Lewat Muktamar NU, Bangun Kemandirian Warga Songsong Perdamaian Dunia

0
703
Muktamar NU

Muktamar NU – Di pekan ketiga bulan Desember ini, beberapa situs pencarian berita menunjukkan keyword Muktamar NU berada di urutan teratas.

Hal ini lantaran Nahdlatul Ulama’ merupakan salah satu organisasi masyarakat di Indonesia.

Sehingga jika ada agenda maupun program kerja yang harus mengkoordinir massa banyak tentu akan menjadi sorotan publik.

Sobat Cahaya Islam, muktamar NU kali ini dilaksanakan di wilayah Provinsi Lampung tepat di tanggal 23 – 25 Desember.

Kendati negeri masih menghadapi virus bahkan sampai muncul varian baru namun semangat para jamaah untuk menghadiri Muktamar sangatlah tinggi.

Buktinya, ada beberapa unggahan yang mengharukan dari kontingen wilayah tertentu dimana satu pesawat sudah dibooking oleh para peserta Muktamar. Masya Allah. Semangat dakwah Islamnya sangat tinggi bukan?

Apa Tema dari Muktamar NU di Tahun 2021?

Sobat Cahaya Islam, pelaksanaan Muktamar NU kali ini membahas tema terkait dengan “upaya membangun kemandirian masyarakat tuk terwujudnya perdamaian dunia”.

Tema ini sengaja diambil karena lebih penting agar segera mendapatkan solusi permasalahannya.

Muktamar NU

Selain itu, tema tersebut juga sekaligus menjadi selebrasi bagi para jama’ah terkait usia ormas yang sudah hampir memasuki satu abad.

Muktamar juga merupakan hal yang penting sebab menjadi langkah awal untuk melakukan evaluasi pergerakan sekaligus menentukan langkah yang baru.

Sebagai tambahan, salah satu narasumber dari muktamar tersebut juga menyatakan bahwa peningkatan sumber daya alam manusia di sisi ekonomi terutama para anggota NU sangat penting demi keberlangsungan dakwah dan eksistensi pergerakan.

Pergerakan Islam Bertujuan Tuk Songsong Peradaban Islam Gemilang

Sobat Cahaya Islam, eksistensi pergerakan Islam di muka bumi memang haruslah selalu ada dan perlu untuk mengalami perkembangan.

Sebab hal ini sudah Allah Ta’ala kabarkan melalui firmanNya dalam surat Ali Imran ayat 104 :

  • وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Artinya : Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Dalil tersebut menjadi indikasi terkait urgensinya ada sekelompok umat yang harus diwujudkan dan menggagas berbagai hal dengan wasilah yang sesuai dengan landasan syariah untuk menegakkan kalimatullah.

Berikut beberapa tips bagi umat untuk menyiapkan diri menjadi seorang pemuda pergerakan :

1.    Beraqidah Matang

Sobat Cahaya Islam, salah satu hal yang perlu umat siapkan saat ingin menjadi pemuda pergerakan yakni meningkatkan ketaqwaan. Bertambahnya keimanan dan ketaqwaan sangatlah berkaitan.

Salah satunya dapat umat pantik dengan berbagai aktivitas kebaikan seperti bersedekah, berkata jujur dan hal lainnya.

2.    Siap dengan Resiko yang akan Dihadapi

 Sobat Cahaya Islam, selain hal diatas maka umat juga harus sudah siap dengan segala resiko yang akan ia hadapi.

Muktamar NU

Sebab menyampaikan kebenaran di tengah kehidupan seperti sekarang pastilah akan ada banyak ujian. Maka dari itu, sebisa mungkin umat berusaha untuk dapat menyiapkan mental maupun fisiknya.

Semakin banyak ujian yang Allah Ta’ala berikan, maka semakin pula derajat umat akan semakin meningkat jika umat jalankan dengan tulus hati.

Nah Sobat Cahaya Islam, demikianlah ulasan mengenai Muktamar NU dan beberapa tips untuk menjadi seorang pemuda pergerakan.

Semoga ulasan ini dapat menjadi referensi bacaan bagi umat dimanapun para pembaca berada.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY