Lelah Bekerja, Jangan Mengeluh Karena Allah akan Mengampuni Dosa

0
115
lelah bekerja

Tips Islami – Perlu sobat cahaya islam ketahui ternyata Lelah bekerja menghapus dosa. Bekerja adalah kewajiban dari seorang laki-laki. Namun ternyata wanita juga bisa kelelahan karena banyak melakukan pekerjaan rumah. Banyak orang yang mengeluh karena kelelahan dalam bekerja padahal banyak orang yang merasa sedih dan juga bingung karena tidak memiliki pekerjaan.

Lelah bekerja, jangan mengeluh karena Allah akan mengampuni dosa

Jika sobat cahaya islam sering mengalami kelelahan karena bekerja sebaiknya coba pikirkan bagaimana orang-orang di luar sana yang belum menemukan pekerjaan yang sesuai. Setiap pekerjaan yang dilakukan tentu saja ada tingkat kesulitan dan kelelahannya masin-masing. Asalkan pekerjaan tersebut mampu dilakukan dan juga tidak menghalangi ibadah maka pekerjaan itu bisa tetap disyukuri.

Laki-laki yang bekerja karena menafkahi keluarga memiliki pahala yang sangat besar. Bahkan dikatakan jika jihadnya seorang kepala keluarga adalah ketika mencarikan nafkah bagi anak istri atau keluarganya. Jika seorang laki-laki bekerja dnegan tulus ikhlas dan juga bertaqwa kepada Allah tentu saja Allah akan memberikan imbalan yang luar biasa di akhirat nanti.

Namun memang terkadang sebagai manusia biasa ada banyak keluahan yang mungkin terucap apalagi jika tubuh terasa begitu lelah. Namun dengan keyakinan bahwa Lelah bekerja menghapus dosa maka sobat cahaya islam akan semakin mudah untuk ikhlas dalam bekerja.

Dalam sebuah hadist:

Rasulullah Saw bersabda:

مَنْ اَمْسَى كَالًّا مِنْ عَمَلِ يَدَيْهِ اَمْسَى مَغْفُوْرًا لَهُ

“Barangsiapa yang di waktu sore merasa capek (lelah atau letih) lantaran pekerjaan kedua tangannya (mencari nafkah) maka di saat itu diampuni dosa baginya.” (HR. Thabrani)

Rasulullah Saw juga bersabda:

مَا يُصِيبُ الْمُسْلِمَ مِنْ نَصَبٍ وَلَا وَصَبٍ وَلَا هَمٍّ وَلَا حُزْنٍ وَلَا أَذًى وَلَا غَمٍّ حَتَّى الشَّوْكَةِ يُشَاكُهَا إِلَّا كَفَّرَ اللَّهُ بِهَا مِنْ خَطَايَاهُ

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu KELELAHAN, atau penyakit, atau kehawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya.” [1]

Siapa saja yang dimalam hari merasakan lelah karena bekerja seharian maka Allah akan mengampuni dosanya. Jadi jika ada kelelahan yang dirasakan oleh tubuh, sobat cahaya islam perlu bersabar karena disaat itu Allah sedang menghapuskan dosa-dosanya. Segala kesusahan atau kesedihan yang dialami oleh seorang hamba, disitulah Allah sedang menghapuskan dosa.

Allah adalah Tuhan yang maha pengasih sehingga Allah tidak ingin menganiaya hambanya bahkan di akhirat nanti. Untuk meringankan dosa hamba, Allah sering memberikan cobaan agar hamba tersebut kembali dan bisa lebih bersih dari dosa. Lelah bekerja menghapus dosa memang menjadi salah satu bukti kasih sayang Allah kepada kita.

Tetap bersabar dan bersyukur

Lelah bekerja menghapus dosa memang sudah menjadi janji Allah. Namun hal ini tentu bukan pekerjaan yang haram. Jika seseorang melakukan pekerjaan dengan niat yang kurang baik atau jalan pekerjaan yang ditempuh terdapat hal-hal yang tidak baik maka tentu tidak akan dinilai ibadah.

Misalnya saja seseroang bekerja sebagai rentenir atau pekerjaan yang dilaknat Allah maka kelelahan yang di dapatkan tidak akan mendatangkan berkah. Jika sobat cahaya islam sudah memiliki pekerjaan yang sesuai dan juga tidak dilarang oleh Allah maka patut untuk selalu disyukuri. Hasil yang sedikit namun jika didalamnya terdapat berkah maka akan selalu mendapatkan limpahan rahmad dari Allah.

Bersabar dalam bekerja juga menjadi hal yang sangat penting. Banyak orang yang merasa tidak sabar saat bekerja karena menganggap pekerjaannya sangat melelahkan. Hal ini justru akan menghilangkan keberkahan. Kunci dalam mendapatkan kesuksesan memang selalu berusaha, bersabar dan bersyukur.

Jika ingin meningkatkan taraf hidup sebaiknya sobat cahaya islam selalu memohon kepada Allah untuk diberikan petunjuk sehingga nantinya akan mendapatkan jalan rejeki yang lebih mudah dan melimpah. Lelah bekerja menghapus dosa bisa menjadi pedoman hidup yang akan membantu untuk mengurangi tekanan setelah bekerja. Bagi orang yang beriman, percaya akan janji Allah adalah keharusan. Selalu berusaha untuk berfikir positif kepada Allah karena Allah sesuai dengan anggapan hambaNya.

Dengan memahami jika Lelah bekerja menghapus dosa, sobat cahaya islam bisa kembali untuk mengatur hati setelah pulang dari bekerja. Allah menyediakan malam sebagai waktu untuk beristirahat. Jika Allah menghendaki seorang hamba untuk mendapatkan pekerjaan yang baik maka hal itu akan sangat mudah bagi Allah. Prinsip utama dalam hidup yang harus dipegang oleh umat islam adalah mengejar akhirat agar dunia mengejarmu. Semakin rakus manusia mengejar dunia biasanya yang akan didapatkan hanya kelelahan saja tanpa ada berkah di dalamnya.


Catatan Kaki

[1] HR. Al-Bukhari, No. 5642 dan Muslim, No. 2573 (sahih)

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!