Libur Akhir Tahun Tiba, Inilah Cara Mengisi Liburan Secara Islami!

0
177

Libur Akhir Tahun – Rutinitas harian yang melelahkan tentunya membutuhkan refreshing untuk bisa mengisi energi yang hilang. Tidak heran Libur Akhir Tahun menjadi salah satu hal yang amat dinantikan. Di tengah pandemi yang tak kunjung usai, beberapa tempat wisata mungkin belum bisa dikunjungi. Namun, Sobat Cahaya Islam tidak perlu bingung, terdapat cara mengisi liburan secara islami yang lebih bermanfaat dan menyenangkan yang bisa dicoba.

Meskipun di tengah pandemi, aktivitas sehari-hari masih banyak dilakukan, tentunya dengan memerhatikan protokol kesehatan. Lantas, saat Libur Akhir Tahun tiba, semua orang bergegas untuk menyegarkan pikiran guna menciptakan semangat baru. Nah, Sobat Cahaya Islam, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengisi liburan agar lebih bermanfaat. Yuk simak informasi lengkapnya!

Cara Mengisi Liburan Akhir Tahun Secara Islami

Terdapat beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengisi Libur Akhir Tahun yang lebih bermanfaat dan bermakna. Tidak perlu mengeluarkan banyak uang, dengan cara yang hemat pun, liburan bisa dilakukan. Di antara cara tersebut yang bisa dicoba yakni sebagai berikut.

1.   Menonton Film Edukasi Bersama Keluarga

Cara pertama yang bisa dioba untuk mengisi Libur Akhir Tahun yaitu menonton film edukasi bersama keluarga. Hal ini tentunya amat sederhana untuk dilakukan dan menghemat pengeluaran. Di tengah masa pandemi, tidak dianjurkan untuk sering bepergian. Oleh karena itu, di rumah saja merupakan pilihan yang tepat.

Untuk menciptakan suasana yang lebih ramai dan menyenangkan, pilih film dengan genre umum. Hal ini sebagai salah satu pendukung agar film bisa dinikmati bersama-sama. Hal penting lainnya yang harus diperhatikan yakni memilih film yang mengedukasi.

2.   Melakukan Tadabur Alam

Selanjutnya, bisa dengan melakukan tadabur alam bersama keluarga tercinta. Jika di masa pandemi, jalan-jalan ke kota tidak memungkinkan, maka bisa dilakukan tadabur alam. Hal ini bisa dilakukan dengan keluarga tercinta dengan menapaki gunung yang masih asri dan hijau. Kesejukannya pun tentu akan membantu menyegarkan pikiran yang penat.

Melaksanakan tadabur alam tentunya harus didasari dengan niat untuk melihat kekuasaan Allah swt guna meningkatkan keimanan. Namun, Sobat Cahaya Islam jangan lupa untuk berdoa sebelum melakukan kegiatan. Sedari awal keluar rumah, lantunkan do’a berikut.

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لاَ حَولَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِا للهِ

“Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku kepada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain Allah”.

3.   Menciptakan Perpustakaan Rumah

Untuk para pecinta buku, Libur Akhir Tahun bisa diisi dengan melakukan bedah rumah. Jika di rumah terdapat ruangan kosong tidak terpakai, maka bisa menciptakan perpustakaan rumah. Hal ini amat menarik untuk dilakukan. Benahi rumah bersama keluarga tercinta, dijamin akan menyenangkan.

Adapun buku yang dikoleksi bisa beragam, sesuaikan dengan apa yang disukai setiap anggota keluarga. Hal ini sebagai salah satu langkah bijak untuk menerapkan kebiasaan membaca pada sang anak. Membaca buku kesukaan pun akan lebih menyenangkan dan penuh kesan. Bukankah, membaca itu menjadi salah satu hal yang dianjurkan dalam Islam. Sebagaimana dalam Firman Allah swt dalam surat Al-‘Alaq:

ٱقْرَأْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلَّذِى خَلَقَ(1)  خَلَقَ ٱلْإِنسَٰنَ مِنْ عَلَقٍ  (2) ٱقْرَأْ وَرَبُّكَ ٱلْأَكْرَمُ(3)

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah (QS. Al-Alaq: 1-3)”

4.   Mengasah Keterampilan Bersama Keluarga

Cara mengisi Libur Akhir Tahun lainnya yakni dengan mengasah keterampilan bersama keluarga. Selain menyenangkan, cara yang satu ini bisa menghasilkan. Jika Sobat Cahaya Islam mencobanya dan menghasilkan sebuah keterampilan yang menjual, tentu akan menguntungkan.

Beragam keterampilan bisa dicoba, mulai dari merajut, memasak, serta kerajinan lainnya. Hal ini sebagai salah satu langkah bijak untuk mengisi liburan agar lebih bermanfaat. Selain itu, kreatifitas sang anak pun perlahan akan meningkat.

Nah, Sobat Cahaya Islam, itulah beberapa cara yang bisa dicoba untuk mengisi Libur Akhir Tahunyang akan segera tiba. Mengisinya dengan hal-hal yang penuh akan manfaat tentu akan lebih bermakna dan menyenangkan. Selamat mencoba!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY