan beberapa keutamaannya.

Keutamaan-keutamaan Malam Lailatul Qadar

Berikut adalah beberapa keutamaan dari malam lailatul qadar.

1.     Malam diturunkannya Al-Qur’an

Tepat pada tanggal 17 ramadhan Allah menurunkan wahyu pertama, yakni surah Al-Ala’ 1-5 kepada utusan-Nya nabi Muhammad SAW. Malam Lailatul qadar hadir tidak dapat dipastikan pada tanggal ini, namun seringkali disebut-sebut hadir pada tanggal-tanggal ganjil di bulan ramadhan terutama pengakhir bulan puasa.

2.     Malam penuh kemuliaan

Sesuai dengan firman Allah dalam surah Al-Qadr tadi, Lailatul qadar malam mulia lebih mulia dari seribu bulan. kata mulia dapat disimpulkan sebegai sesuatu yang baik, maka dari itu sobat cahaya Islam dianjurkan memperbanyak ibadah pada malam itu.

3.     Malam lebih baik dari seribu bulan

Jumhur ulama berpendapat ibadah pada malam Lailatul Qadr bernilai tinggi, disebutkan pahala yang akan didapatkan lebih dari ibadah selama seribu bulan atau kurang lebih 80 tahun. Sangat disayangkan apabila hal ini terlewatkan oleh sobat cahaya Islam.

4.     Diampuni setiap dosanya

Diriwiyatkan oleh Bukhari , bahwa Rasulullah SAW bersabda; “Barangsiapa menegakkan shalat pada malam Lailatul Qadr atas dorongan iman dan mengharap balasan (dari Allah), diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu.” (H.R al-Bukhari: no.1901)

Melalui hadits ini dapat diketahui melaksanakan ibadah atau sholat di malam istimewa ini akan diampuni dosa-dosanya, hal yang diinginkan setiap muslim begitu juga sobat cahaya Islam bukan?

5.     Turunnya malaikat ke bumi

Surah Al-Qadr juga menjelaskan malaikat-malaikat turun ke bumi pada malam itu. Hal ini harus mampu dimanfaatkan sebaik-baiknya. Memperbanyak doa serta dzikir agar dilimpahi rahmat, kesejahteraan, dan doa-doanya diaamiin-kan oleh para malaikat.

6.     Mampu meningkatkan keimanan serta ketaqwaan

Sobat cahaya Islam bisa memanfaatkan malam Lailatul Qadr sebagai perantara meningkatkan keimanan serta taqwa pada Allah dengan memperbanyak ibadah atau mengingat Allah SWT. Selain keimanan dan ketakwaan hal ini juga mampu menambah rasa cinta kepada Sang Pencipta.

7.      Mampu meningkatkan keimanan serta ketaqwaan

Sobat cahaya Islam bisa memanfaatkan malam Lailatul Qadr sebagai perantara meningkatkan keimanan serta taqwa pada Allah dengan memperbanyak ibadah atau mengingat Allah SWT. Selain keimanan dan ketakwaan hal ini juga mampu menambah rasa cinta kepada Sang Pencipta.

8.      Menentukan Nasib Baik

Jika beruntung mendapatkan malam Lailatul Qadr, nasib baik satu tahun kedepan dapat dirasakan. Allah telah menjaminkan ini kepada hambanya yang mau menanti malam Lailatul qadar atau malam penuh keberkahan

Seluruh umat muslim pasti menginginkan hidupnya diberkahi dan dilimpahi rahmat serta ridho Allah, malam Lailatul qodar menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan keberkahan melimpah dari Allah SWT. Maka dari itu malam ganjil di akhir ramadhan banyak muslim memperbanyak waktu di masjid.

Keutaman-keutamaan malam Lailatul qodar harus mampu mendorong sobat cahaya Islam lebih bersemangat untuk beribadah dan mencari ridho serta limpahan Rahmat Allah SWT. Mulailah mempersiapkan diri menyambut malam Lailatul qadar, tepatnya pada malam-malam terakhir ramadhan dengan beri’tikaf di masjid memperbanyak amal shaleh serta ibadah kepada Allah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY