Gejala Virus Corona dan Isolasi Mandiri Sebabkan Cabin Fever, Muslim Bisa Atasi Dengan Mudah!

0
42

Gejala Virus Corona – Ketika seseorang terpapar virus corona maka akan mengalami beberapa gejala. Namun ada juga orang yang positif corona namun tidak menunjukkan gejala apapun. Virus ini memang termasuk virus yang mematikan namun juga banyak juga yang bisa sembuh sendiri hanya dengan melakukan isolasi mandiri.

Apabila seseorang harus melakukan isolasi akibat virus corona, maka biasanya harus berada di dalam rumah selama berhari-hari. Bahkan banyak juga yang terpaksa melakukan isolasi selama berbulan-bulan. Selain dilakukan di dalam rumah masing-masing, orang-orang positif corona juga biasanya harus melakukan isolasi di rumah sakit.

Ternyata melakukan isolasi diri akibat virus corona bisa menyebabkan gejala cabin fever. Lantas apa sih pengertian dari cabin fever ini?

Gejala Virus Corona dan Pengertian Cabin Fever

Gejala virus corona sudah sangat jelas karena banyak disebutkan dalam berbagai media. Gejala corona mirip seperti demam dan flu. Namun kondisinya bisa semakin parah hingga dapat menyebabkan kematian.

Sobat cahaya Islam mungkin sudah tahu tentang Gejala Virus Corona namun banyak yang belum emngetahui mengenai cabin fever. Apakah itu cabin fever?

Cabin fever atau demam kabin merupakan perasaan gelisah akibat berada di dalam ruangan selama berhari-hari atau bahkan  berbulan-bulan. Banyak orang yang mengalani gejala cabin fever namun tidak menyadari jika terkena demam kabin tersebut.

Gejala Cabin Fever

Gejala dari cabin fever ini bisa dikenali dengan sangat mudah. Berdasarkan dari Healthline, ada beberapa gejala cabin fever yang bisa muncul. Berikut ini adalah beberapa gejalanya seperti:

  • Perasaan gelisah
  • Kehilangan motivasi hidup
  • Merasa mudah marah
  • Merasa sangat putus asa
  • Mengalami kesulitan berkonsentrasi
  • Tidak bisa tidur
  • Kesulitan bangun tidur
  • Tubuh lemah dan lesu
  • Kehilangan rasa percaya pada orang lain
  • Menjadi tidak sabar
  • Stress dan depresi

Gejala yang muncul memang terkesan seperti gangguan pada kejiwaan namun gejala ini bukan termasuk sindrom atau diagnosis. Pengobatan dan penanganan masalah cabin fever juga tidak harus menggunakan obat-obatan. Anda bisa melakukan pengelolaan stress atau manajemen emosi.

Cara Muslim Atasi Cabin Fever

Sobat cahaya Islam mungkin saja juga merasakan hal yang sama. Setelah berhari-hari atau bahkan berbulan-bulan hanya berada di dalam rumah, gejala cabin fever bisa saja muncul. Namun kita tidak perlu merasa khawatir atau takut yang berlebihan.

Sebagai muslim, ada banyak cara mudah yang bisa membantu menghindari atau bahkan mengatasi gejala-cabin fever tersebut. Selain itu apabila dilakukan dengan baik maka bisa juga mencegah Gejala Virus Corona.

Beberapa cara untuk mengatasi cabin fever adalah dengan melakukan ibadah seperti membaca al-Quran, mendengarkan murotal, banyak berzikir kepada Allah, melakukan solat Sunnah, serta lain sebagainya.

Dengan semakin mendekatkan diri kepada Allah, cabin fever tidak akan mudah menyerang. Justru kita akan merasa bersukur karena memiliki lebih banyak waktu untuk bisa beribadah dengan khusuk.

Jika kita ingin terhindar dari Gejala Virus Corona maka kita bisa melakukan berbagai Sunnah nabi seperti menjaga wudhu, menutup aurat dengan sempurna, tidak bepergian sembarangan, mengkonsumsi makanan yang sehat, tidur dengan tepat waktu, tidak senang begadang dan menghindari hal-hal yang sia-sia.

Allah Ta’ala berfirman,

{لَقَدْ مَنَّ اللَّهُ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ إِذْ بَعَثَ فِيهِمْ رَسُولاً مِنْ أَنْفُسِهِمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِنْ كَانُوا مِنْ قَبْلُ لَفِي ضَلالٍ مُبِينٍ}

Sungguh Allah telah memberi karunia (yang besar) kepada orang-orang yang beriman ketika Allah mengutus kepada mereka seorang Rasul dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat Allah, mensucikan (hati/jiwa) mereka, dan mengajarkan kepada mereka al-Kitab (al-Qur-an) dan al-Hikmah (as-Sunnah). Dan sesungguhnya sebelum (kedatangan Rasul) itu, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata” (QS Ali ‘Imraan:164).

Allah begitu menyayangi kita sehingga segala ibadah baik yang Allah perintahkan mampu memberi manfaat yang luar biasa bagi hidup kita. Semoga kit terhindar dari cabin fever apalagi dari virus corona.

TIDAK ADA KOMENTAR

Ikut Berkomentar Yuk!