Niat Puasa Ganti, Menyegerakan Jauh Lebih Baik

0
49

Niat Puasa Ganti – Menjalankan ibadah puasa Ramadhan menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Namun ada banyak orang yang tidak bisa menjalankan puasa sebulan penuh karena ada udzur atau halangan. Kebanyakan yang tidak bisa menjalankan puasa secara penuh adalah wanita karena setiap bulannya selalu mengalami haid.

Hutang puasa Ramadhan yang tinggalkan harus dibayar dengan cara menggantinya di hari lain di luar Ramadhan. Sobat cahaya Islam wajib mengetahui bagaimana Niat Puasa Ganti dan tata caranya.

Sebenarnya mengganti atau mengqodho puasa Ramadhan tidak berbeda dengan puasa seperti biasanya. Hal yang membedakannya hanyalah pada niatnya saja. Berikut ini adalah Niat Puasa Ganti yang perlu dibaca oleh setiap muslim yang akan mengganti puasa Ramadhan yang ditinggalkan:

Niat Puasa Ganti atau Qadha

Niat puasa biasanya dibaca dimalam hari. Sobat cahaya Islam jangan sampai lupa membaca niat apalagi membaca niatnya diwaktu siang hari setelah menjalanan puasa. Puasa qadha termasuk puasa wajib sehingga niat jangan sampai terlewatkan atau melampaui batas waktu yang ditentukan.

Niat yang harus dibacakan atau dilafalkan ketika akan melakukan puasa qadha adalah sebagai berikut:

Nawaitu Shouma ghodin ‘an qadaa’in fardho romadhoona lillahi ta’aala

Artinya: Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadan karena Allah Ta’ala.

Niat tersebut bisa dibaca dalam hati atau bisa juga dengan dilafalkan. Sebenarnya niat tersebut sangat mudah untuk dihafalkan sehingga anda tidak akan kesulitan untuk membacanya.

Keutamaan Menyegerakan Qadha

Sobat cahaya Islam, setelah puasa Ramadhan berakhir maka anda bisa menjalankan beberapa puasa Sunnah. Namun akan lebih baik jika mengutamakan ganti puasa dibandingkan menjalankan puasa Sunnah. Setelah semua hutang puasa lunas maka bisa dilanjutkan dengan melakukan puasa Sunnah seperti puasa syawal atau puasa yang lainnya.

Jika anda belum melunasi utang puasa dan justru menjalankan puasa Sunnah dikhawatirkan hutang puasa justru terlalaikan dan tidak sempurna diganti hingga batas waktu yang ditentukan. Puasa qadah termasuk puasa yang hukumnya wajib sehingga kedudukannya lebih tinggi dibandingkan dengan puasa Sunnah.

Ada beberapa kautamaan yang bisa anda dapatkan jika menyegerakan mengqadha utang puasa Ramadhan. Keutamaan yang pertama adalah merasa lebih ringan ketika melakukannya karena masih dalam suasana terbiasa berpuasa.

Selain itu menyegerakan mengqadha juga akan mendekatkan kita pada banyak kebaikan-kebaikan. Seperti dalam firman Allah:

 “Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya.” (QS. Al-Mu’minun [23]: 61)

Jika kita menyegerakan berbvuat kebaikan karena niat untuk mendapatkan ridho dari Allah maka Allah juga akan memberikan berbagai macam kebaikan dengan segera. Oleh sebab itu, sobat cahaya Islam bisa melakukan puasa qadha sesegera mungkin meskipun Allah memberikan kelonggaran hingga mendekati bulan Ramadhan yang akan datang.

Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang sehingga kita diberikan waktu yang panjang untuk bisa mengganti utang puasa. Jika kita tidak bisa mengganti sekaligus secara berturut-turut maka anda bisa menggantinya di bulan yang selanjutnya. Anda tidak harus mengganti puasa secara berturut-turut karena bisa dilakukan selagi mampu atau tanpa ada halangan.

Sekian informasi mengenai niat puasa ganti. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sobat cahaya islam semuanya. Jangan lupa untuk share ilmu ini agar menjadi amal jariyah bagi kita semua.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!