Penerima Sedekah Menurut Islam

0
365
penerima sedekah

Penerima sedekah – Siapa saja yang berhak menerima sedekah menurut islam?

Sedekah dalam bahasa arab yaitu shadaqoh yang memiliki arti sebagai pemberian yang diberikan oleh seorang muslim kepada orang lain secara ikhlas dan tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Sebagai umat islam pastilah sudah tidak asing dengan sedakah. Karena sedekah merupakan salah satu amalan yang dicintai oleh Allah SWT.

Banyak sekali dalam Al-qur’an yang membahas tentang sedekah. Salah satu surah yang membahas tentang sedekah yakni surah Al-baqarah ayat 271:

“Jika kamu menampakkan sedekah-sedekahmu, maka itu baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang-orang fakir, maka itu lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan-kesalahanmu.”(Qs Al-Baqarah:271)

Alasan dari seorang muslim melakukan sedekah tidak hanya karena hal ini merupakan amalan yang dicintai Allah. Tetapi banyak sekali keutamaan sedekah.

Nah Sobat Cahaya Islam, berikut beberapa keutaman dari sedekah.

Keutamaan Sedekah

Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Sedekah merupakan salah satu jalan bagi seorang muslim untuk membuka pintu rezeki. Ini adalah salah satu hal yang dijanjikan oleh Allah SWT. Hal ini terdapat pada Qs. Saba’ ayat39

“Katakanlah, “Sungguh, Tuhanku melapangkan rezeki dan membatasinya bagi siapa yang Dia kehendaki di antara hamba-hamba-Nya.” Dan apa saja yang kamu infakkan, Allah akan menggantinya dan Dialah pemberi rezeki yang terbaik.”(Qs. Saba’ : 39)

Sedekah Dapat Menghapus Dosa

Manusia adalah makhluk Allah SWT yang tidak luput dari dosa. Oleh karena itu

kita sebagai salah satu makhluk yang tidak luput dari dosa kita harus banyak melakukan amalan yang dapat menghapus dosa.

Salah satu amalan yang dapat menghapus dosa kita adalah dengan bersedekah.

Hal ini terdapat dalam sabda Rasulullah SAW yakni:

“Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api,”(HR

Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

Sedekah Melipat Gandakan Pahala

Sedekah memiliki banyak sekali keisitimewaan bagi siapa saja yang melakukannya. Salah satu keistimewaan yang diberikan oeh Allah SWT bagi siapa saja ayang bersedekah adalah dapat melipat gandakan pahala. Hal ini terdapat dalam Qs Al- Hadid ayat 18:

Dalam hal ini kita sebagai umat muslim wajib mengetahui siapa saja yang berhak menjadi penerima sedekah.

Penerima Sedekah yang Berhak

Nah Sobat Cahaya Islam dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai siapa

saja yang berhak menerima sedekah menurut islam.

Orang Tua

Orang pertama yang berhak menerima sedekah adalah kedua orang tua kita. Karena banyak sekali jasa yang telah dilakukan kepada kita. Seperti hal nya dalam hal mendidik serta meraawat kita hingga dewasa.

penerima sedekah

Tetangga

Penerima sedekah setelah keluarga adalah tetangga terdekat kita. Misalnya ada tetangga kita yang janda, duda, ataupun yatim piatu. Hal ini dijelaskan dalam Al

Qur’an surah An-Nisa ayat 36:

“Dan sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apa pun. Dan berbuat-baiklah kepada kedua orang tua, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga dekat dan tetangga jauh, teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahaya yang kamu miliki.”

Jika kita bersedekah kepada tetangga kita pastinya tidak hanya satu pahala yang kita dapat. Kita akan mendapatkan pahala dua kali lipat yakni dari kita bersedekah dan dari kita menjaga silahturahmi antara sesama saudara muslim.

Orang Yang Dalam Perjalanan (Musafir)

Selanjutnya adalah musafir, orang yang sedang dalam perjalanan juga berhak diberi sedekah. Dengan memberikan sedekah kepada orang yang dalam perjalanan dapat meringankan beban mereka. Karena kita sebagai seorang muslim wajib saling tolong menolong tanpa menegenal ras, budaya apapun.

penerima sedekah

Sebagai seorang muslim kita harus menyisihkan beberapa harta kita kepada orang yang membutuhkan. Dengan ini kita bisa mendapat pahala dari Allah SWT.

Demikian pembahasan artikel kali ini mengenai penerima sedekah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY