Malam Lailatul Qadar dan Penjelasannya dalam Islam

0
51
malam Lailatul qadar

Malam Lailatul Qadar – Malam Lailatul Qadar adalah malam yang ditunggu – tunggu oleh seluruh umat muslimin. Pasalnya, di malam ini seorang hamba yang meniatkan diri untuk beribadah akan mendapat pahala seperti beribadah lebih dari 1000 bulan. Sungguh merupakan suatu karunia yang besar.

Sobat Cahaya Islam, malam lailatul qodar seringkali disebut sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan. Tentu saja, akan ada banyak umat yang mengejarnya. Bahkan di masa pandemi seperti sekarang, hal itu tidak menyurutkan keinginan kaum muslimin untuk mendapatkannya.

Benarkah Malam Jumat Adalah Malam Lailatul Qadar?

Sejatinya umat muslim memahami bahwa malam lailatul qodar adalah malam kemuliaan sebagai hadiah bagi umat muslim yang bertaqwa. Tentu saja mendapatkannya tidak mudah. Sebab waktunya ada di malam hari, waktu dimana umat sedang nyenyak dalam tidurnya.

Memang terdapat hadits yang mengabarkan bahwa malam jumat adalah waktu diharapkannya lailatul qadar berlangsung. Hanya saja, hal tersebut tidak menjadikan malam Jumat adalah waktu tepat terjadinya lailatul qadar. Malam jumat sendiri juga merupakan waktu yang baik,karena hari jumat merupakan hari raya selain Idul Fitri dan Idul Adha.

Hal tersebut sesuai dengan pernyataan ulama’ yakni :

وَإِنْ وَقَعَ فِي لَيْلَةٍ مِنْ أَوْتَار الْعَشْرِ لَيْلَةَ جُمُعَةٍ، فَهِيَ أَرْجَى مِنْ غَيْرِهَا

“Jika saja Lailatul Qadar terjadi pada sebuah malam dari malam-malam ganjil sepuluh hari terakhir yang bertepatan dengan malam Jumat, maka itu lebih pantas dari malam lainnya.” (Lathaif al-Ma’arif, Ibnu Rajab al-Hanbali, 203

Seandainya malam jumat juga termasuk masuknya lailatul qadar, tentu hal tesebut akan lebih menambah keberkahan. Secara sederhana, tidak ada kaum muslimin satupun yang dapat memperkirakan hari yang tepat terjadinya lailatul qadar.

Hal ini dimaksudkan agar kaum muslimin tidak mengejar lailatul qadar di satu hari saja melainkan memaksimalkan diri di 10 hari terakhir di bulan Ramadhan. Tentu saja, hal ini menjadi kesempatan agar umat dapat memperbaiki amalan di akhir bulan jika di awal masih ada kekurangan. Allah SWT memang Sang Maha Baik.

Sehingga secara sederhana, dapat disimpulkan bahwa ketepatan waktu lailatul qadar hanyalah Allah SWT yang mengetahuinya. Maka sudah selayaknya umat berusaha semaksimal mungkin. Jika berhasil, maka kemuliaan malam seribu bulan akan didapatkan.

Strategi Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

Terdapat beberapa strategi untuk mendapatkan malam tersebut, salah satunya yakni :

1. Berniat Sejak Awal untuk Mencari Malam Kemuliaan

malam Lailatul qadar

Semua perbuatan umat pastilah akan diawali dengan niat yang ikhlas. Tanpa niat, umat hanyalah mendapat kesia-siaan. Jika memang ingin mendapatkan kemuliaan di malam tersebut, pastikan sudah ada niat sejak awal agar Allah SWT berikan kesempatan untuk bisa bangun di malam hari. Walaupun sudah memasang alarm sebanyak apapun, bila Allah SWT belum mengizinkan tetap saja tak akan bisa bangun.

2. Pasang Alarm dan Minta Diingatkan Keluarga

malam Lailatul qadar

Jangan lupa memasang alarm agar bisa bangun di malam harinya. Tapi ingat, alarm bukan satu – satunya hal yang dapat membangunkan anda. Selain itu jika tinggal bersama keluarga, jangan lupa minta keluarga atau sahabat untuk saling membangunkan. Bila tinggal sendiri di kos, manfaatkan kuota internet dengan mengaktifkan WhatsApp agar kerabat maupun teman bisa menghubungi.

Nah Sobat Cahaya Islam, itu tadi beberapa ulasan mengenai malam lailatul qadar. Terdapat beberapa keistimewaan yang akan didapatkan bila umat istiqomah dalam mengusahakannya. Selain itu, diperlukan niat yang ikhlas sejak awal agar umat tidak salah fokus.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY